Denah Rumah 4 Kamar Tinggal Nyaman dengan Keluarga Besar

Rumah 4 Kamar

Foto: floorplans

 

Rumah 4 kamar memang identik dengan hunian berukuran besar dan sering kali banyak diincar oleh orang dengan keluarga besar.  

 

Selain mencukupi kebutuhan privasi dan kenyamanan masing-masing anggota keluarga, tak jarang juga kamar dengan jumlah lebih dimanfaatkan sesuai kebutuhan misalnya sebagai gudang atau ruang

serbaguna.

 

Namun, tidak semua rumah dengan 4 kamar memiliki layout yang sesuai dengan keinginan. Misalnya saja, Anda ingin hunian yang semua kamarnya berada di lantai dua, atau sebaliknya.

 

Maka dari itu, kami berikan beberapa contoh denah rumah dengan desain 4 kamar tidur sekaligus rekomendasi perumahannya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini! 

 

Desain Rumah Mewah 4 Kamar dengan Kolam Renang

Desain Rumah Mewah 4 Kamar dengan Kolam RenangFoto: pinterest

 

Membeli rumah dengan ukuran tanah yang luas memang ada plus minus-nya. Di satu sisi Anda bisa berkreasi dengan membuat kebun, tapi akan repot untuk mengurus dan merawat semua tanaman.

 

Apabila Anda memiliki layout rumah 4 kamar tidur seperti di atas, penambahan kolam renang lengkap dengan patio bisa jadi referensi terbaik. 

 

Selain dapat memanfaatkan lahan secara maksimal, Anda juga bisa mendapatkan hiburan terbaik selama di rumah. 

 

Tidak hanya kolam renang, Anda juga dapat membuat area hiburan lain seperti ruang home theater berkapasitas 8 orang. 

 

Denah rumah mewah di atas beserta fasilitasnya bisa Anda temukan di beberapa rumah dijual di Jakarta, seperti perumahan mewah Toba Lake Villa dan 1 Park Homes di Jakarta.

Rumah 2 Lantai 4 Kamar Tidur 

Rumah 2 Lantai 4 Kamar Tidur

Foto: pinterest

 

Model rumah dua lantai jadi opsi tepat buat Anda yang memiliki lahan terbatas.

 

Meskipun luas tanah yang tidak terlalu luas, namun untuk ukuran rumah dengan 4 kamar atau lebih, rata-rata luas bangunanya bisa mencapai 98 m2 sampai 180 m2.

 

Anda bisa membeli hunian model rumah 4 kamar dua lantai ini di Kraton Residence atau Synthesis Homes.

 

Luas bangunan tersebut cukup ideal, selain ketersediaan ruang yang banyak, ukuran setiap area pun terbilang sangat lega dan mudah dibagi-bagi.

 

Jika Anda tipe orang yang lebih menyukai semua aktivitas santai dan peristirahatan dalam satu area, maka contoh denah di atas dapat Anda tiru.

 

Terlihat jelas pada denah, yang mana semua kamar tidur diletakkan di lantai dua dengan dua kamar mandi.

 

Sedangkan di lantai pertama, khusus digunakan sebagai area aktif seperti memasak, menyambut tamu, hingga bercengkrama bersama keluarga.

 

Menariknya dari denah ini, ketika kita masuk ke dalam rumah Anda akan dibawa untuk melihat isi keseluruhan ruangan. Mulai dari area entertainment, kamar tamu sampai akhirnya area open plan yang menyatukan ruang tamu, ruang makan hingga dapur.

Rumah 4 Kamar Tidur Satu Lantai dengan Mushola 

Rumah 4 Kamar Tidur Satu Lantai dengan Mushola

?Foto: pinterest

 

Masih dengan model rumah dua lantai, hanya saja bentuk hunian ini dibuat lebih memanjang.

 

Banyaknya rumah yang dibuat memanjang tentu saja menjadi salah satu trik dalam mengatasi rumah di lahan terbatas. Bahkan Anda bisa membuat model rumah tersebut di dalam gang atau kawasan padat.

 

Sama seperti rumah empat kamar pada umumnya, hunian ini juga membagi ruangan berdasarkan level.

 

Pada lantai kedua semua kegiatan services seperti laundry serta teras untuk menjemur dilakukan di area ini.

 

Begitu juga dengan tiga kamar tidur anak yang semuanya berada pada lantai yang sama, tak lupa juga penambahan ruang keluarga bisa jadi area berkumpul dan bermain anak.

 

Sementara untuk kamar tidur utama difokuskan pada lantai pertama, bersamaan dengan ruangan lainnya termasuk musala yang ada di samping ruang tamu.

 

Khusus pada denah rumah dengan mushola di dalam dibuat semi outdoor dengan menambahkan patio taman. Selain mendapatkan cahaya lebih banyak, musala jadi terlihat lebih luas.

 

Buat Anda yang tertarik dengan rumah yang memiliki musala baik di dalam maupun di area kawasan, ada pilihan seperti Aulia Pasteur Harmoni dan Cluster Pesona Lembang.

 

Tidak hanya memiliki sarana peribadatan, kedua rumah dijual di Bandung ini juga menawarkan banyak keuntungan dari segi lokasi hingga harga rumah yang terjangkau.

Denah 4 Kamar Tidur dengan Taman sebagai Pemisah

Denah 4 Kamar Tidur dengan Taman sebagai PemisahFoto: maxresdefault

 

Nah, denah rumah 4 kamar terakhir ini bisa Anda jadikan referensi untuk hunian keluarga. Agar desain rumah lebih menarik dan fungsional, Anda bisa membuat banyak ruang terbuka di dalam rumah

 

Seperti contoh denah di atas, terlihat banyak sekali area taman yang dibuat dan ada transisi ruang pemisah antara ruang istirahat dengan area aktivitas.

 

Ya, pemilik rumah membuat dua taman samping rumah dengan menambahkan jendela besar agar perputaran udara jadi lebih lancar serta membuat rumah jadi lebih sehat.

 

Bicara soal jendela besar sebagai ventilasi alami, sudah banyak perumahan menggunakan material ini sebagai focal point, bahkan ada model dinding rumah kaca.

 

Perumahan yang menerapkan banyak jendela pada bangunannya, antara lain ada Serenia Hills hingga perumahan Galuh Mas Karawang

 

Itulah informasi mengenai rumah 4 kamar dan beberapa pilihan hunian terbaiknya yang bisa Anda lirik ketika ingin beli rumah idaman. 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya