4 Cara Mengetahui Harga Tanah di Suatu Daerah bagi Pemula

Cara Mengetahui Harga Tanah di Suatu Daerah

 

Untuk orang yang baru memulai bisnis properti, cara mengetahui harga tanah di suatu daerah penting dipahami. Sebab, dengan begitu kamu akan terhindar dari penipuan serta kerugian.

 

Bayangkan saja, apabila kamu sedang melakukan transaksi jual-beli tanah, namun kamu tidak tahu apakah harga tanah yang dijual sudah sesuai dengan harga pasaran atau tidak.

 

Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi; pertama, calon pembeli kabur karena harga jual lahan yang telampau mahal; atau kedua, pembeli malah menetapkan harga terendah hingga membuatmu rugi.

 

Kamu tentu enggak mau dong, masalah klasik semacam ini sampai terjadi? Maka dari itu, yuk simak bersama-sama cara mengetahui harga tanah di suatu daerah di bawah ini!

 

Cara Mengetahui Harga Tanah di Suatu Daerah secara Tepat

Survei Langsung ke Lokasi Tanah

Melakukan survei langsung ke lokasi properti merupakan cara paling sederhana untuk mengetahui harga pasaran tanah. 

 

Dengan melakukan survei, kamu bisa bertanya langsung kepada warga sekitar.

 

Selain itu, survei juga penting untuk melihat fasilitas yang tersedia di sekitar lahan. Sebab, semakin banyak fasilitas pendukung yang ada, maka semakin mahal harga jual tanah di pasaran.

 

Hal tersebut bisa jadi patokan, misalnya terdapat sebidang tanah dijual dengan luas 500 m2 dengan harga Rp300 juta. Coba bandingkan fasilitas di sekitar tanah tersebut dengan lahan yang kamu miliki.

 

Meski luasnya sama, bisa saja harga tanahmu lebih tinggi karena fasilitas yang tersedia lebih lengkap.

Mendatangi Kantor Pertanahan Setempat

mendatangi kantor bpn

 

Badan Pertanahan Nasional (BPN) atau biasa disebut kantor pertanahan adalah lembaga berwenang yang mengurus persoalan pencatatan, pendaftaran serta pendataan lahan bagi masyarakat.

 

Itu sebabnya, kamu bisa mendatangi kantor pertanahan setempat (sesuai lokasi tanah berada) untuk menanyakan harga pasaran tanah di kawasan tersebut.

 

Cara mengetahui harga tanah di suatu daerah yang satu ini tidak hanya simpel namun tepat sasaran, sebab kantor pertanahan tentu memberikan informasi harga terbaru kepada masyarakat.

 

Bertanya kepada Notaris Tanah

Pelibatan notaris dalam proses jual-beli properti sudah tidak bisa dihindari. Selain bertugas sebagai perantara ataupun saksi, notaris juga bisa kita manfaatkan untuk berkonsultasi terkait harga tanah.

 

Umumnya, notaris-notaris tersebut sedikit banyak mengetahui harga tanah di daerahnya. Tanyakan berapa harga jual yang pantas atas lahan yang kamu miliki sesuai lokasi, fasilitas dan luasnya.

 

Tidak cuma notaris, jika bertindak sebagai penjual independen, bantuan semacam ini bisa kita dapat bila bekerjasama dengan agen properti profesional.

 

Biasanya, agen properti akan memberi masukkan terhadap harga jual tanah. 

 

Dengan pengetahuan yang ia miliki, kita akan mendapatkan harga jual yang pantas dan tak jauh dari harga pasaran.

 

Melihat NJOP Tanah

contoh njop

Foto: jateng.tribunnews.com

 

Terakhir, cara mengetahui harga tanah di suatu daerah yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak dari tanah tersebut.

 

NJOP pada dasarnya merupakan sebuah surat, yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada pemilik properti sebagai tanda bukti pembayaran pajak tahunan.

 

Di dalam surat tersebut, terdapat informasi terkait Perbandingan Harga Objek, Nilai Perolehan Baru dan Nilai Jual Objek Pajak Pengganti yang bisa kita jadikan dasar dalam menghitung harga tanah.

 

Agar tidak keliru dalam menghitung harga jual tanah berdasarkan NJOP, simak ulasannnya berikut ini.

 

Cara Menghitung Harga Tanah berdasarkan NJOP

Dalam menghitung harga tanah berdasarkan NJOP, kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa luas tanah dan nilai jual objek pajak yang tertera pada surat tersebut.

 

Oleh sebab itu, mari kita asumsikan jika luas tanahmu adalah 300 m2 dengan nilai pajak sebesar Rp1 juta per m2. 

 

Berdasarkan informasi ini, kita bisa menghitung total harga lahan menjadi:

300 x 1.000.000 = Rp300.000.000

 

Kamu bisa saja menetapkan harga jual tanah tersebut sesuai perhitungan NJOP-nya, namun beberapa masyarakat menganggap jika harga tersebut merupakan harga terendah dari suatu wilayah.

 

Sehingga, biasanya orang-orang mengalikan dua kali lipat harga tersebut sebagai harga jual yang tepat. Bila ingin melakukan cara yang sama, maka total harga lahan milikmu menjadi Rp600 juta.

 

Bagaimana, cukup mudah ‘kan cara mengetahui harga tanah di suatu daerah? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semua, ya.

 

Bagi yang sedang mencari properti, baik untuk investasi maupun hunian, langsung saja cek pilihannya di Rumah123. 

 

Contoh menariknya ada Summarecon Mutiara Makassar dan Opus Bay serta masih banyak lagi.

 

Selamat mencoba!

 

 

 

Author:

Yuhan Al Khairi