Keuntungan dan Proses Beli Rumah lewat Agen Properti

beli rumah lewat agen properti

 

Ada banyak cara untuk membeli rumah. Anda bisa mencari sendiri dengan survei ke beberapa perumahan atau mencarinya melalui halaman perumahan di laman Rumah123

 

Selain kedua cara tersebut, Anda juga bisa langsung beli rumah lewat agen properti. 

 

Dewasa ini, sudah ada banyak agen properti di Indonesia. Biasanya, satu agen akan memegang ratusan listing rumah dijual di satu area, misalnya rumah dijual di Bandung

 

Jika Anda tertarik untuk membeli rumah di area tersebut, Anda bisa langsung menghubungi salah satu agen properti yang ada di sekitar area.

 

Namun reputasi dari agen properti sendiri tidak selalu bagus di mata masyarakat umum, khususnya terkait banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan agen properti

 

Tapi jika Anda berhati-hati dan teliti, beli rumah lewat agen properti dapat memberikan banyak keuntungan. 

 

Nah, artikel ini akan membahas beberapa keuntungan beli rumah lewat agen properti beserta prosesnya. Berikut penjelasan lengkapnya!

Keuntungan Beli Rumah Lewat Agen Properti

Keuntungan Beli Rumah Lewat Agen PropertiFoto: Unsplash

 

Sebelum membahas proses beli rumah lewat agen properti, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dulu apa itu agen properti. 

 

Agen properti, yang juga dikenal sebagai agen real estat, adalah orang yang berusaha untuk menjual, menawarkan sewa serta memasarkan properti. 

 

Properti yang dipasarkan pun beragam, biasanya meliputi tanah atau bangunan.

 

Bangunan yang dipasarkan juga bermacam-macam, bisa berupa rumah, cluster, ruko, apartemen, kantor dan lain sebagainya.

 

Seperti namanya, tugas agen properti adalah menghubungkan calon pembeli dengan pemilik properti.

 

Karena itu agen properti yang memiliki banyak koneksi, dapat memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin membeli rumah idaman.

 

Selain itu, ada beberapa keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika beli rumah lewat agen properti, di antaranya:

Memberikan Banyak Pilihan Properti

Banyak Pilihan PropertiFoto: Engels Property Management

 

Anda mungkin akan merasa kebingungan jika mencari rumah secara manual, terlebih jika ini pengalaman pertama melakukannya.

 

Dengan beli rumah lewat agen properti, Anda akan diberikan rekomendasi rumah yang sesuai dengan kriteria atau keinginan.

 

Misalnya jika ingin mencari rumah dijual di Jakarta Selatan, Anda bisa langsung mendapatkan pilihan rumah yang cocok dengan bujet dan kebutuhan pribadi.

 

Jika sedang mencari rumah tapak premium di Jakarta Selatan, beberapa pilihan menariknya adalah Serenia Hills dan Precium Kebayoran Baru.

Legalitas Keamanan Terjamin

Legalitas Keamanan TerjaminFoto: Pexels

 

Keunggulan lain dari beli rumah lewat agen properti adalah legalitasnya yang terjamin. 

 

Tentunya, ini menjadi nilai plus terutama bagi Anda yang masih awam dan belum mengetahui cara mengecek legalitas developer.

 

Biasanya, properti yang ditawarkan oleh agen properti yang kredibel sudah dicek terlebih dahulu legalitas atau statusnya.

 

Jadi, bisa dipastikan kalau Anda tidak perlu khawatir untuk urusan satu ini.

Lebih Praktis

 beli rumah di agen propertiFoto: Pexels

 

Jika memutuskan untuk menggunakan agen properti, Anda akan menghemat banyak waktu karena tidak harus melakukan pencarian seorang diri.

 

Karena itu, bisa dibilang kepraktisan ini menjadi salah satu keunggulan saat beli rumah lewat agen properti.

Mempermudah Pengurusan Akta Jual Beli (AJB)

Mempermudah Pengurusan Akta Jual Beli

Foto: Unpslash

 

Masih ada hubungannya dengan kepraktisan, ketika Anda menggunakan agen properti, otomatis Anda bisa menyerahkan urusan mengurus akta jual beli (AJB) rumah di notaris kepada agen tersebut.

 

Dengan kata lain, Anda hanya perlu duduk tenang dan menunggu hasilnya saja. Cukup simpel, bukan?

Mempermudah Validasi PBB, BPHTB, BBN dan PPh

Mempermudah Validasi PBBFoto: Pexels 

 

Selain AJB, agen properti juga bisa mempermudah Anda dalam mengurus dokumen rumah yang baru dibeli, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Bea Balik Nama (BBN), Pajak Penghasilan (PPH). 

Proses Beli Rumah Lewat Agen Properti

Proses Beli Rumah Lewat Agen PropertiFoto: Unsplash

 

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari beli rumah lewat agen properti, kita akan membahas soal cara beli rumah lewat agen properti.

 

Secara garis besar, proses membeli rumah lewat agen properti kurang lebih sama dengan membeli rumah sendiri.

 

Bedanya, hampir semua proses dan detailnya dilakukan oleh pihak agen. Berikut penjelasan lengkapnya:

 

-. Setelah menemukan agen properti yang sesuai, biasanya agen tersebut akan berkonsultasi terkait properti yang Anda inginkan, mulai dari lokasi propertinya, tipe hunian dan fasilitas, serta anggaran yang disediakan.

 

-. Selanjutnya agen properti akan menyerahkan beberapa pilihan properti. Pilih setidaknya tiga opsi, lalu minta agen untuk mengatur jadwal survei langsung ke lokasi.

 

-. Jika sudah melihat proyek properti yang diinginkan dan mendapatkan semua informasinya secara jelas, buat keputusan hunian mana yang Anda pilih. Kemudian, sampaikan hal ini kepada agen agar bisa masuk ke tahap jual-beli properti.

 

-. Jika bila beli rumah lewat agen properti dengan sistem KPR, proses jual-beli properti tentu melibatkan urusan kredit di perbankan. Karena itu, proses ini biasanya membutuhkan sejumlah berkas sebagai persyaratan. Tapi jangan khawatir, agen properti akan mengurus segala prosesnya. Namun, Andapun harus hadir jika diminta oleh pihak perbankan.

 

Itulah penjelasan singkat soal keuntungan dan proses beli rumah lewat agen properti. Semoga informasi ini dapat membantu Anda menemukan rumah impian!

 

 

Author:

Ferry Fadhlurrahman