Jangan Asal Pilih! Intip 5 Tips Memilih Lantai Terbaik Apartemen

lantai terbaik apartemen

Foto: zerahomes

 

Ketika kamu sudah mantap untuk membeli atau menyewa apartemen, selain fasilitas dan spesifikasi unit kamar, ada hal penting yang perlu diperhatikan, yakni posisi lantai terbaik apartemen.

 

Pemilihan lantai juga memengaruhi harga apartemen. Jika Anda menginginkan apartemen dengan pemandangan yang indah, maka kisaran harga yang ditawarkan bisa lebih tinggi.

 

Selain harga, tingkat kenyamanan pun dapat diperhitungkan berdasarkan posisi unit apartemen. 

 

Meskipun sebagian orang tidak mempedulikan tinggi rendahnya lantai apartemen. Ada baiknya kamu mengetahui tips memilih lantai apartemen yang tepat dan plus minus-nya agar tak salah pilih.

 

Simak langsung penjelasannya di bawah ini ya!

 

Posisi Lantai Terbaik

Posisi Lantai Terbaik

Foto: iconmanhattan

 

Apartemen biasanya membagi lantai menjadi dua, yakni lantai bawah dan lantai atas. Tentu saja, kedua lantai tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

 

Jika kamu menginginkan suasana yang nyaman tanpa gangguan dengan privasi yang lebih terjaga, maka lantai apartemen di posisi atas jadi pilihan terbaik.

 

Untuk posisi lantai bawah sangat pas untuk pegawai yang sibuk dan tak mau ribet harus menunggu lift atau menggunakan tangga darurat saat sedang terburu-buru.

 

Lantai dasar menjadi lantai terbaik apartemen karena saat terjadi keadaan darurat seperti gempa dan kebakaran, kamu bisa menyelamatkan diri lebih mudah dan cepat.

 

Perbedaan posisi unit apartemen juga memengaruhi harga dengan selisih bisa mencapai Rp10 juta - Rp100 juta atau bahkan lebih. 

 

Misalnya, saja apartemen di lantai tengah memiliki harga unit paling mahal.

 

Contohnya, apartemen Pakubuwono Spring yang menawarkan harga Rp7,5 miliar untuk lantai atas dan Rp7 miliar untuk lantai bawah.

 

Hal ini dipengaruhi oleh pemandangan dari unit apartemen, misalnya menghadap ke kolam renang, landscape kota atau pemandangan alam.

 

Kemudahan Akses

kemudahan akses

Foto: iconic

 

Di Indonesia sendiri ada apartemen yang memiliki fasilitas lift yang terkoneksi langsung dengan unit kamar penghuni. Akan tetapi, harga yang ditawarkan bisa mencapai puluhan miliar.

 

Tak ingin menghabiskan uang terlalu banyak tapi tetap ingin mendapatkan akses yang mudah ke fasilitas internal dan fasilitas umum? Kamu bisa memilih apartemen bawah.

 

Saat ini banyak apartemen yang menyediakan fasilitas sosialnya di lantai 3 atau lantai bawah. Penggunaan sky lounge khusus akan memudahkan kamu menikmati berbagai fasilitas.

 

Selain itu, kamu tak perlu repot harus menunggu antrian lift yang lama dan bisa memilih alternatif tangga darurat menuju fasilitas tersebut.

 

Arah Hadap dan Pemandangan

arah hadap dan pemandangan

 

Mendapatkan hunian sehat dengan limpahan sinar matahari jadi incaran banyak orang. Selain itu, bisa hemat listrik karena tak perlu menghidupkan lampu saat siang.

 

Lantai atas bisa jadi pilihan yang tepat untuk arah hadap apartemen. Karena posisi apartemen yang menghadap ke arah cahaya dengan bukaan jendela yang besar.

 

Selain itu, pemandangan yang didapatkan pun sangat cantik. Kamu bisa memulai hari dengan city view yang sibuk atau pemandangan gunung yang menenangkan.

 

Tapi, perlu dicatat memilih apartemen dengan aspek pemandangan yang cantik bukan faktor utama menentukan tingkat kenyamanan sebuah tempat tinggal.

 

Kamu juga perlu memperhatikan mobilitas akses yang mudah, harga dan disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Tingkat Polusi Suara

polusi suara

 

Lokasi apartemen dibangun di tengah kota atau dekat dengan fasilitas umum yang menunjang. Wajar saja jika apartemen dipadati lalu lalang transportasi umum dan pribadi. 

 

Belum lagi, jalanan yang padat akan membuat banyak pengemudi kesal dan membunyikan klakson lebih keras. Atau bunyi suara mesin dan peralatan besar konstruksi lainnya.

 

Buat kamu yang memilih lantai bawah, tentu akan merasa terganggu dengan suara tersebut. Meski bangunan dirancang kedap suara, tapi ada saja suara yang ‘bocor’ dan terdengar sehingga mengganggu.

 

Lain halnya, jika kamu memilih lantai atas, suasana tenang dan tentram lebih terasa. Tentunya ini akan membuat kamu bisa lebih rileks sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan.

 

Keamanan

keamanan

 

Keuntungan memilih apartemen di lantai atas adalah aman dari tindakan kriminal, seperti pencurian. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika akan bepergian terlalu lama.

 

Berbeda dengan lantai bawah yang masih perlu pengamanan ganda mulai dari pintu, jendela, hingga tambahan CCTV di dalam unit apartemen.

 

Unit apartemen lantai bawah memang rentan terhadap kejahatan karena jendela yang besar dan menghadap ke jalan yang lebih mudah terlihat.

 

Itu dia informasi seputar pemilihan lantai terbaik apartemen yang bisa dijadikan referensi ketika ingin memilih tinggal di apartemen. Semoga artikel ini membantu!

 

Baca juga:

Lupakan Cara Duplikat Kartu Akses Apartemen. Jika Hilang, Lakukan Ini!

 

 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya 

Tambahkan Komentar