Karakteristik dan Inspirasi Desain Gedung Kantor Modern di Indonesia

desain-gedung-kantor-modern

 

Setiap tahun desain gedung perkantoran terus berubah mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, dengan tujuan utamanya untuk menarik perhatian penyewa. 

 

Saat ini banyak perusahaan atau pekerja yang mencari desain gedung kantor modern dengan mempertimbangkan fleksibilitas, kenyamanan dan kesenangan di ruang kerja. 

 

Untuk mewujudkan hal tersebut beberapa gedung kantor di Indonesia menawarkan fasilitas, konsep, hingga tren terbaru dari desain gedung kantor modern.

 

Buat Anda yang penasaran, simak informasi lengkapnya dibawah ini!

 

Karakteristik Gedung Kantor Modern

Gedung kantor dengan desain lebih modern selalu membawa unsur warna monokromatik, tata letak ruang kantor dengan bilik dan desain berkelanjutan yang mampu mendorong produktivitas pekerja. 

 

Selain itu, akan ada banyak unsur lain yang lebih menekankan sikap kepemilikan dan kenyamanan.

 

Dan semua ini telah terangkum dalam karakteristik desain gedung kantor modern yang disesuaikan dengan tren 2021.

 

Desain dan Material Berkelanjutan (Sustainable Material)

Kesadaran terhadap keseimbangan lingkungan dan alam tidak hanya diterapkan di tempat tertentu.

 

Di tahun 2021, sudah banyak gedung kantor menerapkan desain kantor ramah lingkungan dengan mengurangi gas emisi dan limbah gedung yang membahayakan.

 

Dengan menggabungkan sistem efisiensi tinggi, penggunaan lampu LED, memanfaatkan cahaya alami, ventilasi, hingga mendaur ulang furnitur dapat mengurangi dampak lingkungannya. 

 

Bahkan kini tidak hanya gedung yang menyesuaikan tren, karyawan pun sekarang menyesuaikan perilaku mereka di kantor agar selaras dengan pedoman terkait COVID-19.

 

Dimana mereka membawa peralatan makan sendiri untuk mengurangi penggunaan cangkir kertas, plastik sekali pakai dan botol minum plastik.

 

Beberapa material ramah lingkungan yang digunakan pada interior desain gedung kantor seperti kayu reklamasi, bambu, beton, gabus, logam dan kaca daur ulang jadi bahan berkelanjutan populer.

 

Ruang Kerja fleksibel

Ruang kerja yang fleksibel jadi area yang harus ada di setiap gedung kantor.

 

Hal ini terlihat dari tren banyaknya karyawan yang memilih kerja di mana saja dan pastinya menghemat ruang lantai dan biaya operasional.

 

Pilihan tata ruang kerja terbuka menjadi solusi yang tepat dimana Anda selaku pemilik bisnis dapat berfokus pada tugas dan furnitur modular untuk mengakomodasi jumlah karyawan yang ada.

 

Smart Office

Kantor cerdas bisa dibilang integrasi kantor dan karyawan dengan teknologi modern yang membantu karyawan bekerja lebih kreatif, lebih baik, dan lebih cepat dalam menyelesaikan semua tugasnya.

 

Gedung kantor modern di berbagai belahan dunia telah menerapkan smart office dengan fitur-fitur yang menarik seperti meja cerdas, keamanan dengan VPN bisnis, smart conference room dan lainnya.

 

Konektivitas dan komunitas 

Perubahan besar di masa pandemi juga mengubah fungsi kantor yang semula hanya berisikan meja, kursi dan lemari yang monoton, kini banyak orang mengharapkan kantor memiliki suasana lebih menyenangkan.

 

Karena setelah terbiasa bekerja di rumah selama berbulan-bulan dengan kesempatan terbatas untuk interaksi sosial, maka kesempatan datang ke kantor, menjadi momen untuk bertemu teman, berkumpul hingga mendapat inspirasi.

 

Untuk itulah ruangan komunal harus ada di gedung kantor modern yang akan menjaga komunikasi dan kinerja karyawan tetap stabil.

 

Inspirasi Desain Gedung Kantor Modern

Desain Kantor Ramah Lingkungan - Sequis Tower

sequis tower

Foto: archdaily

 

Sequis Tower merupakan gedung kantor tipe Grade A yang terletak di SCBD Jakarta, tepatnya di Jl. Jend. Sudirman Kav 71.

 

Bangunan tower dengan 39 lantai dan luas bangunan 73.000 m2 ini menyediakan layanan penyewaan kantor.

