OK
logo rumah123
logo rumah123
download-app-hamburgerAdvertise Here
Panduan

Sangat Penting, Jangan Lupakan Hal Ini Ketika Survey Rumah!

Terakhir diperbarui 16 Juli 2024 · 4 min read · by Miyanti Rahman

survey rumah

Foto : whathouse.com

Survey rumah adalah salah satu dari serangkaian proses yang harus dilalui ketika membeli properti. Di sini Anda perlu memperhatikan sejumlah aspek.

Dengan survey rumah, calon pembeli bisa melihat secara jelas kondisi fisik bangunan dan lingkungan sekitar. Sayangnya, ada saja aspek yang sering luput dari perhatian.

Alasan itulah yang melatarbelakangi Rumah123 untuk membahas lebih detail tentang hal apa saja yang wajib diteliti ketika melakukan survey lokasi perumahan. Yuk, simak!

Lokasi Hunian

tebus rumah

Lokasi memegang peran penting untuk kenyamanan tinggal. Jadi ini adalah aspek pertama yang wajib diperhatikan ketika survey rumah yang ingin dibeli.

Perhatikan di mana dan bagaimana lokasi hunian yang dipilih. Anda juga perlu mempertimbangkan akses menuju rumah tersebut, apakah mudah atau sulit dijangkau.

Pastikan ada sarana transportasi umum yang memadai untuk mempermudah perjalanan dari atau menuju rumah. Apalagi kalau Anda pengguna moda transportasi publik.

Lokasi bukan hanya mempengaruhi aktivitas sehari-hari, di samping itu menentukan potensi investasi. Maka dari itu, semakin strategis posisi rumah, semakin tinggi nilainya.

Selain akses, Anda juga harus melihat kelengkapan fasilitas publik sekitar. Contohnya seperti rumah sakit, sekolah, perguruan tinggi, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Pertimbangkan juga jarak hunian menuju tempat penting misalnya kantor atau sekolah. Seharusnya, tempat tinggal ideal tak menimbulkan masalah baru dalam hal mobilitas.

Kondisi Fisik Bangunan

Kondisi Fisik Bangunan

Foto: housebeautiful.com

Memperhatikan kondisi fisik bangunan merupakan langkah penting dalam proses survey rumah. Hal ini berlaku baik untuk pembelian rumah bekas maupun baru.

Mengecek kondisi fisik bangunan berguna untuk memastikan bahwa rumah tersebut layak huni. Tidak memiliki masalah struktural serius yang bisa membahayakan keselamatan.

Struktur bangunan yang harus diperiksa antara lain fondasi, dinding, atap, dan rangka. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas material bangunannya.

Mengetahui kondisi fisik bangunan secara akurat juga bisa membantu Anda dalam menentukan harga yang wajar untuk rumah tersebut kalau suatu saat ingin menjualnya.

Legalitas Bangunan

Legalitas Bangunan

Foto: alphahousing.vn

Legalitas bangunan memberikan kepastian hukum dan hak milik. Oleh sebab itu, dia memiliki peran penting dalam berbagai aspek, baik bagi pemilik, masyarakat sekitar, atau pemerintah.

Jangan sampai Anda memilih rumah yang dibangun di atas lahan ilegal. Dari segi harga mungkin lebih terjangkau, tetapi akan melahirkan masalah baru ke depannya.

Saat survey rumah, pastikan bangunan mengantongi dokumen berikut.

  • Legalitas bangunan, seperti Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau Sertifikat Laik Fungsi (SLF).
  • Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).
  • Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai tanda bahwa pemilik taat pajak dan melunasi kewajibannya kepada pemerintah.

Lingkungan Perumahan

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Properti Pilihan untukmu","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/perumahan-baru\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=perumahanbaru&utm_term=pdp","custom_desc":"Daftar pilihan rumah dan apartemen yang wajib dilirik","custom_cta":"Cek Sekarang","custom_background":"https:\/\/events.rumah123.com\/wp-content\/uploads\/sites\/38\/2022\/09\/31222225\/CIMB-Niaga.jpg, https:\/\/events.rumah123.com\/wp-content\/uploads\/sites\/38\/2022\/09\/31222225\/CIMB-Niaga.jpg","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Berikut beberapa hal yang wajib dipertimbangkan saat survei lingkungan perumahan.

