OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Mengenal Konsep Ruang Terbuka Hijau di Lingkungan Perumahan

Terakhir diperbarui 29 September 2022 · 4 min read · by Shandy Pradana

Konsep Ruang Terbuka Hijau

Foto: Unsplash

Green Open Space atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) adalah sebuah area atau jalur di dalam kota atau wilayah hunian di mana penggunaannya bersifat terbuka. 

Seperti namanya, RTH menjadi tempat tumbuh tanaman, baik secara alamiah ataupun tidak. 

Hunian dengan konsep Ruang Terbuka hijau pun memiliki banyak manfaat, terutama jika terletak di tengah kawasan yang padat penduduk.

Seperti yang kita ketahui, jumlah hunian di kota besar semakin bertambah setiap tahunnya. Di sisi lain, jumlah ruang terbuka yang tersedia di sekitarnya justru sangat terbatas.

Maka dari itu, diperlukan Ruang Terbuka Hijau, baik di dalam maupun di dekat kawasan pemukiman, demi menciptakan harmoni antara alam dan manusia yang hidup di dalamnya.

Lantas, apa saja manfaat dan tujuan pembangunan RTH, terutama di lingkungan perumahan? Agar lebih jelas, mari simak penjelasan di bawah ini!

Tujuan Ruang Terbuka Hijau di Tengah Perumahan

Tujuan Ruang Terbuka Hijau di Tengah Perumahan

Foto: Unsplash

Sebagai penjelas, konsep Ruang Terbuka Hijau dapat merujup pada satu wilayah yang ditumbuhi oleh berbagai macam tanaman dan pohon yang rimbun.

Pemanfaatannya pun turut diatur dalam UU Nomor 26 Tahun 2007, bahwa sekitar 30% kawasan di perkotaan harus memiliki RTH dengan komposisi sebagai berikut:

  • 20% untuk ruang publik 
  • 10% untuk privat

Pada umumnya, RTH dikelola oleh pemerintah sebagai ruang publik yang bisa dikunjungi oleh masyarakat seperti taman kota, hutan terbuka, dan lain sebagainya.

RTH sendiri memiliki tujuan untuk menjaga ketersediaan lahan untuk resapan air dan menyeimbangkan alam dan lingkungan binaan di sekitar penduduk.  

Tujuan lainnya adalah mencegah erosi serta badai, serta menciptakan kualitas visual dari keasrian tumbuhan yang ditanam. 

Dengan demikian, pohon maupun bunga yang ditanam biasa dipilih dan diperhatikan betul karena dapat mempengaruhi nilai estetikanya. 

5 Fungsi Ruang Terbuka Hijau di Tengah Kawasan Hunian

Fungsi Ruang Terbuka Hijau di Tengah Kawasan HunianFoto: Unsplash

Setidaknya, ada lima fungsi Ruang Terbuka Hijau yang perlu diketahui, yaitu:

Fungsi Ekologis

Dari segi ekologis, RTH berfungsi sebagai paru-paru kota atau kawasan hunian seperti perumahan atau mixed use building.

Ini karena RTH dapat meningkatkan penyerapan karbondioksida dan produksi oksigen.

Kehadiran RTH juga dapat menurunkan suhu dan memberikan rasa teduh dari tanaman rimbun, serta meredam kebisingan khas perkotaan. 

Fungsi Estetika

Sedangkan dari sisi estetis, RTH dapat memperindah kawasan pemukiman, perkantoran, kota, hingga kompleks perumahan.

Bagaimanapun, memandang area kota atau pemukiman yang asri lebih enak daripada daerah yang gersang tanpa ruang terbuka, bukan?

Fungsi Planologi

Ruang Terbuka Hijau dapat menjadi pembatas antara satu wilayah dengan wilayah lainnya yang berbeda fungsi dan kegunaannya.

Fungsi Rekreasi

Penataan RTH yang sedemikian rupa dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tak heran, kalau ada banyak RTH perumahan yang tematik seperti desain hunian di dalamnya. 

Salah satunya adalah Asya, perumahan di Jakarta Timur yang memiliki ruang terbuka lengkap dengan danau seluas 15 hektare dengan fasilitas lake-side garden di dalamnya.

Selain dapat dipakai untuk melepas penat, RTH juga dapat dijadikan sebagai tempat berolahraga atau bersantai sambil mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan.

Fungsi Ekonomi dan Pendidikan

Fungsi RTH dari segi pendidikan adalah dapat digunakan sebagai sarana belajar bagi para siswa. Dengan begitu mereka akan belajar untuk mencintai alam sekitar.

Ada pula fungsi ekonomis dari RTH, terlebih jika terdapat bunga, biji-bijian, atau buah yang dapat dijual sehingga menghasilkan perputaran ekonomi yang baik.

Hal ini dijelaskan langsung dalam Permendagri No.1 Tahun 2007, di mana RTH dapat memberikan kesegaran, kenyamanan, dan keindahan lingkungan serta lingkungan yang sehat dan bersih serta dapat memberikan hasil berupa produk kayu, bunga, dan buah. 

Juga pemeliharaan persediaan air tanah, serta pelestarian fungsi lingkungan dengan flora dan fauna yang ada.

Selain itu, RTH dengan konsep dan desain yang unik dapat menarik perhatian dari wisatawan yang datang. Terdapat beberapa konsep Ruang Terbuka Hijau yang sesuai dengan hal ini. 

Salah satunya adalah konsep Eco Cultural City yang mengusung tema budaya sehingga memberikan manfaat dari segi pelestarian budaya sekaligus pengelolaan limbah di sekitarnya.

Pentingnya Ruang Terbuka Hijau di Tengah Perumahan

Pentingnya Ruang Terbuka Hijau di PerumahanFoto: Cities Today

Sebelumnya, kita sudah mengetahui tujuan dan fungsi dari Ruang Terbuka Hijau di tengah kawasan perkotaan.

Tak hanya di pusat kota, kehadiran RTH juga dibutuhkan di tengah lingkungan perumahan, tak terkecuali perumahan eksklusif seperti Nivara Resort Townhouse Kemang.

Bahkan terdapat peraturan khusus untuk pembangunan RTH di area perumahan, di mana developer harus menyediakan minimal 30% untuk Ruang Terbuka Hijau. 

Hal ini diatur pada Perpres No 60 tahun 2020 tentang Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jabodetabek-Punjur.

Selain dapat mengurangi polusi yang dihasilkan di lingkungan perumahan, tumbuhan yang rimbun juga dapat menurunkan suhu panas yang berlebihan sehingga lingkungan jadi sejuk.

Untungnya, mencari hunian dengan RTH tak sesulit dahulu. Sekarang Anda dapat menemukannya dengan mudah dengan harga yang bervariasi.

Salah satunya adalah Mustika Park Place, sebuah kawasan hunian yang memiliki lingkungan sehat dengan tanaman hijau di dalamnya. 

Selain itu, rumah dijual di Bekasi ini juga memiliki berbagai macam fasilitas menarik dan lengkap seperti danau resapan, club house, kolam renang, hingga lapangan basket. 

Sekian ulasan mengenai konsep Ruang Terbuka Hijau (RTH) di tengah kawasan perumahan. 

Temukan artikel lain yang mengulas properti, mulai dari desain hingga aspek legalitas dari rumah dan apartemen hanya di Panduan Properti Rumah123.com.

 

Author:

Shandy Pradana