Solusi Ruang Tamu Kecil agar Terasa Lebih Luas

solusi ruang tamu kecil


Jika kamu mempunyai rumah yang mungil, biasanya ruang tamunya juga berukuran mungil. Ruang tamu kecil memang biasanya ditemui di rumah-rumah yang berukuran terbatas. 


Tapi tidak selalu ruang tamu kecil tersebut harus terasa kecil lho. Tentunya kamu bisa mengakali dengan beberapa trik untuk membuat ruang tamu yang mungil tersebut terasa lega dan luas.


Ruang tamu biasanya menjadi ruang pertama yang akan dimasuki tamu saat berkunjung ke rumah. Alasannya karena ruangan yang satu ini biasa terletak di bagian paling depan rumah


Bahkan dalam beberapa kondisi, ruang tamu biasanya berfungsi sebagai ruang keluarga. Jadi membuat ruang tamu kecil terasa lega akan semakin penting. 


Tapi tidak perlu pusing, ada beberapa solusi untuk membuat ruang tamu kecil kamu terasa lebih lega. 


Seperti apa saja caranya? Berikut penjelasannya.


Sofa dan Perabotan Minimalis dan Multifungsi


perabotan minimalis


Saat kamu mencari perabotan dan sofa untuk ruang tamu di rumah, coba cari perabotan dan sofa yang multifungsi. 


Mengapa begitu? Karena untuk memaksimalkan area yang ada di ruang tamu.


Hindari perabotan-perabotan yang hanya sekedar hiasan. Usahakan semua perabotan memiliki fungsi dan jika bisa, mempunyai fungsi lebih dari satu.


Misalnya untuk sofa, kamu bisa memilih sofa yang bisa dilipat dan berubah fungsi jadi kasur. Lalu lemari yang mempunyai banyak laci untuk menyimpan buku atau majalah.


Jika kamu akan memasang TV di ruang tamu, usahakan memilih TV yang bisa ditempel di dinding. Sehingga TV tersebut tidak memakan ruangan lagi.


Cat Ruang Tamu dengan Warna Cerah


cat ruang tamu


Selain menggunakan perabotan yang minimalis dan multifungsi, kamu bisa mengakali ruang tamu kecil dengan mengecat ruangan dengan warna cerah. Misalnya warna putih, krem mudah, atau biru langit. 


Alasannya karena warna cerah lebih memberikan kesan lapang pada sebuah ruangan. Selain itu warna cerah seperti ini membuat mata lebih rileks dibandingkan dengan warna-warna gelap. 


Jadi ini bisa menjadi salah satu trik untuk membuat ruang tamu kecil menjadi lega. Jadi siapkan segera kuas cat kamu!


Manfaatkan Cahaya Alami


sofa minimalis


Posisi ruang tamu yang biasa berada di depan rumah umumnya terdapat jendela yang mengarah keluar. 


Nah
, agar ruang tamu kecil kamu terasa lebih lega bukalah jendela-jendela tersebut. 


Cahaya alami bisa memberikan kesan hangat dan segar pada ruangan. Selain itu juga cahaya alami bisa menyulap ruang tamu kecil kamu menjadi terasa lebih lega. 


Membuka jendela juga bagus untuk sirkulasi udara di ruang tamu, jadi ruangan tersebut akan terasa sejuk setiap kali ada orang baru yang masuk ke ruangan.


Ditambah dengan cat warna cerah dan perabotan yang minimalis, maka ruang tamu mungil menjadi terasa lebih lega. Jadi jangan lupa untuk buka jendela ya


Pilih Tanaman Hidup sebagai Hiasan


hiasan tanaman


Seperti di atas tadi, hindari memakai hiasan-hiasan yang tidak berfungsi untuk ruang tamu kamu kecil. 


Untuk mempercantik ruang tamu kecil kamu coba tempatkan beberapa pot tanaman indoor di ruang tamu. 


Tanaman ini akan memberikan nuansa asri dan nyaman di ruang tamu. Tidak perlu tanaman hiasan yang besar dan mahal, cukup tanaman-tanaman hias yang sederhana di dalam pot kecil. Seperti kaktus, lidah mertua atau tanaman maranta bali. 


Pastikan juga untuk memilih ukuran pot yang sesuai dengan ukuran ruang tamu kecil kamu. Jadi tidak ada hiasan yang terlalu menghabiskan space di ruang tamu kecil kamu 


Lukisan Dinding sebagai Sentuhan Akhir


Sebagai sentuhan akhir, kamu bisa menambah beberapa hiasan berupa lukisan, karya seni, atau kolase foto cantik di dinding ruang tamu kecil. Terutama jika ruang tamu mempunyai plafon yang cukup tinggi.


Untuk membeli karya seni juga tidak perlu yang terlalu mahal, banyak kok penjual karya seni yang murah dan bisa jadi hiasan cantik di ruang tamu kecil kamu.  


Namun agar dapat memberikan kesan yang mewah namun tidak terlalu berlebihan, bisa dipilih beberapa koleksi lukisan saja untuk dipajang. 


Jadi sudah siap membuat ruang tamu kecil terasa lebih lega?


Atau masih mencari hunian? Ada banyak pilihan rumah dengan berbagai ukuran dan pilihan ruang tamu yang bisa dirancang sesuai selera. Langsung saja cek pilihannya di situs jual beli properti Rumah123


Author:
Ferry Fadhlurrahman

Tambahkan Komentar