Panduan Cara Beli Apartemen Tanpa DP dan Rekomendasi Apartemennya

cara-beli-apartemen-tanpa-dp

 

Hidup dan bekerja di kota besar pastinya memiliki berbagai tantangan, salah satunya menemukan hunian dengan harga terjangkau.

 

Mendapatkan rumah dijual pun rasanya sangat sulit, apalagi harganya yang sudah selangit. Karena itu, memilih apartemen bisa jadi pilihan yang tepat.

 

Ada berbagai cara untuk membeli apartemen salah satunya mengajukan KPA ke bank. Namun DP menjadi syarat mutlak yang wajib Anda siapkan.

 

Besaran DP yang diberikan pihak bank pun kadang dirasa sangat besar dan memberatkan, belum lagi bunga yang diberikan tidak ringan.

 

Buat Anda yang sedang mencari cara beli apartemen tanpa DP, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut selengkapnya.

 

5 Tips Beli Apartemen Tanpa DP

Ikuti Program DP 0 Persen dari Pemerintah

ikuti-program-dp-0-persen-dari-pemerintah

 

Pemberlakuan PPN Ditanggung Pemerintah (DTP) untuk rumah tapak dan rusun/apartemen ditanggung seluruhnya oleh pemerintah.

 

Lalu, BI juga memberlakukan relaksasi loan to value/financing to value (LTV/FTV) untuk kredit pembiayaan properti maksimal 100 persen pada 1 Maret 2021.

 

Kebijakan BI ini tentu saja berdampak pada pembelian properti tanpa harus membayar uang muka menggunakan KPA.

 

Namun untuk mengikuti program DP 0%, Anda harus paham syarat, pengajuan, dan skema yang ditawarkan dari program tersebut.

 

Temukan Bank dengan KPA Tanpa DP

temukan-bank-dengan-kpa-tanpa-dp

Foto: ilustrasi bank

 

Tidak semua bank di Indonesia menyediakan fasilitas KPA tanpa DP, untuk itu sebelum mengajukan kredit sebaiknya cari informasi produk yang ditawarkan oleh bank.

 

Anda juga bisa bertanya langsung kepada pihak bank terkait, apakah mereka menyediakan layanan kredit apartemen tanpa uang muka.

 

Umumnya, bank milik negara menyediakan fasilitas ini seperti bank Mandiri, BTN, dan lainnya.

 

Selain itu, cek juga besaran bunga yang diberikan dan alur cicilan setiap bulannya, serta masa tenor cicilan.

 

Developer yang Menawarkan DP 0 Persen

developer-yang-menawarkan-dp-0-persen

 

Jika Anda mencari apartemen di internet, akan ada banyak iklan apartemen berseliweran yang memasarkan apartemen dengan pembelian unit tanpa uang muka.

 

Biasanya, pengembang yang mempromosikan hal tersebut sudah bekerjasama dengan pihak bank penyedia KPA.

 

Jika Anda ingin mencari apartemen siap huni, cara di atas kurang tepat karena proyek pembangunan masih dijalankan oleh developer atau belum jadi.

 

Ketika sistem booking unit telah memenuhi target, serah terima kunci baru dilakukan sekitar 1-3 tahun setelah topping off apartemen diresmikan.

 

Kredit Langsung ke Penjual

kredit-langsung-ke-penjual

Foto: forbes

 

Cara satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin cepat mendapatkan apartemen, yakni membeli langsung dari pemilik pertama.

 

Namun sebelum melakukan proses pembayaran, ada baiknya untuk mengecek kondisi apartemen hingga dokumen legalitas yang mendukung.

 

Jika Anda sampai lalai melakukan hal tersebut, maka siap-siap kedepannya mendapatkan berbagai masalah kepemilikan dan biaya perbaikan yang besar.

 

Kredit melalui Lembaga Keuangan Non-Bank

Selain bank ada cara beli apartemen tanpa dp yang bisa Anda ikuti, yakni melalui lembaga non-perbankan.

