Tips Tinggal di Rumah Kontrakan yang Bisa Bikin Nyaman dan Betah

Tinggal di Rumah Kontrakan

Foto : pinterest

 

Tak semua orang cukup beruntung bisa membeli rumah pribadi. Ada yang harus menabung cukup lama bahkan harus tinggal di rumah kontrakan sebelum mampu memiliki rumah impian. 

 

Namun rumah kontrakan juga bukanlah tempat tinggal yang buruk lho! Justru sebaliknya, Anda tetap bisa merasakan pengalaman tinggal yang nyaman dan menyenangkan. Caranya mudah saja, ikuti tips tinggal di rumah kontrakan berikut ini!

 

Cari Rumah Kontrakan yang Sesuai

Sebelum tinggal di rumah kontrakan, Anda tentu mencari rumah yang tepat untuk dihuni. Temukan rumah kontrakan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini penting untuk menciptakan rasa nyaman ketika menempati hunian tersebut nantinya.

 

Anda harus mengetahui apa yang diinginkan dari sebuah hunian. Mulai dari ukuran bangunan, jumlah ruangan hingga fasilitas misalnya rumah dengan halaman luas, dan faktor lain seperti lokasi dan lingkungan. Semuanya bisa menentukan kenyamanan tinggal.

 

Pertimbangkan Biaya

Tips tinggal di rumah kontrakan berikutnya adalah pertimbangkan biaya. Saat memilih  rumah kontrakan, pastikan keuangan Anda tidak terganggu. Jangan sampai boros hanya karena membayar sewa rumah.

 

Jadi persiapkan budget secara matang sebelum memutuskan untuk memilih dan menyewa sebuah rumah.

 

Periksa Kondisi Rumah

Tips tinggal di rumah kontrakan ini juga tak kalah penting, yaitu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi rumah.

 

Perlu diingat tak semua kondisi rumah kontrakan dalam keadaan baik, setidaknya jika dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, Anda bisa berdiskusi untuk melakukan renovasi kecil dengan pemilik rumah.

 

Bawa Perabotan Sesuai Kebutuhan

perabotan rumah kontrakan

Foto : potterybarn.com.sa

 

Membawa perabotan sesuai kebutuhan tentu akan memberikan pengalaman tinggal yang menyenangkan di rumah kontrakan.

 

Oleh karena itu sebelum pindah rumah, Anda juga harus memilah-milah barang apa saja yang perlu dibawa dan dirasa penting.

 

Rawat Hunian seperti Rumah Sendiri

merawat rumah kontrakan

Foto : architecturaldigest.com

 

Ini bisa jadi salah satu tips tinggal di rumah kontrakan yang banyak dilupakan.

 

Padahal dengan merawat rumah kontrakan seperti merawat rumah sendiri tentu akan berpengaruh pada kenyamanan Anda juga.

 

Jika perlu dan diperbolehkan, Anda bisa menata rumah kontrakan dan memberi sedikit ‘perubahan’ misalnya pada warna dinding atau yang lainnya.

 

Jika penghuni memperlakukan rumah dengan baik tentu hunian pun akan jadi tempat yang nyaman dan aman bukan?

 

Cari Info Langsung dari Pemilik Rumah

Belum yakin dan masih memiliki pertanyaan tentang hunian yang Anda incar?

 

Jangan ragu untuk bertanya! Terutama mengenai hal-hal penting seperti keadaan lingkungan, keamanan dan lain-lain.

 

Bertanya juga bisa membantu Anda mengambil langkah preventif, agar tak terjadi hal yang kurang menyenangkan.

 

Perhatikan Surat Perjanjian Kontrak

Beberapa pemilik rumah kontrakan turut menyertakan surat perjanjian kontrak yang harus ditandatangani. Hal ini jelas penting, mengingat ada peraturan yang akan mengikat Anda nantinya.

 

Oleh sebab itu perhatikan baik-baik apa saja isi dari surat tersebut dan pastikan tidak mengganggu kenyamanan Anda selama tinggal di rumah kontrakan tersebut.

 

Buat Kesepakatan Pembayaran

Ada beberapa cara berbeda dalam membayar biaya sewa rumah, seperti per bulan atau per satu tahun.

 

Hal ini juga penting untuk diperhatikan, agar tidak memberatkan Anda nantinya. Oleh sebab itu diskusikanlah dengan pemilik rumah mengenai waktu pembayaran sewa.

 

Jangan sampai Anda telat membayar uang sewa, karena ini tentu dapat menjadi masalah serius yang mempengaruhi kenyamanan Anda dan pemilik rumah.

 

Jalin Hubungan Baik dengan Pemilik

Tips tinggal di rumah kontrakan yang juga penting adalah menjalin hubungan baik dengan pemilik rumah.

 

Jika komunikasi dengan pemilik rumah lancar tentunya Anda akan merasa lebih nyaman untuk tinggal. Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti peraturan yang diterapkan oleh pemilik agar tidak ada konflik antara kedua belah pihak.

 

Itulah tadi sejumlah  tips tinggal di rumah kontrakan yang wajib diketahui dan bisa membantu Anda mendapatkan pengalaman tinggal yang menyenangkan.

 

Jangan lupa juga untuk mencari rumah kontrakan dan properti menarik lainnya hanya di Rumah123 yang menyediakan beragam pilihan, mulai dari perumahan baru, ruko, tanah dan lain-lain. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

 

 

Author :

Citra Purnamasari

Tambahkan Komentar