 

Selain itu, desain gedung kantor modern Sequis Tower menjadi bangunan pertama yang mendapatkan sertifikat Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) dari USGBC.

 

Hal itu terlihat dari penggunaan teknologi tabir surya dari tampilan kaca depan double-glazed glass yang mampu mengendalikan tingkat radiasi sinar matahari ke dalam bangunan.

 

Material yang digunakan pun tetap memperhatikan lingkungan dengan pemilihan bahan daur ulang dan penerapan konsep smart office yang memiliki sistem pencahayaan sensor gerak agar hemat listrik.

 

sequis tower

Foto: archdaily

 

Tidak hanya dimanjakan dengan desain eksterior yang menawan, di dalam gedung pun tampak desain gaya urban memenuhi seluruh tampilan interior gedung.

 

Terlebih lagi terdapat taman di area rooftop yang bisa dimanfaatkan pekerja sebagai area santai.

 

Dari sisi keamanan, Sequis Tower dilindungi oleh sistem keamanan paling canggih yang ditangani oleh Kroll Security Group.

 

Tentu saja dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, pastinya akan menarik perhatian banyak tenant untuk sewa kantor di Sequis Tower, apalagi letak gedung kantor ini berada di lokasi paling strategis.

 

Desain Kantor Green Building - Grha Unilever

grha unilever

 

Kawasan BSD City tidak hanya menawarkan perumahan premium saja, saat ini kawasan Tangerang Selatan menghadirkan BSD Green Office Park sebagai kawasan perkantoran ala Silicon Valley. 

 

Gedung baru Unilever ini diresmikan pada 21 Juni 2017 dengan menggabungkan empat kantor terpisah menjadi satu.

 

Grha Unilever menerapkan konsep green building dengan fasad dan site plan yang unik.

 

Kapasitas Grha Unilever dapat menampung 1.350 karyawan di atas lahan 30.000 m2 dan luas bangunan mencapai 50.000 m2.

 

Tampilan desain gedung kantor modern sangat terlihat pada lekukan fasad yang dihiasi area hijau baik indoor maupun outdoor.

 

Fasad tersebut dilapisi dengan kisi-kisi aluminium warna abu-abu dengan kedalaman yang bervariasi, untuk memberi perlindungan dan mengurangi panas.

 

grha unilever

 

Interior kantornya mengusung konsep open plan office atau tanpa sekat dengan gaya informal namun tetap kondusif. Serta ada atrium dengan grand staircase yang luas.

 

Lalu, untuk fasilitasnya sendiri tersedia pusat kesehatan, kebugaran, entertainment room, kantin, perpustakaan, masjid, poliklinik dan fasilitas lainnya.

 

Rumah Kantor Minimalis Modern - Kantor DMHQ

kantor DMHQ

 

Jika umumnya gedung kantor harus berada di pusat bisnis dan harus memiliki tampilan khas perkantoran menjulang tinggi.

 

Beda halnya dengan Gedung DMHQ yang berada di kawasan elit Jakarta Selatan yang menampilkan desain kantor minimalis modern, selaras dengan lingkungan yang teduh.

 

Kantor dengan bentuk rumah ini menjadi bangunan yang nyaman untuk menjalankan bisnis keluarga di atas tanah seluas 450 m2.

 

Meskipun lahannya terbatas, bangunan yang didominasi warna putih ini dimodifikasi untuk mengakomodir antara ruang kerja dengan area pribadi.

 

Ruangan-ruangan tersebut terbagi atas, ruang staf, area hiburan, lobi, ruang pertemuan dan ruang salat.

 

kantor DMHQ

 

Suasana hijau dan menyejukkan mengelilingi area kerja dengan tampilan kaca berbentuk tabung membuat area tersebut lebih terang dan hemat energi.

 

Daya tarik dari kantor DMHQ adalah arsitektur eksterior kantor yang menjorok dengan dinding bertekstur atau berlubang bermakna kegembiraan.

 

Itu dia informasi mengenai desain gedung kantor modern di Indonesia dan karakteristik kantor terbaik saat ini.

 

Sebenarnya ada banyak kantor-kantor yang mengusung konsep unik baik bangunan maupun interiornya yang bisa dipilih sebagai media pendukung untuk bisnis Anda.

 

Untuk menemukan pilihan terbaiknya, Anda bisa kunjungi situs properti terbaik Rumah123. Beberapa contohnya ada Pakuwon Tower, Kota Kasablanka hingga ada pula Apartemen SOHO Podomoro City dengan desain kantor modern yang sekaligus berfungsi sebagai tempat tinggal.

 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya

Tambahkan Komentar