OK

5 Kelebihan Kota Solo sebagai Lokasi Investasi Properti

kelebihan-kota-solo

Investasi properti tidak harus di kota-kota besar, Anda juga bisa mencari peruntungan investasi yang menjanjikan di kawasan kota berkembang seperti Solo.

Kota Solo atau Surakarta bisa dibilang merupakan kawasan yang mengalami perkembangan besar-besaran, baik di sektor properti maupun infrastrukturnya.

Hal ini terlihat dari pembangunan pusat perbelanjaan baru, perumahan, apartemen, ruas jalan tol, hingga transportasi KA lokal.

Pesatnya perkembangan Kota Solo, menjadikan Kota Liwet ini sangat prospektif untuk mencari hunian dan investasi yang menguntungkan.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis properti ataupun ingin mencari tempat tinggal, ini beberapa kelebihan Kota Solo yang wajib diketahui.

Stabilitas Ekonomi Kota Solo

stabilitas-ekonomi-kota-solo

Kelebihan Kota Solo pertama yang banyak menarik perhatian pendatang adalah ekonominya yang cenderung stabil.

Rata-rata kondisi ekonomi Kota Surakarta berada di kisaran 5,4% setiap tahunnya. 

Meski dalam keadaan pandemi, Solo masih mempertahankan komoditas kebutuhan pokok dan menekan angka inflasi 0,02 persen pada bulan April 2021.

Hal ini disebabkan oleh perputaran uang di Solo yang cukup tinggi dibandingkan Yogyakarta dan Semarang, serta pesatnya pertumbuhan UMKM kota tersebut.

Beberapa produk andalan yang dihasilkan adalah kain batik, kerajinan tangan, dan makanan.

Iklim Usaha yang Kondusif

iklim-usaha-yang-kondusif

Foto: mediaindonesia

Iklim usaha Kota Solo terbilang kondusif karenanya adanya program revitalisasi pasar, pembiayaan UMKM dan produk rintisan, serta membuka lapangan kerja melalui pelatihan yang dibuat pemerintah.

Jika pengembangan ekonomi untuk rakyat maju, maka arus investasi ke Surakarta juga semakin banyak.

Selain itu, perbaikan dan penambahan objek wisata baru juga turut membuka peluang investasi properti semakin bertambah, seperti bisnis sewa villa dan penginapan di sekitar tempat wisata.

Perkembangan Fasilitas dan Infrastruktur yang Masif

perkembangan-fasilitas-dan-infrastruktur-yang -masif

Foto: ilustrasi jalan tol di solo

Meskipun hanya memiliki luas wilayah 44,02 km2, nyatanya pembangunan infrastruktur, aksesibilitas, dan fasilitas umum di Solo terbilang sangat pesat.

Untuk ruas jalan tol saja kota ini menyediakan beberapa pilihan, seperti Tol Solo-Kertosono, Tol Solo-Ngawi, Tol Solo-Jogja-YIA, dan lainnya.

Tol Solo-Ngawi sendiri merupakan tol terpanjang di Indonesia dengan total 90,43 km yang membelah Kabupaten Boyolali, Karanganyar, Sragen, hingga Ngawi.

Selain itu tersedia juga fasilitas transportasi yang dimiliki Kota Solo, antara lain Bandara Internasional Adi Sumarmo, Terminal Bus Tirtonadi, dan Stasiun Kereta Api Balapan.

Lalu didukung juga dengan banyaknya fasilitas kesehatan, pendidikan, pusat perbelanjaan yang merata di berbagai wilayah. Tak terkecuali banyaknya tempat wisata yang bisa dinikmati setiap saat.

Semua fasilitas tersebut akan memberikan kemudahan bagi wisatawan, pendatang, dan masyarakat Solo sendiri.

Beragam Pilihan Investasi Properti

beragama-pilihan-investasi-properti

Foto: traintokitezh

Solo tidak hanya menyediakan peluang investasi melalui gedung, perumahan, atau apartemen saja, tetapi juga tanah dijual di Solo yang menarik minat pembeli.

Ada banyak pilihan tanah kavling di Solo yang dijual dengan harga murah dan telah bersertifikat resmi.

Beberapa kawasan yang memiliki peluang investasi tinggi jika dijual atau dijadikan rumah usaha seperti ruko adalah tanah di kawasan Banyuanyar, Kadipiro, Mojosongo, dan lainnya.

Untuk tanah dijual di Banjarsari, harga per meternya mencapai Rp1,9 juta. Menariknya, tanah di sekitar wilayah ini banyak diburu karena dekat dengan kawasan pendidikan terbaik di Kota Solo

Selain dijadikan investasi, Anda juga bisa membuat hunian untuk keluarga tercinta dengan desain rumah yang Anda inginkan.

Kota yang Nyaman untuk Pensiun

Jika Anda menginginkan kota yang tidak terlalu sesak dan bisa menikmati waktu tanpa terhalang mobilitas yang padat, maka Surakarta bisa jadi pilihan yang tepat.

Selain itu, kota ini juga memegang predikat kota paling nyaman di Indonesia, di mana kebudayaan kental nampak selaras dengan kemajuan kotanya yang pesat.

Kelebihan Kota Solo inilah yang menjadi daya tarik, serta membuat banyak orang memilihnya sebagai hunian maupun lokasi pensiun.

Itu dia informasi mengenai kelebihan Kota Solo yang harus Anda ketahui sebelum memulai investasi properti di sana.

Anda juga bisa temukan berbagai pilihan properti menarik di sekitaran Solo seperti rumah dijual di Sukoharjo, yakni:

– Permata Park View

– Cordoba Islamic Village

– Fadillah Village

Lihat  juga beragam properti terbaru hanya di rumah123.com 

Author:

Dyah Siwi Tridya

Rekomendasi Properti