Mengenal Gaya Desain 15 Bangunan Arsitektur Futuristik di Berbagai Negara

desain bangunan arsitektur


Gaya desain yang semakin berkembang dan beragam memiliki keunikan struktur dan tampilan, hingga banyak yang  akhirnya menjadi sebuah bangunan ikonik. Salah satunya gaya futuristik.


Berkembang sejak awal abad ke 20 di Italia, arsitektur futuristik berkembang pesat di berbagai negara dengan wujud bangunan yang unik dan megah.


Arsitektur futuristik kerap ditandai dengan bangunan yang “tidak biasa” dan mencoba menggambarkan masa depan.


Tak hanya dari segi desain, arsitektur futuristik pun ditandai dengan beragam ciri dan jenis material yang berbeda dengan bangunan biasanya.


Nah
, untuk lebih mengenal gaya desain arsitektur futuristik, berikut ini adalah ulasan beserta 15 arsitektur futuristik dari berbagai negara yang perlu diketahui. Simak selengkapnya!


Desain Futuristik


desain futuristik Foto: home-design


Desain futuristik ditandai dengan beragam ciri yang berbeda dengan bangunan biasanya.


Arsitektur yang diusung berusaha menampilkan tampilan masa depan yang bergaya minimalis.


Pada beberapa interiornya, gaya futuristik tidak terlalu banyak menggunakan dekorasi atau furnitur, melainkan banyak mengusung tampilan ruang kosong dengan bahan material yang didominasi keramik, kaca, baja dan alumunium.


Bentuk bangunan futuristik pun memiliki rancangan yang tidak banyak ditemui. Biasanya desain futuristik memiliki bentuk menyerupai sebuah pola, modular yang bulat atau lonjong.


Arsitektur futuristik banyak menampilkan warna bangunan yang terang dan elegan. Selain itu, warna-warna maskulin pun menjadikan arsitektur futuristik menjadi solid dan unik.


Lalu, bangunan apa saja ya yang memiliki desain arsitektur futuristik? Berikut ini adalah 15 bangunan futuristik yang unik dan mewah, dijamin membuat Anda berdecak kagum!


Burj Khalifa


burj khalifa


Siapa yang tidak tahu Burj Khalifa?


Terletak di Dubai, bangunan futuristik ini merupakan salah satu high rise building yang menjadi gedung tertinggi di dunia.


Burj Khalifa memiliki bentuk bangunan unik dan mewah yang didesain oleh grup arsitektur terkemuka di dunia, Skidmore. 


Gedung ini pun memiliki desain menyerupai bunga lili yang dilengkapi air mancur di sekitar area, memberikan keindahan di sekitar area bangunan.


Menjadi gedung pencakar langit, Burj Khalifa memiliki 160 lantai yang dapat dihuni dengan luas lantai 334.000 meter persegi.


The Shed


the shed Foto: Bloomberg


The Shed merupakan bangunan arsitektur futuristik yang terletak di New York.


The Shed yang merupakan bangunan untuk teater dan seni peran memiliki gaya desain bangunan yang mengagumkan dan jarak ditemui.


Dibangun di atas lahan seluas 18 ribu meter persegi, The Shed New York dirancang oleh arsitektur ternama Diller Scofidio dan Renfro yang bekerja sama dengan Rockwell Group.


The Shed memiliki warna bangunan yang berkilauan dengan warna silver terang, membuat siapa pun yang melihatnya akan merasa kagum.


Gardens by the Bay


gardens by the bay


Jika Anda senang travelling, Gardens by the Bay dapat menjadi pilihan yang tepat untuk relaksasi sambil belanja.


Terletak di Singapura, Gardens by the Bay menjadi salah satu bangunan dengan arsitektur futuristik yang mengagumkan.


Bangunan ini memiliki teknologi dan infrastruktur yang sangat baik, bahkan di area sekitar Gardens by the Bay telah dilengkapi lebih dari 1,5 juta tanaman yang indah.


Bangunan ini pun memiliki OCBC Skywalk dengan jembatan penghubung dari beberapa menara supertree yang menyerupai pohon sehingga Anda dapat merasakan sensasi berjalan di atas langit.


Gardens by the Bay pun telah mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya dari Guinnes World Record untuk kategori “Rumah Kaca Terbesar”. Menarik, bukan?


Museum Revolution Wuhan


museum revolution wuhan Foto: archdaily


Sama seperti bangunan Eropa, arsitektur Tiongkok pun memiliki beragam keunikan yang akan membuat Anda berdecak kagum.


Terletak di Wuhan, Museum Revolution ini membentuk anak panah yang menghadap ke atas dengan bangunan berwarna merah bata.


Bangunan unik ini akan membuat siapapun penasaran dan tentunya ingin masuk ke dalam bangunan untuk melihatnya lebih dekat.


Sheraton Hotel Huzhou


sheraton hotel huzhou foto: starwoodhotels


Berlokasi di Huzhou China, bangunan arsitektur dengan gaya futuristik ini merupakan sebuah hotel dengan bangunan yang unik.


Hotel di China ini memiliki bentuk setengah lingkaran menghadap ke lautan. Dibuat oleh arsitektur ternama Yansong Ma, bangunan ini dilengkapi 321 kamar.


Terletak di antara lautan, Sheraton Hotel ini memenangkan Emporis Skyscrapers Awards dengan kategori “New Skyscraper for Design and Functionality”.


Khan Shatyr


khan shatyr foto: ttnotes


Berbentuk seperti UFO, bangunan futuristik ini terletak di Astana, Kazakhstan.


Khan Shatyr memiliki tinggi bangunan 150 meter persegi dengan tiga lapis tenda untuk menghadapi cuaca ekstrim sepanjang tahun.


