Sangat Penting, Jangan Lupakan Hal Ini Ketika Survey Rumah!

survey rumah

Foto : whathouse.com

 

Membeli sebuah hunian merupakan hal yang terbilang agak tricky. Menemukan hunian yang tepat dan nyaman untuk ditempati tentu harus melalui serangkaian proses, termasuk survey rumah.

 

Survey merupakan langkah yang wajib dilakukan sebelum membeli rumah. Dengan melakukan survey rumah, tentu Anda selaku calon pembeli dapat melihat secara nyata dan jelas bagaimana kondisi fisik hunian.

 

Namun terkadang masih banyak yang melakukan kesalahan atau melupakan berbagai hal penting saat melakukan survey rumah.

 

Untuk itu artikel ini akan membahas lebih detail mengenai apa saja yang wajib diperhatikan ketika melakukan survey hunian.

 

Lokasi Hunian

Salah satu hal penting yang wajib diperhatikan ketika melakukan survey adalah mengetahui secara persis seperti apa lokasi dari hunian yang Anda incar. 

 

Lokasi memegang peranan yang penting untuk kenyamanan tinggal, selain itu Anda juga harus mempertimbangkan akses menuju hunian yang Anda incar.

 

Akses jelas memegang peranan penting, pastikan akses yang dimiliki mudah, dan perjalanan menuju rumah dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum yang memadai. 

 

Strategisnya lokasi juga dapat memengaruhi harga hunian dan potensi investasi. Oleh karena itu, semakin strategis lokasi, maka harga hunian semakin tinggi.

 

Lokasi yang strategis juga memudahkan Anda dalam mengunjungi berbagai destinasi penting misalnya saja rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan dan lain-lain. 

 

Pertimbangkan juga jarak hunian menuju tempat penting misalnya kantor atau sekolah, pastikan jarak tidak akan menimbulkan permasalahan baru jika Anda menempati rumah baru. Pastikan mobilitas Anda tidak terhambat karena masalah lokasi.

 

Kondisi Fisik Bangunan

Kondisi Fisik Bangunan

Foto : housebeautiful.com

 

Penting untuk memeriksa sendiri seperti apa kondisi fisik hunian yang hendak Anda beli. Pastikan hunian layak dihuni, namun jika perlu dilakukan sedikit renovasi pastikan hal itu tidak akan membuat Anda kewalahan.

 

Tapi, lebih baik memilih hunian dengan kondisi baik dan siap huni, oleh sebab itu pastikan Anda melakukan survey rumah secara menyeluruh sehingga tidak ada yang terlewat.

 

Legalitas Bangunan

Legalitas Bangunan

Foto : alphahousing.vn

 

Hal lain yang sangat penting sebelum membeli rumah adalah memastikan Anda tidak ditipu oleh penjual maupun pengembang. 

 

Pastikan hunian yang hendak Anda beli tidak memiliki masalah soal legalitas dan memiliki surat serta dokumen yang sah.

 

Jangan sampai pengembang juga membangun di atas lahan yang ilegal, karena ini juga akan membawa masalah baru. Jika Anda ragu, ada baiknya berkonsultasi pada ahli atau jasa profesional di bidang ini.

 

Lingkungan Perumahan

Lingkungan perumahan juga hal yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli rumah. Pastikan lingkungan sekitar perumahan juga nyaman dan sehat, dalam artian tidak ada hal yang dapat mengganggu kenyamanan Anda.

 

Misalnya saja dari segi keamanan, pastikan rumah yang hendak dibeli berada di lokasi yang aman dari potensi tindak kriminal. Lalu pastikan juga rumah Anda jauh dari pabrik atau hal-hal yang dapat menimbulkan polusi, sampah dan bising.

 

Hal ini sangat penting, mengingat kualitas hidup juga dapat dipengaruhi oleh hal-hal di atas.

 

Baca juga:

Ingin Membeli Rumah Bekas? Perhatikan Beberapa Tips Berikut Ini! 

 

Fasilitas

Jika Anda mengincar hunian di sebuah perumahan atau bahkan real estate, ada baiknya juga mencari tahu tentang fasilitas yang tersedia. 

 

Sudah menjadi hal yang lumrah jika perumahan saat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, dan ini juga bisa menjadi hal yang bisa dipertimbangkan.

 

Fasilitas turut menunjang kenyamanan Anda ketika menempati rumah baru, oleh sebab itu jangan lupa untuk mencari tahu tentang fasilitas yang ada ya!

 

Jangan Sungkan Bertanya!

Rumah merupakan sesuatu yang penting dan pastinya tidak murah, untuk itu lakukanlah survey dengan benar dan pastikan Anda mendapatkan informasi yang diperlukan.

 

Jangan sungkan untuk bertanya pada penjual mengenai kondisi rumah, dan hal-hal yang berkaitan dengan hunian yang hendak Anda beli. 

 

Jika perlu tanyakan juga kondisi lingkungan dan apa saja yang perlu diperhatikan ketika tinggal di lingkungan tersebut. Tak lupa, negosiasi dengan penjual rumah juga sangat penting. Jangan sungkan untuk menggali info sebanyak-banyaknya.

 

Bagi Anda yang sedang mencari hunian, ada beragam pilihan yang tersedia di Rumah123 dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Contoh menariknya antara lain Arkatama Townhouse, Grand Dahlia Cluster Depok dan masih banyak lagi.

 

Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Author :
Citra Purnamasari

Tambahkan Komentar