Sewa Jasa Agen Real Estat, Ini Keuntungan yang Kita Dapat

Agen Real Estat

Foto: Business Partner Magazine

 

Bagi yang ingin menyewa properti, ada kalanya kita merasa kebingungan untuk menyesuaikan target properti dengan kebutuhan dan bujet yang ada.

 

Dalam kasus ini, Anda membutuhkan jasa profesional untuk mengatasi hal tersebut. Karena itu, menggunakan jasa agen real estat adalah salah satu solusinya.

 

Tentunya, agen real estat akan memberikan kemudahan sekaligus keuntungan bagi Anda yang sedang mencari atau bahkan menjual properti.

 

Lalu, sebenarnya apakah agen real estat itu? Dan apa sajakah keuntungan dalam menggunakan jasa agen satu ini?

 

Untuk lebih jelasnya, mari simak selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Agen Real Estat?

Apa Itu Agen Real Estat

 

Agen real estat, atau yang lebih dikenal sebagai agen properti, adalah orang yang berusaha untuk menjual, menyewa dan memasarkan properti. 

 

Properti yang dipasarkan pun beragam, biasanya meliputi tanah atau bangunan.

 

Bangunan yang dipasarkan bisa berupa rumah, klaster, ruko, rukan, apartemen, kantor dan lain sebagainya.

 

Biasanya, orang yang menjual dinamakan agen real estat, makelar atau broker

 

Menjadi seorang agen real estat pun merupakan peluang usaha yang tidak membutuhkan modal besar, namun menjanjikan keuntungan yang tinggi.

 

Seperti namanya, tugas agen real estat adalah menghubungkan pembeli dengan pemilik properti.

 

Dalam hal ini agen real estat berperan sangat penting dalam kesuksesan penjualan, sehingga komisi yang didapat pun cukup besar.

 

Hal itu dikarenakan agen real estat sebagai jasa profesional memiliki kepiawaian untuk menawar properti dengan berbagai perhitungan yang matang.

 

Perlu diketahui, agen real estat atau property agent dikelompokan menjadi dua, yakni agen freelance dan agen properti bersertifikat.

 

Selain itu, agen real estat yang memiliki banyak koneksi juga dapat memberikan kemudahan bagi Anda, yang sedang mencari pembeli atau penjual properti yang tepat.

 

Berkat hal tersebut, agen real estat dapat memberi keuntungan untuk Anda yang ingin melakukan sewa atau menjual properti.

Keuntungan Menyewa Jasa Agen Real Estat

Keuntungan dari Jasa Agen Real Estat

 

Meski berkecimpung di dalam ranah jual-beli properti, nyatanya agen real estat tidak hanya berperan dalam transaksinya saja.

 

Untuk urusan sewa-menyewa pun, mereka memiliki peran yang sangat membantu antara kedua belah pihak, baik pemberi maupun penyewa.

 

Ada berbagai keuntungan menyewa properti dengan menggunakan jasa agen real estat, antara lain:

Menjadi Konsultan dan Mengurus Hal Administratif

Menjadi Konsultan dan Mengurus Hal Administratif

 

Keuntungan pertama dengan menggunakan agen real estat adalah memiliki konsultan dalam bidang properti.

 

Seorang agen real estat akan memberi informasi mengenai berbagai hal yang Anda butuhkan, seperti jenis properti yang hendak disewa, lokasi yang tepat, sampai kisaran harga sewa yang rasional.

 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jasa agen real estat untuk mengurus berbagai hal terkait administrasi sewa menyewa properti.

Memberi Rekomendasi Properti

Keuntungan Sewa Jasa Agen Reat Estat Memberi Rekomendasi Properti

 

Selain menjadi konsultan, agen real estat juga dapat memberikan beberapa opsi atau rekomendasi properti yang Anda butuhkan.

 

Namun tentu saja, keputusan terakhir tetap berada di tangan Anda.

Melakukan Mediasi dengan Penjual

Keuntungan Sewa Jasa Agen Properti Melakukan Mediasi dengan Penjual

 

Keuntungan terakhir yang bisa didapat jika menyewa jasa agen real estat, ialah kemudahan dalam melakukan media dengan penjual.

 

Tentunya jika dalam periode sewa terjadi persoalan, agen real estat dapat bertugas sebagai saksi saat transaksi sewa rumah berlangsung.

 

Ini sekaligus berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan merugikan salah satu pihak.

Komisi Agen Real Estat

Fee Agen Real Estat

 

Peraturan mengenai komisi agen properti sebenarnya sudah tertuang pada Permendag No. 33/Mendag/Per/8/2008, yang kemudian direvisi pada tahun 2017.

 

Pada peraturan lama dikatakan bahwa pemerintah mengatur batasan komisi bagi agen real estat sebanyak 2% dari nilai transaksi.

 

Namun pada umumnya real estat dapat memperoleh antara 2-3,5% dari nilai transaksi. Bahkan, tak menutup kemungkinan agen real estat bisa mencapai 5%.

 

Itulah penjelasan mengenai agen real estat beserta keuntungan menggunakan jasanya.

 

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu, ya!

 

 

Jangan lupa, kunjungi situs properti rumah123.com untuk melihat berbagai penawaran menarik mengenai sewa dan beli properti.

 

Ingin membeli rumah dijual di Jakarta? Terdapat Pinang Residence dan CitraGarden City yang bisa Anda lirik.