Biaya Furnish Apartemen, Begini Langkah Perhitungannya

Biaya Furnish Apartemen

?Foto: medium.com

 

Bosan dengan tampilan apartemen yang Anda tempati saat ini? Salah satu solusi untuk menciptakan suasana baru pada tempat tinggal adalah mendekorasi ulang, begitu juga dengan apartemen dijual.

 

Meski ada opsi semi furnished dan full furnished, namun tak bisa dipungkiri terkadang kita merasa bosan dan ingin mendekor ruangan sesuai dengan gaya kita sendiri.

 

Namun sebelum mendekor ulang apartemen, kita wajib mengetahui persiapan apa saja yang perlu dilakukan, salah satunya adalah menghitung biaya furnish apartemen.

 

Mengapa menentukan biaya furnish apartemen begitu penting? Artikel ini akan memberikan ulasan dan tipsnya, agar proses mendekor ulang tempat tinggal jadi lebih mudah.

Pentingnya Menghitung Biaya Furnish Apartemen

Memperkirakan Biaya Total

 

Salah satu alasan mengapa menghitung biaya furnish apartemen begitu penting, ialah karena Anda bisa mendapatkan gambaran berapa total biaya renovasi secara keseluruhan.

 

Dengan begitu, Anda jadi bisa lebih mudah mempersiapkan biaya untuk mendekor ulang apartemen. 

Membantu Ketika Proses Pengerjaan

 

Selain mempermudah ketika akan menyiapkan biaya renovasi, menghitung biaya furnish apartemen juga akan membantu ketika proses renovasi tengah berjalan.

 

Misalnya ketika apartemen sedang di furnish, tiba-tiba Anda kebingungan karena ada sejumlah uang keluar yang tidak jelas alokasinya.

 

Anda bisa melacak dana tersebut dengan lebih mudah karena sudah ada perhitungan lebih awal.

Menghindari “Kecolongan”

 

Mirip dengan poin sebelumnya, fungsi lain dari perhitungan biaya furnish adalah menghindarkan risiko tertipu atau kekeliruan dalam melakukan pembayaran.

 

Jika kita sudah menghitung perkiraan biaya furnish sejak awal, setidaknya kita mengetahui gambaran kasar masing-masing biaya, mulai dari harga jasa desain interior, dekorasi, dan lain-lain.

 

Baca juga:

Detail Biaya Tinggal di Apartemen yang Perlu Diperhitungkan

Langkah-Langkah Menghitung Biaya Furnish Apartemen

Langkah-Langkah Ketika Menghitung Biaya Furnish Apartemen

?Foto: architecturaldigest.com

Tentukan Denah atau Layout Renovasi

Tentukan Denah atau Layout RenovasiFoto: cedreo.com

 

Mendekor apalagi sampai merenovasi ulang apartemen bukanlah sebuah langkah yang mudah.

 

Anda harus memahami desain interior dan segala proses yang ada di dalamnya, termasuk membuat layout atau denah.

 

Sebelum mempernis ulang apartemen, tentukan dulu ruangan mana saja yang akan dirombak. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah menghitung pengeluarannya.

Tentukan Apa Saja yang Akan Dirombak

Tentukan Apa Saja yang Akan DirombakFoto: decoist.com

 

Tidak perlu semua bagian apartemen direnovasi ulang. 

 

Anda harus menentukan apakah akan mengganti warna dinding, mengganti lantai, atau plafonnya saja. Lalu, masukkan perkiraan biayanya ke dalam catatan.

 

Penggunaan lantai parket atau mengganti langit-langit dengan gypsum, tentu memerlukan biaya yang tak sedikit. Karena itu, tentukan bagian mana saja dari apartemen yang perlu Anda rombak.

Tentukan Konsep yang Sesuai

 

Konsep interior yang diusung tentu membutuhkan biaya yang berbeda-beda. Semuanya tergantung pada material yang hendak digunakan, serta hal-hal teknis lain yang berbeda di setiap konsepnya.

 

Misalnya Anda menyukai konsep apartemen urban modern seperti Pacific Garden Style, maka setidaknya ketahui elemen apa saja yang dibutuhkan agar tampilan hunian jadi lebih maksimal.

Menggunakan Jasa Desainer Interior

 

Anda mungkin terlalu bingung ketika hendak mempernis apartemen, sehingga sulit untuk menghitung biayanya. Jika iya, jangan ragu untuk menggunakan bantuan profesional.

 

Gunakan jasa desainer interior saat renovasi apartemen. Segala prosesnya akan jadi lebih mudah karena Anda hanya tinggal berdiskusi dengan ahlinya.

 

Biasanya harga untuk jasa desain interior rata-rata berkisar Rp250 ribu per meter perseginya.

 

Menggunakan jasa desainer interior juga ada plus-minusnya, misalnya Anda tidak bisa mencicil ketika merenovasi ruangan karena desainer interior biasanya melakukan penataan sekaligus.

 

Meski begitu Anda akan dimudahkan dalam pengambilan keputusan mengenai konsep dan pemilihan material serta perabotan. 

 

Anda bisa berdiskusi dan mengemukakan keinginan kepada ahlinya, sehingga tidak usah pusing menentukan gaya interior untuk apartemen.

 

Perlu diingat, menggunakan jasa desainer interior berarti Anda harus mengeluarkan uang tambahan. Ini akan berpengaruh ketika menghitung biaya furnish apartemen.

Tentukan Perabotan yang Hendak Dibeli

 

Salah satu langkah penting ketika menghitung biaya furnish apartemen, ialah menentukan perabot apa saja yang akan dibeli untuk hunian tersebut.

 

Lemari, sofa, kasur, hingga ke barang-barang pendukung lainnya, wajib dimasukkan ke dalam catatan. Mengetahui furniture apa saja yang akan dibeli mempermudah Anda dalam menentukan biaya.

 

Renovasi apartemen bukan hanya soal mengganti furniture, jangan lupa untuk mempertimbangkan nilai estetika agar ruangan memiliki tampilan yang maksimal.

 

 

Itulah ulasan mengenai pentingnya menghitung biaya furnish apartemen beserta beberapa tipsnya.

 

Semoga artikel ini membantu, ya!

 

Baca juga:

Dekorasi Apartemen yang Ampuh Ubah Tampilan Ruangan

 

 

Author:

Citra Purnamasari