  • Pastikan lingkungan perumahan aman dan terjamin. Bila perlu, cari tahu tingkat kriminalitas di daerah tersebut.
  • Apakah ada sistem keamanan seperti pos satpam atau kamera pengintai? Lalu bagaimana pencahayaan jalan di malam hari?
  • Pertimbangkan fasilitas yang tersedia di sekitar perumahan, seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, taman bermain, dan tempat ibadah.
  • Pilihlah lingkungan perumahan yang bersih dan terawat. Perhatikan juga kondisi taman, jalan, dan saluran air.
  • Sebaiknya memilih lingkungan perumahan yang sesuai dengan gaya hidup. Contohnya, jika Anda memiliki anak kecil, maka carilah perumahan yang ramah anak dengan banyak taman bermain dan fasilitas pendidikan.
  • Cari tahu tentang komunitas di perumahan tersebut. Apakah komunitasnya ramah dan suportif?

Ketika mencari tahu tentang lingkungan perumahan, sebaiknya kunjungi perumahan tersebut secara langsung pada waktu yang berbeda, seperti pagi, siang, sore, dan malam hari.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran jelas tentang lingkungannya.

Baca juga:

Ingin Membeli Rumah Bekas? Perhatikan Beberapa Tips Berikut Ini! 

Fasilitas

Jika Anda mengincar hunian di sebuah perumahan atau bahkan real estate, ada baiknya juga mencari tahu tentang fasilitas yang tersedia.

Sudah menjadi hal yang lumrah jika perumahan saat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, dan ini juga bisa menjadi hal yang bisa dipertimbangkan.

Fasilitas turut menunjang kenyamanan Anda ketika menempati rumah baru, oleh sebab itu jangan lupa untuk mencari tahu tentang fasilitas yang ada ya!

Jangan Sungkan Bertanya!

Rumah merupakan sesuatu yang penting dan pastinya tidak murah. Oleh karena itu, lakukanlah survey dengan benar dan pastikan Anda mendapatkan informasi yang diperlukan.

Jangan sungkan untuk bertanya pada penjual mengenai kondisi rumah, dan hal-hal yang berkaitan dengan hunian yang hendak Anda beli.

Jika perlu tanyakan juga kondisi lingkungan dan apa saja yang perlu diperhatikan ketika tinggal di lingkungan tersebut. Tak lupa, negosiasi dengan penjual rumah juga sangat penting.

Jangan sungkan untuk menggali info sebanyak-banyaknya. Demikian informasi lengap tentang survei rumah ini, semoga ilmunya bermanfaat!

Chatbot Rumah123

Simulasi KPR

Hitung pembiayaan kredit rumah dengan bunga KPR terbaik di Rumah123

Rp
%
Rp
Angsuran/bulan mulai dari
Tahun ke-1
Bunga 3.25%
Rp. 1.361.270
Tahun ke-2 dan seterusnya
Estimasi Bunga 12%
Rp. 2.580.294

Simulasi KPR Syariah

Hitung pembiayaan KPR syariah dengan rekomendasi bank terbaik di Rumah123

Rp
%
Rp
Angsuran/bulan mulai dari
Tahun ke 1 dan seterusnya
Margin 3%
Rp. 20.326.488

Bunga KPR Terbaru

Beli properti impian dengan memilih produk KPR terbaik di Rumah123

Bank BRI
Bank BRI
Suku bunga mulai dari3.25%
Tenor Max.20 Tahun
Bank DKI
Bank DKI
Suku bunga mulai dari3.97%
Tenor Max.25 Tahun
BFI Finance
BFI Finance
Suku bunga mulai dari7.92%
Tenor Max.15 Tahun