Panduan Lengkap Cara Cek Sertifikat Tanah Online & Offline

cek sertifikat tanah

 

Siapa bilang cara cek sertifikat tanah sulit dilakukan? Saat ini, kamu bisa melakukan hal tersebut secara online melalui aplikasi BPN, situs resmi, ataupun langsung mendatangi kantor pertanahan setempat.

 

Syarat dan ketentuan mengecek sertifikat tanah juga cukup mudah. Jika dilakukan secara online, kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu, lalu masukan informasi mengenai data lahan.

 

Bila lebih memilih cara offline, maka kamu harus mengisi informasi data tersebut secara langsung pada formulir pengajuan yang tersedia di kantor pertanahan terdekat.

 

Enggak sulit kok, kedua cara cek sertifikat tanah ini bisa dilakukan dalam waktu beberapa menit saja. Supaya lebih jelas, simak panduan lengkapnya pada penjabaran berikut ini.

Cara Cek Sertifikat Tanah Online lewat Aplikasi

Cara Cek Sertifikat Tanah Online lewat Aplikasi

Foto: indonesia.go.id

 

Seperti yang telah disebutkan, cara cek sertifikat tanah online pertama bisa dilakukan lewat aplikasi. Cara yang satu ini dapat dikatakan sebagai metode paling mudah sekaligus yang paling cepat.

 

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ‘Sentuh Tanahku’ pada ponsel pintar. Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi Kementerian Agraria dan Tata Ruang beserta Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

 

Lewat aplikasi ini, kita bisa mencari tahu detail persyaratan, proses pengurusan sertifikat tanah dan lokasi suatu bidang tanah, hingga prediksi perhitungan biaya yang akan dikeluarkan.

 

Sayangnya, tidak semua informasi di dalam aplikasi ini dapat diakses secara bebas. Untuk informasi berkas dan sertifikat, kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai pengguna di kantor BPN.

 

Jika sudah paham, berikut panduan cara cek sertifikat tanah online lewat aplikasi Sentuh Tanahku:

 

1.Buka aplikasi Play Store (untuk pengguna Android) dan App Store (untuk pengguna iOS) pada smartphone untuk kemudian mengunduh aplikasi 'Sentuh Tanahku';

 

2.Setelah terunduh, klik menu 'Daftar Akun Baru' untuk melakukan registerasi data diri. Masukan pula username, password, dan alamt email di dalam kolom yang tersedia;

 

3.Jika sudah mendaftar, sistem akan secara otomatis mengirim email pemberitahuan ke kontakmu.

 

4.Cek email pemberitahuan dari aplikasi dan klik tautan di dalamnya;

 

5.Tautan tersebut akan membawamu langsung ke halaman aktivasi pengguna, lanjutkan dengan mengklik tombol 'Aktivasi' untuk mengaktifkan akun;

 

6.Lakukan login menggunakan username dan password yang telah dibuat; dan

 

7.Setelah masuk ke halaman depan aplikasi, lanjutkan dengan klik menu 'Info Sertipikat.’ Fitur 'Info Sertipikat' ini menyediakan keseluruhan data sertifikat tanah hingga info kepemilikannya.

 

Cara Cek Sertifikat Tanah Online melalui Laman BPN

Cara Cek Sertifikat Tanah Online melalui Laman BPN

 

Bukan cuma lewat aplikasi, cara cek sertifikat tanah online juga bisa dilakukan melalui laman resmi BPN, yakni atrbpn.go.id

 

Langkahnya pun cukup mudah, berikut tahap-tahap yang bisa dilakukan:

 

1. Buka laman atrbpn.go.id melalui browser pada PC ataupun smartphone;

2. Jika sudah masuk ke halaman depan laman, klik menu ‘Publikasi’;

3. Setelah itu, akan muncul empat kolom isian yang harus diisi;

4. Bila semua informasi telah dilengkapi, klik tombol ‘Cari Berkas’; dan

5. Data informasi sertifikat akan tertera secara lengkap, beserta informasi kepemilikannya.

 

Tidak yakin dengan ke-valid-an informasi yang tertera pada aplikasi dan laman BPN? Enggak masalah, kamu bisa cek sertifikat tanah tersebut langsung di kantor pertanahan setempat, seperti berikut ini.

Cara Cek Sertifikat Tanah Langsung di Kantor BPN

Cara Cek Sertifikat Tanah Langsung di Kantor BPN

 

Meski harus mendatangi langsung kantor BPN, cara cek sertifikat tanah secara offline terbilang mudah dan cepat. Pasalnya, kamu hanya perlu mengajukan pemeriksaan ke loket yang telah tersedia.

 

Jika sertifikat dinyatakan asli, maka petugas BPN akan memberi cap resmi sebagai bukti pemeriksaan. Namun bila keaslian sertifikat masih diragukan, maka akan dilakukan proses plotting.

 

Plotting adalah proses verifikasi keaslian sertifikat tanah dengan teknologi GPS, yang dimaksudkan untuk mengetahui posisi asli lahan di dalam database peta pendaftaran BPN.

 

Bila lokasi lahan pada sertifikat sesuai dengan plotting BPN, maka sertifikat dinyatakan asli. Namun jika lokasi tanah tidak muncul, bisa jadi lahan tersebut belum didaftarkan atau sertifikatnya palsu.

 

Selain lewat loket, cara cek sertifikat tanah di kantor BPN juga bisa dilakukan dengan mesin KiosK. Mesin ini biasanya terletak di lobi ataupun ruang pelayanan kantor BPN.

 

Dengan KiosK, kita bisa memperoleh informasi terkait pelayanan pertanahan, syarat-syarat, jangka waktu penyelesain, hingga biaya layanan dan lain-lain tanpa harus mengantri di loket.

 

Jika kamu memilih cara cek sertifikat tanah langsung ke kantor BPN, jangan lupa juga menyiapkan dokumen dan persyaratan yang akan diminta pada saat pengajuan, ya. Misalnya:

 

1. Membawa sertifikat tanah yang akan diperiksa.

2. Surat tugas atau surat kuasa pengecekan dari PPAT kepada pegawainya.

3. Form permohonan pengecekan sertifikat (tersedia di kantor BPN).

4. Fotokopi KTP pemilik sertifikat.

5. Biaya administrasi sebesar Rp50.000 per sertifikat.

 

Demikian panduan lengkap cara cek sertifikat tanah online dan offline yang penting diketahui. Semoga artikel di atas dapat membantu kita mengetahui keaslian sertifikat secara benar, ya.

 

Selamat mencoba!

 

 

Author:

Yuhan Al Khairi

Tambahkan Komentar