4 Inspirasi Desain Interior untuk Rumah Susun Minimalis

rumah susun minimalis

Foto: Pexels

 

Rumah susun telah lama dikenal sebagai salah satu solusi mengentaskan masalah permukiman di beberapa negara, termasuk Indonesia. 

 

Sering mendapatkan konotasi negatif terutama dari segi tampilan, nyatanya  rumah susun dapat disulap dengan gaya kekinian, lebih minimalis dan modern. Tak heran kalau ada banyak inspirasi desain untuk rumah susun minimalis.

 

Rumah susun sendiri dapat diartikan sebagai bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang distrukturkan secara fungsional, baik secara horizontal maupun vertikal.

 

Dalam artian yang lebih luas, segala jenis hunian bertingkat seperti apartemen, kondominium dan sebagainya dapat juga dimasukkan ke dalam kategori rumah susun.

 

Jenis-jenis Rumah Susun yang Harus Kamu Tahu

jenis rumah susun minimalis

Foto: Pexels

 

Seperti yang dijelaskan di atas, rumah susun juga memiliki banyak jenisnya. Sebelum membaca lebih lanjut tentang rumah susun minimalis, alangkah baiknya mengetahui lima jenis rumah susun di bawah ini:

 

Rumah Susun Sewa (Rusunawa)

Rumah susun dengan sistem sewa ini banyak dipilih oleh kalangan menengah bawah di perkotaan. 

 

Rusunawa acapkali dikelola oleh pihak pemerintah sebagai alternatif penyediaan perumahan bagi golongan masyarakat berpenghasilan rendah. 

 

Tentunya, hunian subsidi ini akan diberikan kepada warga Indonesia yang telah memenuhi syarat untuk menempatinya.

 

Rumah Susun Milik (Rusunami)

Sama seperti namanya, rusunami bisa dimiliki melalui Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). 

 

Sebagai bagian dari program pemerintah, pembelian rusunami bisa dilakukan secara tunai atau disewa dengan sistem kredit. 

 

Rumah susun ini lebih difokuskan untuk masyarakat golongan ekonomi menengah maupun rendah. 

 

Sama seperti rusunawa, rusunami baru akan diberikan kepada penghuni yang sudah lolos syarat subsidi.

 

Rumah Susun Negara

Seperti Namanya, rumah susun ini dimiliki oleh negara. Rumah Susun Negara berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian, sarana pembinaan keluarga, serta penunjang tugas pejabat dan/atau pegawai negeri.

 

Rumah Susun Khusus

Rumah Susun Khusus adalah hunian yang digunakan untuk memenuhi golongan yang memiliki kebutuhan tertentu. 

 

Misalnya saja, korban bencana atau korban terdampak program pembangunan pemerintah, buruh industri, nelayan di pesisir pantai, warga lanjut usia, penyandang disabilitas, tenaga kesehatan dan lain sebagainya.

 

Rumah Susun Komersial (Apartemen)

Rumah Susun Komersial diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah ke atas. Oleh karena itu, rumah susun ini juga sering disebut dengan istilah apartemen

 

Pengembang rumah susun ini biasanya swasta, dimana pembeli akan memiliki ruangan di dalam rumah susun serta mendapatkan beberapa fasilitas yang tersedia untuk penggunaan bersama. 

 

Tren apartemen sebagai hunian bagi masyarakat perkotaan pun sebenarnya cukup ideal, mengingat semakin terbatasnya lahan di kota-kota besar di Indonesia. 

 

Selain itu, apartemen juga bisa digunakan sebagai sarana investasi, entah dengan disewakan kembali atau dijual saat harganya naik.

 

Inspirasi Desain Rumah Susun Minimalis

desain rumah susun minimalis

Foto: mwallpapers.com

 

Tahukah kamu kalau rumah susun yang sempit ternyata bisa disulap jadi lebih luas, lho. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan konsep minimalis ke dalam rumah susun. 

 

Penasaran? Langsung saja simak beberapa inspirasi desain untuk rumah susun minimalis di bawah ini.

 

Desain Bergaya Klasik Elegan

desain klasik elegan

Foto: Homedizz

 

Beberapa orang mungkin menganggap kalau rumah susun yang tidak terlalu luas kurang nyaman untuk ditempati. Ternyata, pendapat tersebut kurang tepat, lho

 

Bagi kamu yang memiliki rumah susun berukuran kecil, kamu dapat menerapkan desain interior bergaya klasik elegan.

 

Seperti yang terlihat, desain ini memprioritaskan pilihan warna dengan nuansa putih dan cokelat.

 

Pastikan juga kalau interior ruangan kamu memiliki nuansa kayu supaya rumah susun minimalis kamu terlihat lebih klasik dan elegan.

 

Desain Minimalis Bergaya Modern

desain minimalis modern

Foto: homerenovates.com

 

Pilihan lain yang dapat kamu terapkan adalah desain interior minimalis bergaya modern. Desain ini menggunakan pilihan furnitur dan perabot yang simpel sehingga memberikan kesan luas pada  ruangan.

 

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan konsep ruang terbuka dimana antar ruangan tidak menggunakan sekat atau penghalang ruangan. Sangat cocok diterapkan ke dalam rumah susun minimalis kamu, bukan?

 

Lagi pula, desain minimalis modern juga sudah banyak diterapkan developer pada proyek hunian mereka, seperti Puri Lembana dan Fleekhauz BSD City serta masih banyak lagi. 

 

Desain Minimalis Gaya Jepang

desain minimalis gaya jepang

Foto: Work in Japan

 

Konsep desain interior bergaya Jepang ini dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin memiliki rumah susun minimalis.

 

Jika dilihat sekilas, interior bergaya Jepang ini menggunakan dekorasi ruangan dengan nuansa kayu atau bambu.

 

Selain itu, beberapa perabot juga dibuat untuk digunakan secara lesehan, misalnya meja makan.

 

Setelahnya, kamu dapat memanfaatkan jendela besar di salah satu sudut rumah susun sebagai pencahayaan natural. Hal itu dapat memberikan kesan luas di ruang tamu.

 

Desain Minimalis Bergaya Scandinavia

desain minimalis scandinavia

Foto: thenordroom.com

 

Bagi yang memiliki hunian tidak terlalu luas namun ingin menerapkan kesan minimalis, desain interior bergaya Skandinavia ini patut kamu sontek.

 

Singkatnya, desain Scandinavia sendiri mencerminkan gaya hidup minimalis dari bangsa Nordik.

 

Desain ini memiliki beberapa ciri khas, salah satunya adalah kombinasi warna netral yang tepat antara warna dinding dengan perabot dan furnitur di sekitarnya.

 

Selain itu, desain Skandinavia juga menggunakan furnitur model klasik, seperti meja dan kursi model kaki. Jangan lupakan juga penggunaan lantai kayu untuk menambah kesan minimalis di dalamnya. 

 

Nah, itu tadi 4 inspirasi desain interior rumah susun minimalis yang membuat hunian kecil jadi lebih nyaman. Yang jelas, pastikan kamu menerapkan desain interior yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan ya.

 

Semoga artikel ini bermanfaat!

 

 

 

Author:

Shandy Pradana

Tambahkan Komentar