 

Beberapa lembaga tersebut menawarkan fasilitas pembiayaan kredit tanpa DP, dengan suku bunga lebih rendah dibandingkan dengan bank konvensional pada umumnya.

 

Saat ini, ada banyak sekali lembaga non-perbankan yang menawarkan fasilitas kredit rumah tanpa DP, yang pastinya sangat membantu dan meringankan anggaran beli apartemen.

 

Meskipun sangat memudahkan, Anda masih perlu berhati-hati. 

 

Sebaiknya pilih Lembaga non-bank atau Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang memiliki izin usaha dari Kemenkeu, BEI, dan BI.

 

Rekomendasi Apartemen Tanpa DP

Apartemen Thamrin District

apartemen-thamrin-district

Foto: apartemen-thamrindistrict

 

Apartemen Thamrin District jadi apartemen yang mengusung mixed use concept di Kota Bekasi yang memiliki 549 unit di setiap towernya.

 

Tidak hanya menghadirkan tempat tinggal, apartemen dijual di Bekasi ini juga menyediakan unit komersial, business park, mal, serta menampilkan 17 fasilitas unggulan.

 

Hunian vertikal yang mengusung konsep limited unit, green living, dan, urban style ini diburu oleh berbagai kalangan karena menawarkan harga yang kompetitif dan cicilan DP 0%.

 

Dengan harga unit Rp300 juta dan cicilan Rp3-4 juta per bulan, Anda sudah bisa memiliki salah satu unit apartemen yang berada di CBD Bekasi tersebut.

 

Apartemen Signature Park Grande

apartemen-signature-park-grande

Foto: signaturepark-grande

 

Masih di bawah naungan Pikko Group, Apartemen Signature Park Grande menjadi apartemen kelas premium di Jakarta Timur karena lokasinya yang terbilang sangat strategis.

 

Berada di Jalan Letjen MT Haryono No. 20, Cawang, apartemen ini menampilkan hunian yang cocok untuk penghuni yang memiliki mobilitas tinggi.

 

Terlihat dari pembangunan LRT Cawang, akses ke Stasiun KRL Cawang dan jarak tempuh ke Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta hanya 10 menit dari apartemen. 

 

Untuk fasilitas apartemen yang bisa didapatkan, antara lain taman, BBQ area, taman bermain anak, kolam renang, jacuzzi, dan multi function room.

 

Semua keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan mulai dari Rp600 jutaan. Dan pastinya, Anda berkesempatan menikmati bebas biaya PPN 10%, promo PD 0%, dan cicilan mulai dari Rp4 jutaan.

 

Selain apartemen Signature Park Grande, Anda juga bisa temukan banyak pilihan apartemen dijual di Jakarta Timur lainnya di Rumah123.com.

 

Klaska Residence

klaska-residence

Foto: klaskaresidence

 

Turut menyediakan apartemen tanpa DP, developer SinarMas Land berekspansi ke Surabaya dan mempersembahkan Klaska Residence.

 

Hunian vertikal dengan konsep smart apartment ini, setiap unitnya dibekali dengan smart system yang aman dan memudahkan pemilik hunian.

 

Berada di pusat kota, apartemen Klaska Residence menyuguhkan berbagai kemudahan dari fasilitas hingga aksesibilitas yang jarang Anda temukan di apartemen sejenis.

 

Lalu konsep resort yang menenangkan, dengan gaya tropis yang khas jadi hal yang menarik untuk Anda pertimbangkan.

 

Dalam metode pembiayaannya, Sinarmas Land menawarkan apartemen tanpa DP dengan angsuran mulai dari Rp4 jutaan.

 

Selain ketiga pilihan di atas, ada banyak hunian vertikal yang memberikan DP nol persen salah satunya di Apartemen Menara Swasana.

 

Apartemen ini merupakan hunian subsidi dari pemerintah. Jika tertarik, Anda bisa membeli lewat laman properti Rumah123.com.

 

Itu dia informasi mengenai cara beli apartemen tanpa DP dan beberapa rekomendasi huniannya.

 

Semoga artikel ini bermanfaat!

 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya

Tambahkan Komentar