7 Bank yang Menyediakan Bunga KPR Murah di 2020

bank kpr

 

Anda ada rencana untuk membeli rumah tahun ini dan berencana mengajukan KPR sebagai metode pembelian? 

Anda beruntung! Karena di tahun 2020 ini banyak bank besar Indonesia yang berlomba-lomba menawarkan bunga KPR murah.

Karena tingginya minat masyarakat untuk mengajukan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah, membuat bank-bank Indonesia menawarkan produk-produk terbaiknya. Hal ini termasuk untuk memberikan penawaran KPR dengan suku bunga yang relatif rendah.

Strategi ini bisa dibilang menarik banyak peminat, selain karena tingginya permintaan masyarakat untuk keperluan rumah, penawaran suku bunga yang rendah menjadi metode yang ampuh dalam menaikan angka pengajuan KPR di tahun 2020. 

Karena itulah jika Anda memang sedang berencana untuk membeli rumah di tahun ini, maka Anda termasuk yang beruntung. 

Berikut adalah bank-bank yang menawarkan kredit dengan bunga KPR murah:

 

1. BTN

bank btn


Sejak dahulu BTN memang dikenal sebagai salah satu bank pemerintah yang paling aktif menawarkan program KPR kepada masyarakat Indonesia. Pada ulang tahunnya ke 70 kemarin, BTN menawarkan program dengan bunga KPR murah.

Bank ini menawarkan promosi yang menawarkan bunga fixed KPR sebesar 6,99-8,88 persen selama 2 tahun. Program ini menyasar nasabah berplafon kredit sekitar Rp250 juta hingga Rp1,5 milliar.

Lebih menariknya lagi, BTN juga menawarkan program multiguna dengan jumlah maksimal Rp250 juta. Sama seperti sebelumnya, di program ini BTN menawarkan suku bunga 9,49 persen fixed selama 2 tahun. 

 

2. BNI

bank bni


Masih penawaran dari bank pemerintah, kali ini BNI yang juga menawarkan program dengan bunga KPR murah. 

BNI menawarkan bunga KPR murah melalui program BNI Griya yang merupakan produk KPR dari bank berlogo orange tersebut.

Produk ini memberikan suku bunga murah dan tetap mulai dari 6,75 persen untuk 2 tahun pertama dan suku bunga 7,75 fixed untuk periode 1 tahun berikutnya.
 

Tenor waktu kredit yang ditawarkan dalam program ini relatif cukup panjang, yakni bisa hingga 25 tahun. Jika Anda sudah berumur 21 tahun, Anda bisa mulai mengajukan kredit dari program KPR bunga rendah ini. 

 

3. Bank Mandiri

bank mandiri


Penawaran terakhir dari bank pemerintah yang memiliki produk pinjaman dengan bunga KPR rendah adalah Bank Mandiri. 

Bank ini menawarkan KPR dengan bunga rendah mulai dari 7,5 persen fixed selama tiga tahun. 

Meskipun begitu, tenor waktu pinjaman sedikit lebih cepat dibandingkan BTN dan BNI, Bank Mandiri hanya memberikan tenor cicilan maksimal 20 tahun. 

Untuk menambah minat para calon peminjam, Bank Mandiri menggaet lebih dari 900 proyek developer di seluruh Indonesia.

Untuk syarat pengajuan, Bank Mandiri mensyaratkan usia minimal pengajuan mulai dari 21 tahun. Sedangkan usia maksimal berkisar 55 tahun untuk pegawai dan 60 tahun untuk para profesional atau wiraswasta.

 

4. Standard Chartered Bank

standard chartered bank


Selanjutnya ada bank swasta, Standard Chartered yang menawarkan program KPR cukup menarik. 

Bank asal Inggris ini menawarkan program pinjaman dengan bunga KPR murah mulai dari 6,75 persen fixed 1 tahun pertama, 7,5 persen fixed 2 tahun, 7,75 persen fixed 3 tahun, dan 8 persen fixed 5 tahun. 

Jika masa fixed rate tersebut sudah habis, maka selanjutnya berlaku suku bunga floating. Selain itu, Standard Chartered Bank juga menawarkan fasilitas pengalihan KPR atau KPR dari bank lain dan equity loan atau lebih dikenal dengan nama Kredit Multi Guna.
 

