Tips Menciptakan Dapur Kering Minimalis Super Stylish

Dapur Kering Minimalis

?Foto : houzz.co.uk

 

Tak bisa dipungkiri, dapur merupakan salah satu bagian dalam hunian yang juga membutuhkan perhatian ekstra agar senantiasa nampak cantik dan menawan.

 

Namun, banyak juga yang beranggapan bahwa area rumah satu ini termasuk sulit untuk di dekorasi secantik mungkin, karena fungsinya yang sebagai tempat mengolah makanan. 

 

Bayangkan, kegiatan mengolah daging merah, memasak makanan laut, mengupas bahan bumbu halus, tentu membuat dapur rentan kotor dan bau hingga tampilannya jadi tidak cantik lagi.

 

Karena itu saat ini banyak juga yang menciptakan dua dapur dengan fungsi berbeda, yakni dapur basah dan kering.

 

Namun apa itu dapur basah dan dapur kering? Dapur basah adalah area untuk mengolah makanan mentah seperti daging merah, seafood, sayur-mayur, dan lain-lain.

 

Kegiatan memasak yang ‘sebenarnya’ terjadi di dapur ini, dan biasanya hidangan yang dibuat juga tergolong sebagai hidangan berat.

 

Sedangkan dapur kering adalah area dapur yang biasanya ditujukan untuk menyiapkan hidangan cepat saji, kegiatannya pun lebih ringkas dan dapat menjadi tempat kumpul keluarga.

 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki dua dapur? Berikut beberapa tips menciptakan dapur kering minimalis yang stylish dan fungsional di rumah.

Pastikan Areanya Memungkinkan

 

Langkah awal membangun dapur kering minimalis adalah dengan memastikan rumah Anda memiliki ruang yang cukup.

 

Sebenarnya dapur kering minimalis tak perlu terlalu luas, asal cukup untuk kegiatan menyiapkan hidangan sederhana dan jadi tempat berkumpul keluarga.

 

Rumah dengan ukuran yang cukup luas seperti Sutera Victoria biasanya lebih memungkinkan untuk dibangun dapur kering tambahan.

 

Apalagi dapur di Sutera Victoria sudah dilengkapi dengan kitchen set, sehingga memudahkan proses penataan dan juga mengolah makanan.

Penempatan Area Kerja yang Sesuai

 

Meski penataan dapur kering minimalis tidak sekompleks dapur basah, namun Anda tetap harus memperhatikan layout area yang sesuai.

 

Penempatan kulkas atau kabinet untuk bahan masakan, alat masak, tempat penyimpanan piring dan gelas, hingga meja untuk menyantap hidangan perlu diperhatikan tata letaknya.

 

Sehingga tak hanya membuat kegiatan Anda jadi lebih nyaman dan ringkas, namun juga membuat tampilan dapur kering minimalis nampak menawan dan tentunya rapi.

 

Baca juga:

Ulasan Lengkap Rumah Dapur Terbuka dan Beberapa Inspirasinya

Pemilihan Perabotan

Pemilihan Perabotan

Foto : flippingheck.com

 

Jangan lupa, memilih perabotan yang sesuai juga jadi hal penting dalam menata dapur kering minimalis.

 

Ukuran, jumlah perabotan, material, dan hal-hal teknis lain penting untuk diperhatikan agar memaksimalkan tampilan dapur.

 

Kesan minimalis juga bisa didapat dari pemilihan bentuk perabotan dan warna. Anda bisa berkreasi sesuai dengan keinginan, namun jangan keluar dari koridor desain minimalis ya.

Ganti Meja Makan dengan Mini Bar

Ganti Meja Makan dengan Mini Bar

Foto : advicesacademy.com

 

Salah satu fungsi dari dapur kering adalah sebagai tempat berkumpul keluarga alih-alih di ruang tengah. 

 

Maka itu, dibutuhkan meja makan untuk menampung anggota keluarga ketika santap bersama. 

 

Namun kehadiran meja makan biasanya sudah tersedia di ruang makan terpisah, karena sifatnya yang lebih resmi.

 

Jadi apakah di dapur kering tetap membutuhkan meja makan? Tidak juga, jika dapur kering minimalis Anda tidak begitu luas, maka desain dapur dengan mini bar bisa jadi pilihan.

 

Dapur dengan mini bar merupakan pengganti meja makan yang lebih kompak dan sederhana. Selain itu, mini bar juga sangat sesuai jika dikombinasikan dengan konsep desain minimalis.

 

Tak perlu ruang yang besar, kehadiran mini bar sudah cukup untuk menjadi area berkumpul casual untuk keluarga dan kerabat.

 

Tidak hanya menjadi tempat berkumpul, mini bar juga bisa mengubah tampilan dapur kering minimalis jadi lebih estetis dan cantik.

 

Tamu yang datang ke rumah juga akan terpesona dengan tampilan dapur kering Anda.

Pilih Elemen Dekoratif yang Tepat

 Pilih Elemen Dekoratif yang Tepat?

Foto : architecturaldigest.com

 

Peran dekorasi pada dapur kering minimalis juga tidak kalah penting. 

 

Pilihlah dekorasi yang mendukung konsep dapur secara keseluruhan. Tidak perlu terlalu kaku, asal Anda bisa memadukannya dengan tepat dari jenis material, warna, tekstur, dan lain-lain.

 

Jika dapur kering didominasi dengan warna netral seperti putih, Anda bisa menggunakan dekorasi dengan warna yang sedikit mencolok namun tidak terlalu jauh dari tone warna dominannya.

 

Namun jika benar-benar bingung, maka tanaman hias berwarna hijau jelas bisa menjadi opsi aman. Kehadiran tanaman hias dapat membuat dapur kering minimalis jadi lebih hidup dan segar.

 

Itulah beberapa tips menciptakan dapur kering minimalis super stylish yang bisa Anda coba.

 

Semoga membantu.

 

Baca juga:

Desain Dapur Terbuka dengan Taman | Masak Jadi Lebih Menyenangkan

 

 

Author :

Citra Purnamasari