OK

4 Model Rumah Cluster dengan Sentuhan Desain Kekinian

model-rumah-clusterFoto: Asia One

Tidak salah untuk berpikir bahwa membangun rumah lebih menyenangkan dibanding membeli rumah.

Kamu bisa sesuka hati mengatur desain interior dan eksterior rumah minimalis yang kamu dambakan.

Namun, pada akhirnya kamu akan mengetahui besarnya anggaran yang harus dipersiapkan. Mulai dari memilih furniture, cat rumah, dekorasi, hingga biaya lainnya.

Atau mungkin ada desain yang tidak sesuai dengan keinginan, yang pastinya akan memakan biaya lebih untuk mengubahnya.

Karena itu, mempertimbangkan perumahan cluster bisa jadi solusi yang tepat. 

Saat ini sudah banyak rumah cluster dengan konsep hingga desain yang mengikuti tren.

Buat Anda yang penasaran apa sih kelebihan dari perumahan cluster dan model rumah cluster apa yang paling banyak diminati, simak penjelasannya di bawah ini ya!

Apa Itu Model Rumah Cluster

Apa Itu Rumah ClusterFoto: Unsplash

  

Model rumah cluster adalah model perumahan di mana desain bangunannya seragam dan biasanya tidak memiliki pagar atau tembok pembatas dengan rumah lainnya.

Ciri khas rumah cluster adalah lokasinya yang berada di pinggir kota dan memiliki lingkungan hijau yang tertata rapi.

Selain itu, rumah cluster memiliki aturan ketat, penghuni rumah dilarang merombak rumah atau mengganti model desainnya karena akan membuat tampilan perumahan jadi tidak rapi.

Inilah yang menjadi satu dari sekian perbedaan cluster dan perumahan jenis lainnya. 

Keuntungan Tinggal di Rumah Cluster

Fasilitas Memadai

Fasilitas MemadaiFoto: Unsplash

Fasilitas perumahan memang cukup beragam, ada cluster yang menyediakan fasilitas setara townhouse dan ada juga yang memiliki fasilitas standar.

Biasanya fasilitas yang lengkap menargetkan segmen kelas menengah seperti kolam renang perumahan, jogging track, gym, taman bermain dan masih banyak lagi. 

Hadirnya fasilitas tersebut pastinya akan mendukung segala aktivitas penghuni sekaligus memberikan kenyamanan.

Keamanan yang Terjaga

Ilustrasi Keamanan yang TerjagaFoto: Unsplash

Perumahan cluster memiliki one gate system yang dilengkapi dengan CCTV dan keamanan 24 jam. 

Selain itu penjaganya pun merupakan tenaga profesional sehingga pastinya keamanan rumah lebih terjamin.

Sistem pintu gerbang cluster umumnya akan mengecek dan mendata tamu yang datang atau keluar masuk kawasan perumahan. Sehingga bisa mencegah tindak kejahatan atau hal yang tak diinginkan. 

Tingkat Sosialisasi yang Tinggi

Tingkat Sosialisasi yang TinggiFoto: Unsplash

Didesain tidak memiliki pembatas ataupun pagar, selain membuat tampilan rumah terlihat lebih lega, pengembang cluster juga menginginkan penghuni bisa bersosialisasi dengan tetangga sekitarnya.

Namun jika Anda tipe orang yang lebih mementingkan privasi, hal ini mungkin cukup mengganggu.

Lingkungan yang Nyaman dan Terawat

Lingkungan yang Nyaman dan TerawatFoto: Unsplash

Jika kamu menginginkan hunian yang terawat tanpa harus repot merapikannya, maka perumahan cluster bisa jadi pertimbangan.

Rumah cluster memiliki sistem maintenance di lingkungan perumahan yang akan membuat area terlihat rapi, bebas sampah dan pastinya akan membuat penghuni semakin betah.

Tapi juga harus siap-siap untuk menyisihkan biaya yang menjadi iuran wajib bagi penghuni. Biaya-biaya ini mencakup biaya perawatan, keamanan dan kebersihan.

Baca juga:

Penjelasan Lengkap IPL Rumah Cluster Hingga Tarif yang Harus Dibayar

Desain dan Model Rumah Cluster Kekinian

Model Rumah Cluster 3 Lantai

Model Rumah Cluster 3 Lantai

Rumah cluster 3 lantai ini hadir di Perumahan Asya, lebih tepatnya di Cluster Maninjau. Perumahan ini menawarkan konsep unit tinggal yang dinamis, serta lengkap dengan sarana dan prasarana yang saling terintegrasi.

Salah satu pilihan rumah dijual Jakarta Timur ini dikembangkan oleh tiga developer, di mana tujuan pembangunannya untuk menciptakan perumahan yang inovatif dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Perumahan Asya Jakarta hadir dengan konsep lingkungan yang menyegarkan karena memiliki kawasan danau pribadi serta pepohonan di area taman. 

Dari segi desainnya, hunian yang ada di perumahan ini juga tak kalah unggul karena dirancang oleh arsitek dan konsultan pemenang penghargaan terkenal di dunia.

Tidak cuma tampak luar, Asya Jakarta memiliki interior yang elegan dan mewah sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan hunian berkelas.

Cluster Maninjau di Perumahan Asya ini menawarkan berbagai tipe unit mulai dari rumah tipe 8 hingga 14. Harga hunian di cluster ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp3.4 miliar. 

Desain Rumah Cluster 1 Lantai

desain-rumah-cluster-1-lantai

Penasaran dengan model cluster di perumahan syariah?

Anda bisa melirik proyek perumahan Muhasabah Land Cluster Alsagriya, khususnya bagi yang mencari info jual rumah Bandung Barat.

Perumahan dengan konsep islami ini mengusung desain rumah minimalis modern dengan detail perumahan cluster dan pembatas.

Terlihat pada gambar di atas, Muhasabah Land Cluster Alsagriya memberikan sekat beton sebagai pemisah dari satu rumah dengan rumah yang lainnya.

Meskipun begitu, sekat yang dibuat tidak terlalu tinggi agar rumah satu lantai ini tetap terlihat luas.

Tidak seperti perumahan cluster lainnya, Muhasabah Land Cluster Alsagriya memiliki fasilitas penunjang seperti masjid di area hunian, ruang terbuka hijau, rumah tahfidz dan tempat pengajian.

Model Rumah Cluster Tanpa Pagar

Model-Rumah-Cluster-Tanpa-Pagar1

Perumahan New Wimbledon merupakan mega cluster di Jababeka Residence dan bisa jadi rekomendasi Anda yang memimpikan hunian dengan lingkungan asri dan menyehatkan.

Residensial ini mengusung konsep healthy lifestyle. Memiliki lingkungan hijau dan sports hub seluas 1 hektare, sehingga mumpuni untuk menunjang gaya hidup sehat para penghuninya.

Berlokasi di Cluster Wimbledon Sport City Jababeka, Cikarang Timur, Bekasi, Jawa Barat, perumahan ini berada di kawasan premium di Kota Jababeka. Hal yang membuat unit tinggal di New Wimbledon memiliki nilai investasi yang tinggi.

Anda yang tertarik membeli hunian di sini, terdapat dua tipe unit tinggal yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan bujet.

Pertama adalah rumah tipe 1 yang dibangun pada lahan seluas 40 meter persegi. Hunian ini memiliki luas bangunan 52 meter persegi dengan spesifikasi 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi.

Kemudian ada rumah tipe 2 yang memiliki luas tanah dan bangunan yang lebih besar dari tipe pertama. Hunian ini dibangun pada lahan seluas 60 meter persegi dengan luas bangunan 75 meter persegi. Unit ini juga dilengkapi 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi.

Model Cluster Bergaya Tropis

 desain-model-cluster-bergaya-tropis

Sengaja didesain untuk rumah cluster, The Northbend di Metland Cyber City tetap memasang separuh pagar dengan bagian terbuka untuk garasi mobil. 

The Northbend yang dibuat dua lantai ini menerapkan gaya tropis modern dengan memasang banyak penggunaan kayu sebagai pengganti dinding beton di beberapa bagiannya.

Berada di lahan seluas 3 hektare, The Northbend juga mengusung konsep modern yang menyatu dengan hijaunya alam serta memiliki pemandangan aliran tepi sungai. 

Fasilitas yang ditawarkan oleh rumah dijual di Jakarta Barat ini adalah keamanan 24 jam dengan CCTV dalam kawasan, kolam renang, jogging track, indoor gym dan club house.

Bagi Anda yang tertarik untuk tinggal di rumah cluster, beberapa pilihan model rumah cluster di atas bisa Anda cari dan pilih dengan mudah di rumah123.com. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan hunian terbaik ini sebelum kehabisan!

Author:

Dyah Siwi Tridya

Rekomendasi Properti