Tips dan Keuntungan Investasi Rumah

investasi rumah

Foto: Unsplash

 

Dewasa ini banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi di bidang properti. Bagaimana tidak? Ii adalah salah satu bentuk investasi yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

 

Salah satu properti yang banyak dipilih adalah rumah. Alasannya karena rumah merupakan salah satu instrumen investasi yang nilainya tidak akan turun. Belum lagi dengan kebutuhan rumah yang sangat tinggi, keuntungan investasi rumah malah akan semakin besar. 

 

Selain itu, masih ada keuntungan lainnya, berikut penjelasannya.

 

Keuntungan Investasi Rumah

Bisa Jadi Pendapatan Pasif

Keuntungan Investasi Rumah

 

Jika Anda berniat membeli rumah dan tidak akan menempatinya, mungkin bisa disewakan. Keuntungan investasi rumah di sini adalah bisa jadi sumber pendapatan pasif dengan menyewakan atau dijadikan kos-kosan.

 

Apalagi kalau Anda membeli dengan KPR, biaya sewa yang dibayarkan bisa untuk cicilan rumah. Sangat menguntungkan bukan?

 

Harga Rumah Terus Naik Setiap Tahun

Seperti yang disebutkan, rumah merupakan salah satu bentuk investasi yang jarang sekali turun nilainya. Bahkan dari tahun ke tahun terus naik dengan kisaran 10%-15%. 

 

Biasanya faktor yang membuat harga rumah turun dipengaruhi oleh kondisi, faktor lingkungan, dan sebagainya. Di luar faktor tersebut kecil kemungkinan nilai rumah akan turun. 

 

Tapi jika rumah tersebut memang kondisinya kurang baik, Anda bisa lakukan renovasi, maka nilai jualnya pun bisa kembali maksimal.

 

Properti Bisa Multiguna

Keuntungan investasi rumah berikutnya, apalagi berada di tempat strategis, bisa digunakan untuk hal lain, seperti tempat usaha, kantor, bahkan ruko. 

 

Bahkan bisa saja ada perusahaan yang tertarik menjadikan rumah Anda sebagai kantor. Saat ini sudah banyak perusahaan startup yang berkantor di lingkungan perumahan yang ada di Indonesia

 

Rumah Adalah Investasi Jangka Panjang

Rumah Investasi Jangka Panjang

 

Nah, keuntungan investasi rumah satu ini adalah salah satu alasan paling kuat untuk Anda harus segera memulainya. 

 

Rumah yang Anda beli sekarang nilainya tentu akan berlipat-lipat di 10-15 tahun mendatang. Atau bisa juga rumah tersebut diwariskan kepada anak Anda.

 

Tips Memulai Investasi Rumah

Memulai Investasi Rumah

 

Setelah mengetahui keuntungan investasi rumah, tentunya Anda semakin tertarik dong

 

Tapi sebelum memulai lebih baik mengetahui beberapa tips untuk memulai investasi rumah. Ini tentunya bisa jadi pegangan untuk yang baru memulai investasi di bidang properti. 

 

Pilih Rumah dengan Lokasi Strategis

Jika Anda ingin memulai investasi rumah, pilihlah rumah dengan lokasi strategis. Karena dari faktor lokasi saja sudah berpengaruh besar pada nilai dari rumah.

 

Jika memungkinkan pilih rumah dekat tempat kerja, sekolah, bandara, jalan raya hingga stasiun. Misalnya rumah di Parayasa atau Daru Raya dan masih banyak lagi.

 

Beli Rumah dari Pengembang

Jika ragu atau masih belum berpengalaman, langkah amannya adalah berinvestasi di perumahan dari developer besar. 

 

Apalagi, biasanya hunian yang dikembangkan developer bakal jadi hot property yang banyak diincar di kawasan tersebut. Jadi, selain lebih aman, Anda juga mendapatkan keuntungan investasi rumah yang berlipat.

 

Sesuaikan dengan Bujet

Sebelum membeli rumah untuk diinvestasikan, silahkan hitung bujet dulu. Ingat, tujuan utama investasi adalah untuk memberdayakan uang pasif. Bukan malah dijadikan sebagai penghasilan utama. 

 

Jadi sesuaikan dengan bujet, dan jangan sampai investasi ini malah menjadi beban keuangan Anda dan keluarga.

 

Beli di Kawasan Sunrise Property

profit investasi rumah

 

Salah satu properti yang sangat ideal untuk dijadikan investasi adalah yang ada di kawasan sunrise property, yakni area yang sangat potensial dan punya peluang untuk tumbuh serta berkembang. 

 

Biasanya rumah yang dijual di kawasan ini belum terlalu banyak, tapi berpotensi akan ramai dan banyak diminati beberapa tahun ke depan. Biasanya properti semacam ini berada di kota-kota satelit, contohnya Citayam, Cikarang, Cibinong, Serpong dan masih banyak lagi.

 

Pilih Rumah dengan Fasilitas Umum Lengkap

Agar rumah Anda memiliki keunggulan lebih, pilihlah rumah yang memiliki fasilitas umum di sekitarnya. Bisa dilihat dengan keberadaan pusat perbelanjaan, rumah sakit, pusat transportasi umum dan sebagainya. 

 

Memilih berinvestasi di perumahan juga tergolong pilihan aman, karena biasanya perumahan besar juga sudah mempunyai fasilitas umum yang cukup lengkap. 

 

Itulah beberapa keuntungan investasi rumah dan juga tips untuk Anda yang ingin memulainya. Semoga informasi ini membantu.

 

 

 

Author:

Ferry Fadhlurrahman

Tambahkan Komentar