7 Desain Rumah 1 Kamar untuk Hunian Kecil yang NyamanDesain Rumah 1 Kamar

Foto: desain.id

 

Bagi Anda yang belum menikah atau memutuskan untuk hidup sendiri, rumah 1 kamar menjadi pilihan yang paling tepat untuk tempat tinggal.

 

Karena rumah dengan 1 kamar biasanya tidak memiliki ukuran terlalu luas dan pas untuk dihuni seorang diri. Membersihkannya pun tidak terlalu melelahkan dengan biaya perawatan relatif kecil.

 

Lagipula, rumah 1 kamar bisa saja nantinya dikembangkan secara bertahap sesuai kebutuhan. Misalnya saat kamu nanti menikah dan memiliki anak.

 

Jika kamu tertarik membeli rumah 1 kamar, berikut ini Panduan Rumah123.com sudah merangkum desain rumah 1 kamar dari berbagai sumber yang bisa dijadikan referensi agar hunian terasa nyaman.

Rumah 1 Kamar Sederhana

Rumah 1 Kamar Sederhana

Foto: adliani.files.wordpress.com

 

Desain rumah 1 kamar sederhana ini memiliki kamar yang terletak di depan. 

 

Karena terhubung langsung ke jendela sebagai ventilasi udara dan cahaya, membuat kamar di sini menjadi lebih sehat dan terasa segar.

Desain Rumah 1 Kamar Mezzanine

Desain Rumah 1 Kamar Mezzanine

Foto: hipwee.com

 

Konsep mezzanine saat ini tak hanya diterapkan di apartemen saja, karena sudah banyak pula tersedia rumah dengan mezzanine.

 

Jika kamu memiliki lahan yang terbatas, kamar tidur dengan konsep mezzanine menjadi pilihan yang tepat. 

 

Mezzanine sendiri merupakan sebuah ruang terpisah yang terhubung dengan ruang utama melalui sebuah tangga.

 

Syarat untuk memiliki kamar mezzanine adalah huniannya memiliki plafon tinggi. Biasanya jarak antara plafon dan lantai yang digunakan minimal lima meter atau lebih tinggi.

 

Beberapa desain hunian dengan konsep mezzanine yang bisa dilirik khususnya bagi yang sedang cari rumah dijual di Jakarta Timur salah satunya adalah Premier Terrace.

Desain Rumah 1 Kamar Type 45

Desain Rumah 1 Kamar Tipe 45

Foto: desain.id

 

Banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia, biasanya, rumah type 45 memiliki ukuran 6x7,5 dan 8x5,6 meter persegi.

 

Karena berukuran cukup luas, kamu bisa menggunakan kasur berukuran besar seperti queen size maupun king size.

 

Selain itu, kamu masih bisa memberi ruang untuk lemari pakaian berukuran besar, bahkan walk in closet

 

Atau  kamu bisa menambahkan set bar pada kitchen set.

 

Dan bisa pula menggunakan sisa area belakang rumah sebagai tempat bersantai.

Rumah Minimalis 1 Kamar dengan Halaman Belakang

Rumah Minimalis 1 Kamar dengan Halaman Belakang

Foto: desain.id

 

Selain kitchen set dengan mini bar dan walk in closet pada hunian, memiliki rumah 1 kamar berukuran cukup luas, juga bisa membuat kamu leluasa untuk mendekorasi rumah.

 

Salah satunya, dengan membuat halaman belakang untuk tempat bersantai yang nyaman. Buatlah taman kecil dengan pagar tertutup yang bisa membuat hunian terasa lebih asri.

 

Salah satu tipsnya, gunakan pintu kaca sebagai akses ke taman belakang rumah. Selain bisa membuat hunian terkesan lebih lapang juga bisa membuat cahaya masuk dengan lebih optimal.

Desain Rumah 1 Kamar Tanpa Sekat

Desain Rumah 1 Kamar Tanpa Sekat

Foto: desain.id

 

Selain menggunakan sekat seperti pintu kaca, cara lain untuk membuat kesan lapang pada desain rumah 1 kamar adalah dengan meniadakan sekat, seperti pada hunian di apartemen tipe studio.

 

Namun, jika ingin tetap ada ruang privat misalnya untuk area tidur, kamu bisa menyekat dengan sebuah rak yang tidak terlalu tinggi, kira-kira berukuran tiga perempat dinding. Rak tersebut bisa dijadikan tempat meletakkan panel TV.

Desain Rumah 1 Kamar Tipe 36

Desain Rumah 1 Kamar Tipe 36

Foto: desain.id

 

Lalu bagaimana jika kamu memiliki rumah yang berukuran lebih kecil seperti type 36?.

 

Jangan khawatir, sebab dengan penataan yang pas, desain rumah 1 kamar untuk type 36 tetap bisa terlihat lapang dan nyaman.

 

Salah satu tips yang perlu dicoba adalah dengan tidak menempatkan furnitur berukuran besar. Misalnya untuk ruang tidur, gunakan kasur berukuran single saja.

 

Pilihan rumah type 36 yang ditawarkan developer saat ini pun sudah sangat banyak dan beragam, salah satunya rumah minimalis modern seperti Makmur Indah Residence dan Samesta Parayasa yang merupakan pilihan rumah dijual di Bogor dengan harga terjangkau, mulai dari Rp300 jutaan.

Desain  Rumah 1 Kamar dengan Teras

Desain Rumah 1 Kamar dengan Teras

Foto: desain.id

 

Desain rumah 1 kamar yang terakhir dapat dipilih jika kamu menginginkan hunian dengan teras.

 

Selain dapat berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara, adanya teras pada rumah berukuran mungil dapat berfungsi sebagai ruang tunggu bagi tamu sebelum dipersilahkan masuk ke dalam rumah.

 

Atau bahkan kamu juga bisa membuat ruang tamu di teras rumah. Sehingga area di dalam rumah tetap bisa terjaga privasinya.

 

Nah, itulah beberapa pilihan desain rumah 1 kamar yang bisa jadi pilihan untukmu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya!

 

 

Author:

Rachmi Arin Timomor