Keuntungan dan Proses Beli Rumah lewat Agen Properti

beli rumah lewat agen properti

 

Ada banyak cara untuk membeli rumah. Anda bisa mencari sendiri dengan survei ke beberapa perumahan atau langsung menghubungi developer misalnya jika Anda memilih perumahan di laman Rumah123

 

Salah satu cara yang paling praktis sebenarnya adalah beli rumah lewat agen properti. 

 

Saat ini agen properti sendiri sudah banyak sekali di Indonesia. Biasanya setiap satu agen memegang ratusan listing rumah dijual di satu area. Jika Anda tertarik untuk membeli rumah bisa saja menghubungi salah satu agen yang ada di area tersebut. 

 

Reputasi dari agen properti sendiri tidak dipungkiri tidak selalu bagus di mata masyarakat, terkait banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan agen properti

 

Tapi jika Anda hati-hati dan teliti, justru membeli rumah lewat agen properti malah banyak keuntungannya. 

 

Nah, di sini akan dibahas tentang apa saja keuntungan beli rumah lewat agen properti. Dan jika Anda tertarik, bagaimana sih prosesnya? Berikut penjelasan selengkapnya.

 

Keuntungan Beli Rumah Lewat Agen Properti

Keuntungan Beli Rumah Lewat Agen Properti

 

Untuk bagian pertama ini kita akan membahas tentang keuntungan beli rumah lewat agen properti. 

 

Banyak Pilihan Properti

Jika mencari  rumah sendiri mungkin Anda akan bingung untuk memulai. Tapi dengan beli rumah lewat agen properti, Anda akan langsung dicarikan rumah yang sesuai dengan kriteria atau keinginan Anda.

 

Misalnya jika ingin mencari rumah di Bandung atau di Jakarta, maka Anda bisa mendapatkan rumah yang cocok dengan bujet dan kebutuhan anda. 

 

Legalitas Keamanan Terjamin

Keunggulan lain dari beli rumah lewat agen properti adalah terkait legalitas. Biasanya, properti yang ditawarkan agen properti sudah dicek lebih dulu legalitas atau statusnya. Jadi bisa dipastikan Anda tidak perlu khawatir untuk urusan satu ini.

 

Praktis

beli rumah di agen properti

 

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan agen properti, ini akan menghemat banyak waktu dalam pencarian rumah. Dan bisa dibilang, kepraktisan ini jadi salah satu keunggulan utama membeli rumah lewat agen.

 

Mempermudah Pengurusan Akta Jual Beli (AJB) di Notaris

Masih ada hubungannya dengan kepraktisan. Ketika menggunakan agen properti, Anda bisa menyerahkan urusan mengurus akta jual beli (AJB) rumah di notaris pada agen. Jadi Anda hanya terima jadi. 

 

Mempermudah  Validasi PBB, BPHTB, BBN dan PPh

Selain AJB, agen properti juga bisa mempermudah mengurusi dokumen rumah yang baru dibeli, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Bea Balik Nama (BBN), Pajak Penghasilan (PPH). 

 

Proses Beli Rumah Lewat Agen Properti

Proses Beli Rumah Lewat Agen Properti

 

Setelah mengetahui keunggulan dari beli rumah lewat agen properti, kita akan membahas soal cara beli rumah lewat agen.

 

Secara garis besar, proses membeli rumah lewat agen properti langkahnya kurang lebih sama dengan membeli rumah sendiri, bedanya hampir semua proses dan detailnya dilakukan oleh pihak agen. Berikut penjelasan lengkapnya:

 

1. Setelah menemukan agen properti yang sesuai, biasanya sang agen akan mengonsultasikan soal properti yang diinginkan. Mulai dari lokasi properti, tipe hunian dan fasilitasnya, serta anggaran yang Anda miliki.

 

2. Selanjutnya agen properti akan menyerahkan beberapa pilihan properti. Pilih setidaknya tiga opsi, dan minta agen untuk mengatur jadwal survei langsung ke lokasi.

 

3. Jika sudah melihat proyek properti yang diinginkan serta mendapatkan semua informasinya secara jelas, buat keputusan hunian mana yang Anda pilih. Kemudian sampaikan hal ini kepada agen properti agar bisa masuk ke tahap jual beli properti.

 

4. Jika bila beli rumah lewat agen properti dengan sistem KPR, proses jual beli properti tentu akan melibatkan urusan kredit di perbankan dan membutuhkan sejumlah berkas. Tapi jangan khawatir, agen properti akan mengurus semua ini tentunya dengan kehadiran Anda pada beberapa sesi tertentu.

 

Itulah penjelasan singkat soal keuntungan dan proses beli rumah lewat agen properti. Untuk pilihan hunian sendiri Anda bisa lihat dengan mudah di Rumah123, dimana Anda juga bisa langsung menghubungi agen properti yang menawarkan hunian tersebut. 

 

Semoga informasi ini dapat membantu Anda menemukan rumah impian. 

 

 

 

 

Author:

Ferry Fadhlurrahman

Tambahkan Komentar