7 Inspirasi Rumah Semi Basement Modern Minimalis

Rumah Semi BasementFoto: ArchDaily

 

Apa yang pertama muncul di benak Anda ketika mendengar basement rumah? 

 

Beberapa mungkin menjawab tempat parkir kendaraan, sedangkan yang lain mungkin mengaitkannya dengan tempat penyimpanan tambahan di bagian bawah rumah.

 

Popularitas rumah dengan basement sendiri mulai melonjak ketika film Parasite memakai latar belakang rumah mewah dengan bungker di dalamnya.

 

Selain itu, ada hal lain yang menjadi sorotan dalam film tersebut. Salah satunya adalah rumah semi basement yang ditempati oleh masyarakat menengah ke bawah di sana.

 

Namun, meski sering dikaitkan dengan status ekonomi yang pas-pasan, nyatanya desain rumah semi basement dapat menjadi referensi hunian minimalis yang menarik.

 

Sudah banyak arsitek yang memanfaatkan area ini demi menentang stereotip suram yang sering digembar-gemborkan oleh budaya populer.

 

Beberapa di antaranya akan dibahas di bawah ini, yang mungkin saja dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk mencari rumah idaman.

7 Desain Rumah Semi Basement yang Cantik

Rumah Semi Basement dengan Kolam Renang

Rumah Semi Basement dengan Kolam Renang

Foto: Moderni

 

Desain pertama muncul dari tangan dingin Guarnieri Architects yang mencoba untuk menambahkan ruang santai belakang rumah ke dalam hunian mewah ala Victorian ini.

 

Alih-alih melebarkan area rumah, mereka justru memakai area basement dan membuat kolam renang di rumah yang cantik di dalamnya.

 

Tak hanya kolam renang, ada juga bak mandi air panas dan ruang uap sebagai fasilitas pelengkap yang mumpuni.

 

Selain dipercantik dengan interior rumah batu alam, desain ini juga memakai pintu geser kaca yang biasa ditemukan pada rumah modern seperti yang ada di Srimaya Residence.

 

Penghuni juga memiliki akses pemandangan langsung ke taman belakang minimalis melalui kaca besar tersebut.

Rumah Minimalis Semi Basement

Rumah Minimalis Semi BasementFoto: Curbed

 

Selanjutnya ada rumah dengan denah lantai modular yang menciptakan ruang yang fleksibel di dalamnya.

 

Rumah di atas adalah contoh terbaik bagi hunian yang berhasil memanfaatkan area yang sempit tanpa harus mengorbankan desainnya.

 

Terkesan hangat, rumah semi basement dengan elemen kayu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai gaya minimalis modern dalam hunian.

 

Bicara soal rumah minimalis modern, Imajihaus BSD City juga menawarkan compact house dengan smart furniture di dalamnya.

Rumah Semi Basement dengan Pintu Geser

Rumah Semi Basement dengan Pintu Geser

Foto: Dezeen

 

Masih dengan desain rumah minimalis semi basement, kali ini kita diperlihatkan dengan ruangan rahasia yang tersembunyi di balik pintu geser kayu.

 

Lewat desain ini, sang arsitek berhasil menciptakan ruang yang cukup misterius di ruang bawah tanah dengan melapisi dinding di sekitarnya dengan soffit beton.

 

Terlihat simpel namun tetap elegan, bukan?

Rumah Semi Basement dengan Ruang Yoga

Desain Rumah Semi Basement dengan Ruang Yoga

Foto: Xema Architects

 

Studio asal Argentina, Adamo-Faiden, menyulap ruang bawah tanah di townhouse Buenos Aires ini menjadi sebuah ruang yoga yang tenang. 

 

Seperti yang terlihat, ruang santai belakang rumah ini juga mendapat penerangan dari skylight rumah yang semakin menambah suasana syahdu di dalamnya.

Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Semi Basement

Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Semi BasementFoto: Nulty

 

Desain selanjutnya berhasil memperluas ruang bawah tanah dan membuat sejumlah ruang rekreasi di dalamnya, termasuk kolam renang, bioskop rumah dan gym. 

 

Alih-alih menciptakan kesan bening, sang arsitek justru memakai ubin berwarna gelap untuk membuat kolam renang terlihat seperti sumber mata air tersembunyi yang ada di pegunungan.

Rumah Semi Basement ala Apartemen Studio

Rumah Semi Basement ala Apartemen StudioFoto: Architectural CAD Drawings

 

Ruang bawah tanah ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai me time di rumah saja. 

 

Demi menambah kenyamanan, tambahkan beberapa barang yang sesuai dengan preferensi dan hobi. Misalnya TV berukuran besar, sofa, rak buku, atau komputer gaming terbaru.

 

Jika Anda mencari hunian cozy seperti contoh di atas, bisa juga cek pilihan apartemen studio di Citra Living Apartment atau Pacific Garden Style.

Rumah Semi Basement dengan Nuansa Industrial

Rumah Semi Basement dengan Nuansa TerangFoto: Dezeen

 

Perancang rumah asal London selatan, Studio Octopi, membuat sebuah rumah yang seolah-olah “menegur” stereotip gelap dan suram pada basement

 

Seperti yang dapat terlihat, ruang ini menghadirkan rasa keterbukaan dengan desain plafon rumah yang tinggi, jendela besar dan tangga beton bergaya industrial.

 

Tak lupa juga sofa dan kursi rotan gantung yang nyaman di area luarnya.

 

Rumah Semi Basement dengan Nuansa Industrial

Foto: Dezeen

 

Selain desain rumah minimalis semi basement di atas, ada pula rumah di Inggris lainnya yang mengusung gaya serupa.

 

Dibuat oleh DSDHA Architects, rumah ini memiliki ruang bawah tanah dengan langit-langit yang rendah, tapi masih mampu memberikan pencahayaan yang maksimal.

 

Rahasianya adalah lightwell panjang dan lebar di dalamnya. Hasilnya, ruangan ini pun sangat cocok untuk dijadikan sebagai ruang baca di rumah semi basement.

 

 

Nah, itu tadi beberapa desain yang bisa Anda jadikan referensi dalam mencari rumah impian. Semoga bermanfaat!

 

 

Author:

Shandy Pradana