Perlu diketahui, fasilitas menarik ini ditawarkan oleh Standard Chartered merupakan bagian dari program mereka, yakni program Home Suite yang ditawarkan kepada masyarakat luas.

5. Maybank Indonesia

maybank indonesia


Selanjutnya ada Maybank Indonesia. Bank berlogo singa ini menawarkan program pinjaman dengan bunga KPR murah juga yang disebut Maybank KPR AkuBisa. 

Program ini lebih menyasar kepada generasi milenial yang sedang mencari rumah impian mereka. 

Yang ditawarkan pun tidak hanya sekedar suku bunga KPR rendah, tapi juga memberikan tenor panjang hingga 30 tahun, DP hanya 5 persen, dan cicilan fixed selama 5 tahun. 

Untuk 5 tahun pertama, suku bunga yang ditawarkan sebesar 7,75 persen. Lalu 2 tahun selanjutnya hingga 9 persen. Setelah itu, diberlakukan suku bunga floating dengan besaran 12,26 persen. 

 

6. Panin Bank

panin bank


Selanjutnya ada program KPR Panin Bank yang memiliki tagline #SamaTapiBeda. Apa bedanya? Karena Panin Bank menjanjikan proses persetujuan KPR berlangsung dalam 3 hari saja.

Selain itu program ini juga menawarkan promo bunga KPR murah mulai dari 6,88 persen fixed selama tiga tahun. 

Minimal tenor yang ditawarkan juga menarik, yakni hingga 3 tahun tanpa syarat pengendapan dana.

Untuk jangka waktu cicilan, program KPR Panin Bank memberikan pilihan tenor maksimal 20 tahun. Panjangnya jangka waktu tenor ini juga menguntungkan nasabah yang ingin mengajukan KPR.

 

7. BCA

bank bca

Promo bunga KPR murah terakhir ditawarkan oleh salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, yakni BCA. Bank ini menawarkan bunga KPR fixed mulai dari 1 hingga 5 tahun.

Untuk tahun pertama, suku bunga yang dikenakan sebesar 8,75 persen. Di tahun kedua angka tersebut juga masih sama. 
 

Mulai tahun ketiga, bunga fixed naik menjadi 8 persen. Hingga pada tahun kelima menjadi 8,5 persen fixed.

Setelah masa bunga fixed KPR Anda berakhir, selanjutnya akan diberlakukan suku bunga floating. Suku bunga ini akan ditinjau oleh bank secara berkala sampai dengan masa kredit kepemilikan rumah tersebut berakhir.

Bunga KPR Murah? Ada Hal yang Harus Diperhatikan

Seperti sudah dibahas di atas, banyak sekali promo-promo menarik dengan bunga KPR murah. Namun ada hal yang harus diperhatikan. 

Jika Anda melihat diatas ada yang disebut dengan bunga fixed dan bunga floating
 

Ada perbedaan antara keduanya. 

Bunga fixed adalah bunga yang tidak akan berubah sedangkan bunga floating akan berubah mengikuti perkembangan suku bunga. 

Yang harus Anda perhatikan, janganlah tergiur dengan rendahnya bunga fixed saja. Karena bunga fixed biasanya hanya berlangsung di tahun-tahun pertama cicilan KPR. 

Normalnya 2-3 tahun, tapi jika melihat dari tujuh bank di atas ada beberapa yang menawarkan bunga fixed hingga lima tahun. 

Nah, justru saat bunga fixed ini selesailah yang harus diperhitungkan. Karena setelah masa tersebut habis, maka cicilan per bulan Anda akan dikenakan bunga floating yang bisa berubah dari waktu ke waktu. 

Pastikan hal ini dihitung dengan seksama ya!

Lalu selanjutnya terkait masa tenor. Jangan tergiur dengan masa tenor yang panjang juga dan Anda meminjam dengan masa tenor hingga 25 tahun. 

Pastikan batas untuk mengajukan tenor KPR yang bisa Anda lunasi secepatnya. 

Itulah beberapa bank besar di Indonesia yang menawarkan berbagai promo bunga KPR murah. Anda bisa memilih salah satu yang dinilai cocok dengan kondisi keuangan Anda. 

jika masih bingung mencari rumah impian Anda, langsung kunjungi situs jual beli properti Rumah123 ya!

 

Tambahkan Komentar