Sebelum Pindah, Pahami Sistem Keamanan Apartemen Berikut Ini!

keamanan apartemen

 

Salah satu alasan terbesar banyak orang pindah ke apartemen adalah karena hunian ini memiliki sistem keamanan yang canggih. 

 

Sistem keamanan apartemen bisa telah dirancang dengan baik oleh para pengembang. Tak terkecuali pada apartemen dengan harga murah.

 

Biasanya, apartemen telah dilengkapi keamanan yang mendasar seperti satpam, keamanan 24 jam hingga CCTV di sejumlah area kawasan apartemen.

 

Berikut beberapa sistem keamanan di apartemen yang perlu diketahui sebelum Anda memutuskan pindah.

 

Sistem Keamanan Apartemen

sistem keamanan apartemen

 

Apartemen mewah biasanya memiliki keamanan yang telah terjamin. Bahkan biasanya untuk apartemen di Jakarta dengan kisaran harga mulai Rp1 miliar, banyak yang menerapkan keamanan tertinggi bahkan saat berada di pintu masuk apartemen.

 

Meskipun begitu, seiring berjalannya waktu banyak hunian di berbagai daerah seperti apartemen di Depok, apartemen di Surabaya dan termasuk sejumlah apartemen di luar Pulau Jawa yang sudah memiliki sistem keamanan bermutu, misalnya saja Tamansari Skylounge Balikpapan.

 

Lalu apa saja sistem keamanan yang biasanya diterapkan di apartemen? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Keamanan 24 Jam

keamanan

 

Saat hendak pindah ke apartemen, biasanya hal pertama yang dilakukan adalah mengecek sejumlah fasilitas di dalam kawasan apartemen. 

 

Fasilitas internal yang disediakan di apartemen dapat mencakup keamanan dan kenyamanan yang menunjang kegiatan para penghuni.

 

Fasilitas keamanan di suatu apartemen biasanya dilengkapi dengan keamanan 24 jam. Artinya, apartemen tersebut memiliki seorang satpam / security yang akan berjaga selama 24 jam penuh.

 

Petugas keamanan tentunya memiliki sejumlah personil dengan dibagi ke dalam beberapa wilayah apartemen. 

 

Jika Anda pernah memasuki kawasan apartemen atau hotel, pasti Anda sering melihat personil keamanan yang terbagi ke dalam beberapa area.

 

Seperti, petugas di pintu gerbang masuk apartemen atau di pos, petugas di pintu lobby dan juga di setiap lantai kawasan apartemen.

 

Adapun beberapa pos yang terdapat di apartemen meliputi pos pintu gerbang masuk, pintu keluar dan pos pintu masuk lobi utama yang biasanya memeriksa barang bawaan penghuni.

 

CCTV

cctv apartemen

 

Closed-Circuit Television atau CCTV merupakan kamera pengawas yang mengandalkan sinyal analog. CCTV biasanya digunakan untuk mentransmisi video dari satu kamera. 

 

Tak hanya di apartemen, CCTV dewasa ini sudah sangat familiar untuk dijadikan sistem keamanan baik di sebuah perkantoran, hunian klaster, pusat perbelanjaan dan mal hingga area pertokoan.

 

CCTV memiliki peran penting untuk memeriksa keadaan di sekitar apartemen. CCTV juga biasanya terdapat di lift, lobby, halaman, basement hingga lorong apartemen yang terdapat di setiap lantai.

 

Access Card dan Control Card System

access card apartemen

 

Access Card memiliki standar keamanan tertinggi yang biasanya berada di apartemen mewah. Kartu akses apartemen adalah kunci elektronik yang telah dilengkapi dengan sistem kode sama halnya seperti kartu ATM.

 

Berbeda dengan access card, control card system biasanya digunakan untuk ke berbagai area di apartemen seperti akses lift, gerbang parkir kendaraan dan pintu basement

 

Perlu diketahui, bahwa kartu akses apartemen biasanya memiliki jumlah yang sangat terbatas. Selain itu, kartu akses apartemen tidak bisa diduplikat atau digandakan.

 

SOP Keamanan 

Petugas keamanan di sebuah lingkungan apartemen biasanya sudah mendapatkan pelatihan berupa SOP keamanan yang berlaku. SOP sendiri adalah singkatan dari Standar Operasional Prosedur, yang akan menjadi sebuah pedoman bagi para security dan petugas keamanan saat bertugas.

 

Petugas keamanan akan melakukan SOP sesuai dengan tugas pokok, seperti menjaga pos penjagaan di gerbang utama apartemen sehingga tidak bisa sembarang orang memasuki lingkungan hunian.

 

Setelah itu, petugas keamanan akan memeriksa jumlah orang yang terdapat di dalam mobil jika memasuki lingkungan hunian menggunakan kendaraan pribadi.

 

Setelah itu, akan terdapat pengecekkan identitas diri berupa KTP, SIM atau STNK. Tak lupa, biasanya petugas keamanan akan menggunakan Alat Pendeteksi Security dari sebuah alat metal detector.

 

Alarm Keamanan

intercome keamanan apartemen

 

Dewasa ini, sejumlah apartemen dijual sudah dipasang sistem keamanan berupa alarm wireless yang berfungsi untuk mewaspadai pencuri atau hal-hal yang mencurigakan di sekitar kamar apartemen.

 

smart home system

 

Alarm wireless bisa dilepas dan dipasang dengan mudah saat pindah apartemen. Alarm keamanan ini dapat dipantau menggunakan ponsel pintar sebagai smart home system.

 

Untuk memasang alarm keamanan pun biasanya diperlukan untuk memasukkan kode atau PIN yang hanya diketahui oleh pemilik apartemen. 

 

Selain, memasang alarm wireless, jika Anda masih merasa kurang aman, bia menambahkan deadlock pada pintu apartemen sebagai kunci tambahan.

 

Adapun sebuah intercom wireless yang dipasang di dalam rumah yang memudahkan penghuni mengetahui tamu yang hendak masuk ke dalam rumah untuk sistem keamanan berlapis.

 

Nah, itulah sejumlah informasi sistem keamanan di apartemen yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

 

 

 

 

Author:

Rachmi Arin Timomor

Tambahkan Komentar