Tips Membuat Kamar Tamu yang Nyaman dan Mengesankan

Kamar Tamu

?Foto : onekingslane.com

 

Kamar tidur menjadi sebuah ruangan yang penting dan sudah pasti ada di setiap hunian. Tapi, tak hanya kamar tidur penghuni yang harus diperhatikan kenyamanannya, kamar tamu pun haruslah bersih dan tertata.

 

Meski bukan ruangan ‘primer’ namun kehadiran kamar tamu juga penting jika Anda sering menerima kunjungan dari saudara atau sahabat ke rumah. Apalagi jika masih ada space lebih dalam hunian, tidak ada salahnya kok untuk merancang kamar tamu.

 

Meski akan jarang ditempati, tapi bukan berarti kamar tamu ditata secara asal-asalan. Perlu diingat, kita pun harus bisa membuat para tamu terkesan dan pastinya merasa nyaman.

 

Berikut, beberapa tips menciptakan kamar tamu yang nyaman dan bisa bikin tamu-tamu Anda terkesan begitu memasuki ruangan!

Gunakan Queen atau King Size Bed

Gunakan Queen atau King Size Bed

Foto : livingetc.com

 

Fungsi utama sebuah kamar sudah pasti adalah untuk beristirahat. Oleh sebab itu pemilihan ukuran kasur yang tepat dan nyaman menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

 

Queen atau King Size bed adalah yang paling ideal. Selain itu kita tak tahu kan siapa saja dan berapa orang yang akan datang menginap?! 

 

Sebaiknya sediakan ukuran ranjang yang bisa digunakan oleh lebih dari satu orang.

 

Dan jangan hanya memikirkan ukuran, pastikan Anda pun memilih ranjang yang berkualitas baik agar tidur lebih pulas dan tamu akan merasa betah menginap di rumah Anda.

Sprei, Bantal dan Selimut yang Tepat

Sprei, Bantal dan Selimut yang TepatFoto : housebeautiful.com

 

Tidak hanya kualitas kasur, tapi sprei, bantal selimut dan elemen pendukung lain di tempat tidur juga harus diperhatikan.

 

Tak perlu mahal, yang penting sarung bantal, selimut, dan sprei selalu dalam keadaan bersih. Terutama jika kedatangan tamu, lebih baik semuanya diganti dengan yang baru dicuci.

 

Jangan lupa, pilih motif sprei, bed cover, sarung bantal, atau quilt cover yang senada sehingga memberikan sentuhan estetis pada kamar tamu. 

 

Berani berkreasi dengan warna pada tempat tidur bisa membuat suasana kamar jadi lebih segar lho.

Ventilasi dan Pencahayaan

Ventilasi dan PencahayaanFoto : foyr.com

 

Ventilasi yang memadai dan pencahayaan alami jelas dapat membuat kamar tamu tak hanya nampak cantik namun juga nyaman dan sehat.

 

Pastikan kamar tamu memiliki jendela yang cukup besar untuk memperlancar sirkulasi udara. Kehadiran jendela juga bisa membuat ruangan tampak lebih terang dan lapang.

 

Jangan lupa juga pasang lampu, baik lampu utama dan lampu tambahan alias lampu tidur. Pencahayaan yang juga optimal pastinya membuat siapapun yang datang menginap akan merasa lebih betah.

Berkreasi dengan Konsep

Berkreasi dengan KonsepFoto : architecturaldigest.com

 

Jika Anda memiliki kreativitas tinggi dan suka dengan berbagai desain yang unik dan estetis, maka tak ada salahnya untuk menerapkan ‘ide jenius’ yang Anda punya pada kamar tamu.

 

Bermain dengan berbagai konsep dapat membuat kamar tamu jadi terlihat spesial dan berkesan. Permainan warna pada tempat tidur, dinding, hingga menambahkan berbagai elemen dekoratif yang mencerminkan kepribadian Anda pun tentu tak masalah.

 

Jika konsep dan eksekusinya berjalan dengan baik, pastinya setiap tamu yang datang menginap akan meninggalkan kesan baik bahkan kagum dengan kreatifitas Anda.

 

Tapi ingat, jangan sampai kreatifitas Anda justru malah menghilangkan fungsi kamar tamu sebagai tempat istirahat. Pastikan kenyamanan adalah yang utama.

Tambahkan Elemen Pendukung

 

Jika semuanya dirasa sudah lengkap dan kamar tamu terlihat presentable dan nyaman, maka Anda juga bisa menambahkan berbagai elemen pendukung untuk melengkapi fungsi dari ruangan ini.

 

Misalnya, pasang room spray atau reed diffuser dengan aroma yang menenangkan dan sekiranya bisa diterima oleh banyak orang. Aroma lavender, sandalwood, atau cotton bisa menjadi pengharum ruangan yang pas untuk kamar tidur.

 

Selain wewangian, sertakan pula cermin, meja nakas atau meja rias untuk memudahkan tamu ketika berpakaian dan bersiap-siap.

 

Jika kamar tamu terhubung dengan kamar mandi, Anda pun bisa menyediakan handuk, sabun, shampoo dan berbagai barang-barang pendukung lainnya.

 

 

Membuat kamar tamu memang membutuhkan perencanaan cukup matang. Apalagi jika Anda harus melakukan renovasi pada hunian, pastinya akan jauh lebih repot.

 

Tapi, ada juga kok beberapa rekomendasi perumahan yang menyediakan kamar cukup banyak sehingga Anda tak perlu repot membuat kamar tamu dari nol. 

 

Misalnya Sutera Victoria Tahap 3 dengan 4+1 kamar tidur, Imajihaus BSD City dengan 4 kamar tidur, serta Summarecon Bogor dengan 5 kamar tidur.

 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

 

 

Author :

Citra Purnamasari