4 Model Rumah Cluster dengan Sentuhan Desain Kekinian

model-rumah-cluster

Foto: asiaone

 

Jika Anda berpikir bahwa membangun rumah sangat menyenangkan dibanding membeli rumah, hal ini memang tidak salah.

 

Anda bisa sesuka hati mendesain bentuk interior dan eksterior rumah dengan beragam konsep yang diminati.

 

Namun, pada akhirnya Anda akan mengetahui besarnya anggaran yang harus dipersiapkan, mulai dari memilih furniture, cat rumah, dekorasi, hingga biaya perbaikan lainnya.

 

Atau mungkin ada desain yang tidak sesuai dengan keinginan? Pastinya akan ada biaya lebih untuk mengubahnya.

 

Karena itu, mempertimbangkan perumahan cluster bisa jadi solusi yang tepat.

 

Saat ini sudah banyak cluster dengan konsep hingga desain yang mengikuti tren.

 

Buat Anda yang penasaran apa sih kelebihan dari perumahan cluster dan model rumah cluster apa yang banyak diminati, simak penjelasannya dibawah ini ya!

 

Apa Itu Rumah Cluster?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai model rumah cluster, sebaiknya kita ketahui dulu mengenai definisi umum mengenai rumah cluster.

 

Rumah cluster merupakan sebuah perumahan yang memiliki bangunan seragam dan biasanya tidak memiliki pagar atau tembok pembatas sebagai pemisah dengan rumah lainnya.

 

Ciri khas rumah cluster ini adalah lokasi perumahannya yang berada di pinggir kota dan memiliki lingkungan hijau yang tertata rapi.

 

Selain itu jenis rumah cluster memiliki aturan ketat, penghuni rumah dilarang merombak rumah atau mengganti model rumah cluster karena akan membuat tampilan perumahan jadi tidak rapi.

 

Baca juga:

Perbedaan Cluster dan Perumahan Jenis Lainnya 

 

Keuntungan Tinggal di Rumah Cluster

Fasilitas Memadai

Fasilitas perumahan memang cukup beragam, ada cluster yang menyediakan fasilitas setara townhouse dan ada juga yang memiliki fasilitas standar.

 

Biasanya fasilitas yang lengkap menargetkan segmen kelas menengah seperti taman, kolam renang, jogging track, gym center, taman bermain dan masih banyak lagi.

 

Hadirnya fasilitas tersebut pastinya akan mendukung segala aktivitas penghuni sekaligus memberikan kenyamanan.

 

Keamanan yang Terjaga

Perumahan cluster memiliki one gate system yang dilengkapi dengan CCTV dan keamanan 24 jam. Selain itu penjagaannya pun menggunakan tenaga profesional yang pastinya akan menjamin keamanan rumah.

 

Sistem pintu gerbang cluster umumnya akan mengecek dan mendata tamu yang datang atau keluar masuk kawasan perumahan. Sehingga bisa mencegah tindak kejahatan atau hal yang tak diinginkan.

 

Tingkat Sosialisasi yang Tinggi

Didesain tidak memiliki pembatas ataupun pagar, selain membuat tampilan rumah terlihat lebih lega, pengembang cluster juga menginginkan penghuni bisa bersosialisasi dan menjalin ikatan dengan tetangga sekitarnya.

 

Tapi, jika Anda tipe orang yang lebih mementingkan privasi, hal ini mungkin cukup mengganggu.

 

Lingkungan yang Nyaman dan Terawat

Menginginkan hunian yang terawat tanpa harus turun tangan, perumahan cluster menyediakan hal tersebut.

 

Rumah cluster memiliki sistem maintenance di lingkungan perumahan yang akan membuat area terlihat rapi, bebas sampah dan pastinya akan membuat penghuni semakin betah.

 

Jika harus siap-siap untuk menyisihkan biaya yang menjadi iuran wajib bagi penghuni. Biaya-biaya ini mencakup biaya perawatan, keamanan dan kebersihan.

 

Baca juga:

Penjelasan Lengkap IPL Rumah Cluster Hingga Tarif yang Harus Dibayar 

 

Desain dan Model Rumah Cluster Kekinian

Model Rumah Cluster 2 Lantai

model-rumah-cluster-2-lantai-new-shinano

Foto: modernland

 

Model rumah cluster 2 lantai ini hadir di Jakarta Garden City, lebih tepatnya di Cluster New Shinano yang menjadi cluster kelima di kawasan River Garden. 