Khan Shatyr menjadi salah satu bangunan terbaik di Kazakhstan yang banyak dikunjungi. Berbagai fasilitas publik pun turut melengkapi bangunan ini dengan berbagai taman, pusat perbelanjaan, restoran dan lain sebagainya.


Beijing Daxing International Airport


beijing daxing international airport foto: blueswandaily


Jika Anda sedang berkunjung ke Beijing, Anda akan memiliki pengalaman mengagumkan saat mengunjungi Bandara Internasional Daxing.


Hal tersebut dikarenakan bentuk bangunannya yang unik menyerupai sarang laba-laba. 


Memiliki desain arsitektur futuristik yang mewah, bandara ini memiliki warna bangunan oranye kemerahan dengan dekorasi pada atap.


Bandara ini menjadi penghubung internasional utama di Tiongkok Utara yang dilengkapi empat landasan pacu dan terminal seluas 700 ribu meter persegi sehingga Daxing akan menjadi bandara terbesar di dunia.


China Central Television


china central television foto: mydecorative


Masih terletak di China, bangunan dengan desain futuristik yang satu ini merupakan pusat stasiun televisi China atau biasa disebut China Central Television (CCTV).


Bangunan ini pernah dinobatkan sebagai Bangunan Tinggi Terbaik di dunia oleh Dewan Bangunan Tinggi dan Urban Habitat tahun 2013.


Desain arsitektur yang diusung pun sangatlah unik karena memiliki sebuah lubang pada tengah bangunan sehingga menjadikannya sangat menarik.


Hangzhou Waves


hangzhou waves


Berlokasi di Tiongkok, bangunan arsitektur ini bergaya futuristik yang tidak biasa.


Hangzhou Waves yang merupakan sebuah hotel bintang lima yang terdiri dari dua bangunan berbentuk kubus kecil yang di-gradasi sehingga menampilkan pemandangan indah.


Berminat datang ke sini?


Opera House Harbin


opera house harbin


Dikenal sebagai Kota Es, Harbin merupakan ibu kota Provinsi Heilongjiang di timur laut Tiongkok.


Di kota ini ada bangunan bergaya futuristik yaitu Opera House yang kerap kali digunakan sebagai pusat teater dan pusat dari Pulau Budaya Harbin di tepi Sungai Songhua.


Bangunan futuristik ini menjadi focal point Kota Harbin yang dibalut seluruhnya dalam panel aluminium putih memiliki bentuk melengkung yang menawan.


Museum Ordos


museum ordos foto: flickr


Terletak di Ordos, China, bangunan bergaya futuristik ini merupakan museum bernama Orbos yang menyimpan koleksi yang berkaitan dengan sejarah setempat.


Di desain oleh Cina MAD, bangunan ini memiliki luas sekitar 41.000 meter persegi memiliki gaya desain yang dipengaruhi oleh Gurun Gobi.


Museum yang memiliki enam tingkat ruang pameran ini memiliki bentuk menyerupai batu dengan lengkungan ke bawah, sehingga menampilkan arsitektur bangunan unik yang menarik.


Nuragic And Contemporary Art Museum


nuragic and contemporary art museum foto: zaha-hadid.com


Museum Nuragic and Contemporary atau yang dikenal sebagai Betile merupakan museum seni kontemporer terencana yang terletak di Cagliari, Italia.


Dirancang oleh Zaha Hadid, museum dengan arsitektur futuristik ini memiliki bentuk yang untuk dengan warna putih. 


Bangunan ini pun dilengkapi dengan lubang lonjong di atap bangunan untuk memberi keunikan tersendiri.


Museum ini akan didedikasikan untuk seni Nuragic dan karya-karya dari Sardinia dan Mediterania.


Crescent Moon


crescent moon


Crescent Moon merupakan bangunan dengan arsitektur futuristik yang selanjutnya.


Terletak di Dubai, bangunan yang menyerupai bulan setengah lingkaran ini menjadi lambang era modern di Zabeel Park yang menjadi identitas Dubai sebagai negara Muslim.


Bangunan megah ini terdiri dari 33 lantai yang dilengkapi dengan pemandangan ruang terbuka hijau di sekitar area, sehingga menjadi salah satu bangunan mewah yang mengagumkan.


Galaxy SOHO


galaxy soho foto: Wikimedia


Terletak di Beijing, Galaxy SOHO merupakan kompleks hunian dengan luas 330.000 meter persegi.


Bangunan futuristik ini memiliki desain parametrik yang terdiri dari empat struktur kubah utama yang disatukan jembatan dan platform pelat lantai yang melengkung.


Bagian luar bangunan yang dibalut alumunium dan batu  memiliki interior material meliputi kaca, teraso, baja tahan karat yang diperkuat gypsum.


Academy Museum of Motion Pictures


academy museum of motion pictures foto: Oscars


Academy Museum of Motion Pictures adalah bangunan futuristik yang terakhir.


Museum yang terletak di Los Angeles, California ini merupakan museum skala besar pertama yang didedikasikan untuk pusat seni, sains, kerajinan, bisnis dan sejarah film.


Bangunan ini dikembangkan oleh arsitek pemenang penghargaan Pritzker Renzo Piano sehingga tak heran bila desain museum ini menjadi bangunan yang unik dan ikonik menyerupai bentuk lingkaran dari kaca yang sempurna.


Nah
, menarik bukan?


Itulah ulasan mengenai desain arsitektur futuristik berikut dengan contoh 15 bangunannya di berbagai negara.


Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya!


Author:
Rachmi Arin Timomor

Tambahkan Komentar