OK

Hotel Apartemen, Potensi Investasi hingga Rekomendasinya

hotel-apartemen

Foto: pinterest

Selain sebagai tempat tinggal, apartemen jadi sarana investasi yang cukup menggiurkan untuk bisnis sewa, termasuk mengubahnya menjadi hotel apartemen.

Seperti yang Anda duga dari namanya, hotel apartemen menggabungkan bagian terbaik dari layanan hotel dengan apartemen.

Biasanya apart-hotel dilengkapi dengan dapur dan ruang tamu yang luas, untuk membuatnya benar-benar terasa seperti rumah.

Nantinya unit apartemen yang Anda miliki akan dikelola oleh pihak ketiga, dengan menambahkan beberapa layanan hotel.

Perbedaan antara Hotel dan Apartemen Hotel

Fasilitas

Fasilitas

Biasanya, hotel bintang tiga hanya memiliki tempat tidur, kamar mandi, TV, meja dan kursi.

Namun di apartemen hotel atau serviced apartment tersedia fasilitas lengkap mulai dari dapur, ruang tamu, balkon, fasilitas binatu dan room services.

Semua layanan tersebut akan selalu tersedia, termasuk layanan pembersihan kamar.

Durasi menginap

Dalam durasi menginap, hotel hanya bisa digunakan untuk jangka waktu yang singkat, satu atau dua hari, bahkan mungkin seminggu.

Sementara apartemen hotel bisa digunakan lebih lama, seperti dua minggu hingga lebih dari satu atau dua bulan.

Biaya

biaya1

Untuk biaya, sebenarnya tergantung pilihan hotel yang Anda inginkan, tapi rata-rata tarif hotel per malam seperti di Bandung bekisar Rp299 ribu sampai Rp2 juta.

Sedangkan biaya apartemen hotel jauh lebih murah jika Anda berencana untuk tinggal lebih lama, misalnya sekitar seminggu hingga sebulan.

Keuntungan Memilih Hotel Apartemen untuk Investasi

Jaminan Pendapatan yang Stabil 

Jika Anda berniat untuk menyewakan apartemen secara mandiri, kadang keuntungan yang didapatkan tidak menentu, tergantung dari banyaknya yang menyewa.

Tapi beda halnya dengan serviced apartment melalui orang ketiga. Selaku pemilik apartemen, Anda akan selalu menerima pendapatan sewa terlepas dari apakah unit itu ditempati atau tidak.

Biasanya hasil sewa bersih yang didapatkan dari apartemen hotel ini, bisa lebih dari 6% atau 10% setiap tahunnya.

Baca juga:

Sebelum Beli Kondominium, Ketahui Dulu Bedanya dengan Apartemen 

Tidak perlu melakukan perawatan atau perbaikan

tidak-perlu-melakukan-perawatan-atau-perbaikan

Foto: pinterest

Pemeliharaan dan perbaikan berkelanjutan dari apartemen berlayanan, dilakukan oleh operator atau pihak ketiga.

Hal Ini berarti Anda tidak perlu repot mengajukan permintaan pemeliharaan ke manajemen properti, atau melayani keluhan perbaikan dari penyewa.

Keuntungan Tinggi terletak di Lokasi

keuntungan-tinggi-terletak-di-lokasi

Agar unit apartemen selalu fully booked, sebelum membeli apartemen Anda harus memperhatikan lokasi, baik itu di pusat kota maupun tempat wisata yang ramai.

Tentu saja lokasi yang baik pastinya juga harus didukung oleh fasilitas yang lengkap agar bisa menggaet lebih banyak pencari akomodasi.

Seperti halnya sewa apartemen di Dago yang selalu ramai, karena berdekatan dengan tempat wisata populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Selain itu, pertimbangkan apartemen yang terintegrasi langsung dengan berbagai layanan transportasi publik seperti stasiun, halte bus, dan lainnya.

Apartemen berlayanan sebagai bagian dari pengembangan terintegrasi, sering kali terhubung langsung ke stasiun transportasi umum, pusat perbelanjaan, dan pertokoan.

Rekomendasi Hotel Apartemen 

Melihat keuntungan yang menjanjikan, pastinya Anda selaku pemilik apartemen bisa memilih opsi hotel apartemen untuk investasi selanjutnya.

Namun jika Anda belum memiliki unitnya tapi tertarik untuk memulai investasi apartemen, berikut beberapa rekomendasi apartemen hotel yang bisa Anda pilih.

Apartemen Skandinavia Tangcity

Sesuai namanya, apartemen yang berdiri di luas lahan 10 Ha di kawasan Tangcity superblock ini mengusung desain arsitektur scandinavian.

Interior unit apartemen didesain dengan tampilan modern dan dinamis, dengan pola permainan warna klasik seperti hitam, putih dan abu-abu.

Karena masuk dalam kawasan superblock, otomatis hunian telah terintegrasi langsung dengan berbagai fasilitas yang memanjakan seperti pusat perbelanjaan, hiburan, hingga saran edukasi.

Lalu, lokasi Apartemen Skandinavia Tangcity pun berada di area premium karena bersebelahan dengan pusat bisnis serta industri.

Oakwood Premier Cozmo

Berada di kawasan Mega Kuningan yang premium dan jadi salah satu pusat bisnis terbesar di Jakarta, tentunya unit apartemen di sini terbilang potensial.

Jadi jika Anda memiliki satu unit apartemen di Oakwood dan menjadikannya serviced apartment, maka peluang terisinya unit Anda akan sangat besar.

Dan karena menargetkan kelas menengah, fasilitas di dalamnya bisa dibilang memang sudah sekelas hotel dan sangat memanjakan penghuninya.

Untuk unit yang dimiliki, apartemen besutan PT Intermustika Mutiara ini terdiri dari tiga tipe, yakni tipe 1BR, 2BR dan 3BR.

Buat Anda yang tertarik, apartemen dijual di Mega Kuningan ini bisa dibeli mulai dari Rp4 miliar.

Bila dialihkan sebagai bisnis apartemen hotel, sewa per malamnya bisa mencapai Rp1 jutaan.

Bellevue Place

Satu lagi pilihan hotel apartemen di Jakarta Selatan. Bellevue Place bisa menjadi tempat tinggal atau investasi bagi Anda yang mengincar kawasan premium.

Tak hanya terdiri dari serviced apartment, Bellevue Place juga memiliki area komersial bahkan terhubung langsung dengan Taman Kota Tebet.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berinvestasi di apartemen eksklusif ini?

Puri Casablanca 

Puri Casablanca jadi salah satu apartemen yang banyak diincar, baik untuk dijadikan tempat tinggal ataupun bisnis sewa hotel apartemen.

Apartemen yang terletak di Menteng Dalam, Jakarta Selatan ini dikenal memiliki lokasi yang strategis, salah satunya dekat Kota Kasablanka (800 m).

Bagi yang tertarik untuk beli apartemen dijual di  Jakarta Selatan ini, tersedia tiga pilihan tipe unit seperti tipe studio, 1BR, 2BR dan 3BR, dengan kondisi furnishedsemi furnish, dan unfurnished.

Selain itu, Puri Casablanca mendapatkan predikat apartemen hotel bintang empat karena kelengkapan fasilitas unit, layanan kamar, dan lainnya.

Sedangkan fasilitas sosialnya, di area apartemen tersedia gym centre, spa, kolam renang, restoran, lapangan tenis, conference room dan parkir.

Itu dia informasi mengenai hotel apartemen dan potensinya sebagai investasi.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Investasi Apartemen Studio untuk Pemula dan Untung Ruginya

Author:

Dyah Siwi Tridya

Rekomendasi Properti