Mengenal Rumah Amerika, Hunian Khas Negeri Paman Sam

Rumah AmerikaFoto: architecturaldesigns.com

 

Siapa yang sering terkesima ketika melihat hunian cantik nan ikonik yang ada di film-film Hollywood?

 

Berkat Hollywood, kita jadi mengenal rumah Amerika atau American home.

 

Jika dilihat dari latarnya, rumah-rumah ini sering terletak di kota kecil alias countryside.

 

Selain tenang, hal ini semakin menguatkan kesan homey dan nyaman pada rumah bergaya Amerika. 

 

Tak hanya di Amerika, nyatanya ada banyak hunian di Indonesia yang menerapkan konsep serupa.

 

Hunian dengan konsep rumah Amerika tentu bisa menjadi opsi bagi masyarakat, khususnya untuk Anda yang mulai bosan dengan gaya hunian mainstream.

 

Jadi, tertarik mencari hunian idaman dengan style ala Negeri Paman Sam? 

 

Sebelum memutuskan untuk mencari, mari simak pembahasan mengenai rumah bergaya Amerika di bawah ini.

4 Ciri Khas dari Rumah Amerika

Menggunakan Konsep Hunian Ala “Peternakan”

Konsep Hunian ala Peternakan

Foto: mymove.com

 

Apakah Anda menyukai suasana khas pedesaan yang menenangkan di dalam hunian? Jika iya, konsep rumah Amerika menyajikan hal tersebut.

 

Rumah bergaya peternakan atau ranch bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menyukai ketenangan di lingkungan pedesaan.

 

Seperti yang terlihat, rumah dengan gaya peternakan biasanya memiliki atap rendah dengan halaman yang cukup luas.

 

Karena itu, konsep ini sangat cocok dengan desain rumah minimalis dengan halaman luas.

 

Konsep hunian satu ini cocok juga untuk villa atau rumah di kawasan pedesaan yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

 

Elemen penting lainnya adalah kehadiran jendela besar pada hunian, untuk memberikan kesan yang lebih terang dan terbuka. 

 

Atap rendah terkadang memberikan kesan hunian yang lebih sempit, sehingga penggunaan jendela besar dapat menyeimbangkan tampilan dari rumah satu ini.

Bergaya Cape Cod

Hunian Bergaya Cape CodFoto: architecturaldesigns.com

 

Mungkin istilah rumah cape cod masih terdengar asing di telinga kita. Tapi jika kita melihat hunian dengan tipe satu ini, mungkin kita akan merasa sedikit lebih familiar.

 

Bisa dibilang gaya cape cod house banyak ditemukan di Amerika, sampai dikenal sebagai salah satu signature style dari hunian masyarakat di sana. 

 

Cape cod house sendiri lahir pada abad ke-17 dan biasa ditemukan di Benua Eropa, terutama Inggris. Ciri khas dari hunian ini adalah bentuk atapnya yang curam. 

 

Biasanya, warna cat rumah minimalis yang cocok untuk rumah bergaya cape cod adalah putih, sebab dapat menambah kesan klasik dan anggun pada hunian.

 

Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan rumah bergaya cape cod? Jika iya, coba cek Serenia Hills yang menerapkan konsep serupa.

Berpadu dengan Konsep Lainnya

Rumah Amerika- Berpadu dengan Konsep LainnyaFoto: tandemcontracting.com

 

Tak selamanya rumah Amerika memakai gaya yang tradisional atau klasik. Nyatanya, gaya ini dapat pula dipadukan dengan gaya lainnya, seperti modern dan minimalis.

 

Sentuhan gaya modern minimalis bisa terlihat dari foto di atas. 

 

Penggunaan bentuk jendela yang lebih simple, namun tetap tak menghilangkan kesan khas “Amerikanya” begitu terasa pada hunian satu ini.

 

Selain itu penggunaan material seperti bebatuan dengan warna-warna pucat, bisa menjadi perpaduan yang cantik untuk eksterior rumah

 

Konsep hunian split level juga bisa diterapkan pada rumah Amerika, karena tak jarang kontur tanah berbukit menjadi salah satu ciri dari hunian tersebut.

 

Rumah Amerika tergolong fleksibel untuk dipadukan dengan berbagai konsep lainnya. Namun siapa sangka, hunian serupa juga dapat ditemukan di Indonesia?

 

Bagi Anda yang mencari rumah dijual di Jakarta Selatan dengan perpaduan desain rumah Amerika dan gaya modern, Edenhaus Simatupang dapat menjadi pilihan terbaik.

Memiliki Interior yang Mewah dan Menawan

Interior Rumah AmerikaFoto: architecturaldigest.com

 

Tak hanya bagian fasad atau eksteriornya saja yang cantik, rumah Amerika juga memiliki desain interior yang menawan. 

 

Sama seperti desain rumah, desain interior yang diterapkan juga tak melulu menggunakan konsep yang sama. Ada banyak gaya yang bisa diusung dalam rumah Amerika.

 

Namun jika Anda tertarik dengan desain interior khas hunian Amerika, cobalah untuk mendandani hunian dengan material alami seperti kayu atau bebatuan. Penggunaan warna-warna netral juga menjadi salah satu ciri khas dari interior rumah Amerika.

 

Salah satu contoh hunian yang memiliki ciri ini adalah Royal Orchid Villa di Bandung, yang memiliki fasad berbahan batu alam dengan warna ivory.

 

Itu tadi empat ciri khas dari rumah Amerika yang perlu kamu ketahui.

 

Cobalah untuk mencari banyak referensi mengenai hunian Amerika, karena rumah-rumah di negara tersebut juga banyak terinspirasi dari berbagai konsep yang telah ada sebelumnya.

 

Di Indonesia sendiri cukup banyak pilihan rumah gaya Amerika, salah satunya adalah Boston Village yang jadi rekomendasi khusus bagi pencari rumah dijual di Tangerang.

 

Semoga artikel di atas dapat membantu!

 

 

Author:

Citra Purnama Sari