Rumah Dinding Kaca : Kelebihan, Kekurangan hingga Inspirasinya

Rumah-dinding-kaca

Foto: idesignarch

 

Jika biasanya desain dan kreasi dinding rumah terbuat dari material batu bata merah, batako, hebel dan kayu, kini Anda bisa menggantinya dengan material kaca.

 

Dengan memilih material tersebut, dinding rumah akan terlihat lebih modern.

 

Tren penggunaan kaca bukan hal baru di dunia arsitektur, bahkan penggunaan kaca jadi material paling tua dalam sejarah industri bangunan.

 

Selain itu dinding kaca juga bisa berperan sebagai fasad bangunan, contohnya seperti perumahan Trevista Park.

 

Tetapi apakah kaca merupakan bahan yang bagus untuk hunian? Apakah ada keuntungan dan kerugian menggunakan kaca sebagai dinding rumah?

 

Untuk lebih jelasnya, simak keuntungan hingga inspirasi desain hunian dinding kaca di bawah ini!

Keuntungan Memiliki Rumah Dinding Kaca

Mempercantik Tampilan Rumah

Mempercantik Tampilan Rumah

Foto: archello

 

Rumah modern akhir-akhir ini cukup menyita perhatian dengan berbagai konsep dan desain yang diterapkan termasuk penggunaan kaca.

 

Memasang material kaca sebagai dinding baik untuk eksterior maupun interior akan membuat rumah terlihat cantik.

 

Selain itu material ini bisa dipadupadankan dengan desain arsitektur apapun.

Cahaya Alami Lebih Hemat Energi

Cahaya Alami Lebih Hemat Energi

Foto: unsplash

 

Salah satu sifat terbaik kaca adalah transparansinya. Dengan dinding kaca, cahaya alami dapat dengan mudah masuk ke dalam hunian, sehingga membuat ruangan lebih terang, terasa lebih lapang dan sehat.

 

Pencahayaan alami tidak hanya menciptakan rumah sehat, tetapi juga bisa menghemat pemakaian listrik seperti lampu dan AC lebih dari 50%.

 

Rumah hemat energi memang jadi favorit saat ini. Sudah ada beberapa perumahan yang mengembangkan konsep hunian ramah lingkungan dan saving energy,  salah satunya Botanical Puri Asri.

Cocok dengan Desain Arsitektur Apapun

Cocok dengan Desain Arsitektur Apapun

Foto: dwell

 

Mau desain tradisional, Skandinavia atau yang lainnya, rumah dinding kaca akan cocok dengan gaya apa pun.

 

Selain itu dinding kaca juga bisa jadi media dekoratif.

 

Seperti halnya di kawasan perumahan The Sanctuary Collection yang hadir dengan gaya tropis dibalut desain dinding kaca penuh di setiap sisinya.

 

Hunian ini juga hadir dengan fitur eco living serta inovasi smart living, yang menunjang gaya hidup praktis dan modern.

 

Semua keunggulan di atas tentunya bisa Anda nikmati dengan membeli rumah dijual di Bogor ini.

Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

 

Banyak orang beranggapan bahwa hunian dinding kaca memiliki masalah seperti mudah berkarat dan rentan terhadap perubahan cuaca.

 

Padahal sebaliknya, sifat kaca yang kokoh bisa melindungi hunian dengan maksimal, selama Anda memilih jenis kaca yang sesuai untuk dinding.

 

Salah satu kaca yang sering dipakai untuk dinding dan fasad rumah adalah kaca tempered yang memiliki keunggulan tahan terhadap angin, tekanan air, benturan dan perubahan temperatur yang tinggi.

Kekurangan Rumah Dinding Kaca

Kurangi Privasi

Kurangi Privasi

Foto: de51gn

 

Kelemahan rumah dinding kaca adalah kurangnya privasi. Jelas, sifat kaca yang transparan tidak memungkinkan banyak privasi. 

 

Meskipun dinding kaca sangat menawan di malam hari karena pantulan cahaya lampu yang menghasilkan tampilan menarik dari luar rumah, di sisi lain orang di luar tentu bisa melihat semua aktivitas Anda.

 

Namun, masalah ini dapat dihindari dengan memilih jenis kaca buram atau pemasangan gorden. 

Mudah Retak dan Tidak Tahan Gempa 

Mudah Retak dan Tidak Tahan Gempa

Foto: maxkoh

 

Kaca juga lebih rapuh dibanding material lain, sehingga rentan terhadap kerusakan akibat benturan atau pergerakan tanah, seperti gempa. 

 

Untuk alasan ini, kaca tidak boleh digunakan dalam jumlah besar di zona gempa meskipun Anda sudah menggunakan double tempered glass.

Material Kaca Menyerap Panas

 

Kaca menyerap panas dan mengakibatkan suhu di dalam ruangan ikut naik. 