 

Cluster New Shinano mengusung konsep arsitektur Jepang kontemporer yang modern dan simpel. Terlihat dari fasad rumah dengan secondary skin kisi kayu yang khas. 

 

Untuk total unit yang akan dibangun di salah satu pilihan rumah dijual Jakarta Timur ini adalah sekitar 500 unit rumah dengan pilihan tipe unit 67/75 dan 121/150.

 

Kawasan perumahan yang mengusung konsep cluster ini memberikan sedikit privasi untuk penghuni dengan taman kecil sebagai pembatas area rumah.

 

Sedangkan fasilitas bersama yang disediakan untuk penghuninya, yakni club house, taman, pusat pendidikan, pusat perbelanjaan, kolam renang dan playground dalam cluster.

 

Desain Rumah Cluster 1 Lantai

desain-rumah-cluster-1-lantai

 

Penasaran dengan model rumah cluster di perumahan syariah?

 

Anda bisa melirik proyek perumahan Muhasabah Land Cluster Alsagriya, khususnya bagi yang menari info jual rumah Bandung Barat.

 

Perumahan dengan konsep islami ini mengusung desain rumah minimalis modern dengan detail perumahan cluster dan pembatas.

 

Terlihat pada gambar di atas, Muhasabah Land Cluster Alsagriya memberikan sekat beton sebagai pemisah dari satu rumah dengan rumah yang lainnya.

 

Meskipun begitu, sekat yang dibuat tidak terlalu tinggi agar rumah satu lantai ini tetap terlihat luas.

 

Tidak seperti perumahan cluster lainnya, Muhasabah Land Cluster Alsagriya memiliki fasilitas penunjang seperti masjid di area hunian, ruang terbuka hijau, rumah tahfidz dan tempat pengajian.

 

Model Rumah Cluster Tanpa Pagar

model-rumah-cluster-tanpa-pagar

Foto: suvarnasutera

 

Model rumah tanpa pagar di Suvarna Sutera hadir lebih private dengan balutan desain rumah yang modern dan mewah.

 

Salah satu contoh cluster-nya adalah Alam Signature @ Suvarna Sutera merupakan perumahan premium yang memanjakan penghuninya dengan fasilitas internal lengkap dan berkondisi prima.

 

Misalnya ada ruang serbaguna, ruang olahraga, trek lari, taman bermain anak, lapangan basket, kolam renang, kafetaria, area barbeku dan masih banyak lagi.

 

Sementara dari tampilannya, terlihat fasad rumah persegi yang berfungsi melindungi interior rumah dari paparan sinar matahari langsung dan bisa merusak barang di dalam hunian.

 

Meskipun hunian ini tidak memiliki pagar yang mengelilinginya, tapi Anda masih bisa melihat pembatas dari bata setinggi fasad rumah, yang memblok akses pintu masuk.

 

Tren desain dan model semi private ini banyak disukai oleh calon penghuni yang tidak terlalu suka mengekspos rumah secara menyeluruh.

 

Desain Model Cluster Bergaya Tropis

desain-model-cluster-bergaya-tropis

 

Sengaja didesain untuk rumah cluster, The Northbend di Metland Cyber City tetap memasang separuh pagar dengan bagian terbuka untuk garasi mobil. 

 

Dibuat dengan dua lantai, The Northbend menerapkan gaya tropis modern dengan memasang banyak penggunaan kayu sebagai pengganti dinding beton di beberapa bagiannya.

 

Berada di lahan seluas 3 hektare, The Northbend juga mengusung konsep modern yang menyatu dengan hijaunya alam serta memiliki pemandangan aliran tepi sungai. 

 

Fasilitas yang ditawarkan oleh rumah dijual di Jakarta Barat ini adalah keamanan 24 jam dengan CCTV dalam kawasan, kolam renang, jogging track, indoor gym dan club house.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk tinggal di rumah cluster, beberapa pilihan model rumah cluster di atas bisa Anda cari dan pilih dengan mudah di rumah123.com. Segera dapatkan hunian terbaik ini sebelum kehabisan!

 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya

Tambahkan Komentar