 

Selain itu suhu panas yang tertahan di dalam ruangan akan menimbulkan efek rumah kaca. Oleh karena itu dinding rumah kaca tidak cocok untuk negara beriklim tropis.

 

Bila Anda tetap ingin memasang partisi kaca, saat ini sudah ada jenis kaca reflective glass yang mampu memantulkan energi panas matahari.

 

Anda juga bisa tambahkan shading atau secondary skin seperti kisi-kisi kayu di depan fasad kaca. Tujuannya untuk melindungi ruangan dari panasnya sinar matahari.

Inspirasi Desain Rumah dengan Sekat Kaca

 

Jika Anda ingin mencoba mengganti dinding dengan material kaca, ada baiknya simak dulu ragam inspirasi desain menarik di bawah ini!

Fasad Rumah dengan Dinding Kaca Struktur

 

Apabila Anda menyukai tampilan eksterior rumah yang beda dan unik terutama, maka dinding fasad bisa Anda ubah seperti gambar di atas.

 

Mengulik kreasi apik dari Optical Glass House karya Hiroshi Nakamura & NAP, hunian yang diapit perkantoran ini memiliki fasad dengan material blok kaca dengan lebar 50 mm.

 

Penyusunan blok kaca seperti batu bata ini mampu mengurangi teriknya cahaya dan meminimalisir penggunaan jendela.

 

Saat sinar matahari menerpa fasad, orang-orang dari luar akan bisa melihat interior di dalamnya. Karena itu sang arsitek menempatkan dua pohon rimbun sebagai pembatas.

 

Dalam pembuatan fasad kaca struktur dengan tingkat transparansi yang rendah, arsitek menggunakan material borosilikat - bahan yang digunakan untuk membuat kaca optik.

 

Pembuatan rumah dinding kaca di atas memang cukup memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

 

Jika Anda tetap menginginkan rumah dengan dinding kaca di segala sisi, ada salah satu pilihan rumah dijual di Tangerang yang menarik untuk dipertimbangkan, yakni Cluster Lyndon Navapark

 

Cluster Lyndon merupakan hunian super premium di kawasan Navapark BSD City yang memiliki desain tropis modern dengan dinding kaca eksterior yang elegan.

Panel Dinding Kaca untuk Kamar Mandi

Panel Dinding Kaca untuk Kamar Mandi-1

Foto: architecturaldigest

 

Untuk menghadirkan kesan rumah modern, Anda tidak perlu mengganti semua dinding rumah menjadi kaca. Cukup pasang di tempat yang diinginkan, misalnya saja kamar mandi. 

 

Jenis kaca yang dipilih adalah panel dinding kaca shower tanpa bingkai dan hasilnya akan memberikan area  kamar mandi yang luas dan mewah.

 

Apabila Anda tidak terlalu suka dengan transparansi dari kaca, Anda bisa mengganti dinding panel kaca dengan struktur buram seperti gambar di bawah ini.

Dinding Rumah Kaca Geser

Dinding Rumah Kaca Geser

Foto: thearchitecturedesigns.

 

Pemasangan dinding kaca geser ternyata memiliki manfaat lebih, lho!

 

Pertama, tipe kaca ini bisa menghilangkan batas antara area dalam dan luar, sehingga memberikan kesan lapang.

 

Lalu rumah dinding kaca ini juga mampu memberi tampilan menarik serta membuat rumah lebih sehat karena bukaan yang lebar.

 

Hanya saja untuk memasang dinding kaca dengan metode geser harus memperhatikan bantalan rel yang sering bermasalah jika terkena cipratan air.

 

Agar tahan lama, sebaiknya lakukan pembersihan seminggu satu kali dengan memberikan cairan pelumas khusus.

Desain Partisi Kaca untuk Garasi

Desain partisi Kaca untuk Garasi

Foto: artchitecturebeast

 

Tidak melulu soal pemandangan alam, dinding kaca eksterior bisa digunakan agar Anda bisa menikmati pemandangan unik di sekitar hunian.

 

Seperti halnya rumah di Hong Kong yang dirancang oleh Millimeter Interior Design di atas. Desain partisi kaca eksteriornya menampilkan supercar yang diparkir di garasi. 

Desain Rumah Dinding Kaca Melengkung

Desain Rumah Dinding Kaca Melengkung

Foto: artchitecturebeast

 

Hunian ini merupakan karya dari arsitek studio 123DV yang berhasil mendesain rumah bundar dan membungkusnya dengan dinding kaca melengkung.

 

Tidak hanya mewujudkan keinginan pemiliknya, tapi sang arsitek juga mampu memperluas ruang secara visual hampir 360 derajat dan menciptakan hunian yang menyatu dengan halaman belakang.

 

 

Itu dia Informasi seputar rumah dinding kaca yang bisa Anda jadikan referensi saat ingin membeli maupun membangun hunian nantinya.

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya