5 Contoh Hiasan Eksterior yang Cocok Jadi Dekorasi

Contoh Hiasan Eksterior

Foto : thespruce.com

 

Ketika melakukan renovasi atau mendekor ulang hunian, banyak orang hanya fokus pada bagian interiornya saja. Padahal, eksterior hunian juga tidak boleh diabaikan

 

Penataan eksterior rumah yang tepat, tentu membuat tampilan hunian menjadi lebih menawan.

 

Salah satu cara membuat bagian muka atau halaman rumah jadi lebih memikat, ialah dengan memberikan aksen dekorasi.

 

Ya, hiasan eksterior merupakan salah satu cara mudah membuat rumah tampak indah, tanpa harus melakukan renovasi besar-besaran.

 

Namun, contoh hiasan eksterior seperti apa yang tepat untuk hunian? Berikut beberapa pilihannya.

Hiasan Eksterior Menggunakan Bebatuan Alam

Hiasan Eksterior Menggunakan Bebatuan Alam

Foto : commonfloor.com

 

Salah satu contoh hiasan eksterior yang paling sering digunakan, ialah batu alam. Kesan alami dan menyejukkan bisa Anda dapatkan, jika mampu menata bebatuan alam dengan tepat.

 

Halaman luas atau sempit tetap bisa terlihat menawan menggunakan batu alam, namun pemilihan jenis batuan dan bentuknya juga harus sesuai.

 

Misalnya halaman rumah Anda terbilang sempit, maka jenis batuan kecil bisa menjadi pilihan.

 

Selain “menaburkannya” pada halaman atau jalan setapak, Anda pun bisa menggunakan jenis batuan alam sebagai aksen hiasan pada bagian dinding rumah.

 

Hunian berkonsep alami seperti Dago Village atau Puri Botanical, agaknya cocok jika menggunakan batuan alami sebagai elemen dekorasi eksteriornya.

Pergola Sebagai Hiasan Eksterior

 Pergola Sebagai Hiasan Eksterior

Foto : decorscan.com

 

Punya halaman super luas, namun bingung bagaimana cara menatanya? Anda bisa menggunakan pergola sebagai contoh hiasan eksterior yang nyaman dan fungsional.

 

Tidak cuma cantik, pergola berguna sebagai pelindung untuk teras atau area tempat duduk.

 

Pergola juga cocok dijadikan hiasan untuk kebun atau taman bunga di rumah. Materialnya pun bermacam-macam, Anda bisa memilih jenis pergola yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca Juga :

6 Manfaat Taman Rumah dan Tips Membuatnya

Tanaman Rambat sebagai Hiasan Eksterior

Tanaman Rambat sebagai Hiasan Eksterior

?Foto : hgtv.com

 

Ketika tidak punya cukup ruang untuk menambah dekorasi di halaman, maka dinding bisa jadi media yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan tanaman rambat.

 

Sentuhan warna hijau alami yang merambat di dinding hunian, agaknya ampuh membuat tampilan eksterior hunian tampak lebih segar dan hidup.

 

Apalagi jika tanaman yang dipilih merupakan tanaman berbunga, tentu Anda tak perlu membutuhkan banyak dekorasi tambahan untuk menghias bagian muka hunian.

 

Baca Juga :

Tanaman dalam Rumah yang Menyegarkan dan Mudah Dirawat

 

Tidak dibutuhkan ruang super luas untuk membudidayakan tanaman ini, namun tetap telaten dan perhatikan karakteristik tanamannya, ya.

Hiasan Dinding Berbahan Metal

Hiasan Dinding Berbahan MetalFoto : thespruce.com

 

Jika hunian Anda mengusung konsep futuristik atau modern, namun bingung menentukan contoh hiasan eksterior yang tepat, maka dekorasi dinding berbahan metal bisa jadi pilihan.

 

Inspirasi di atas bisa jadi ide untuk membuat tampilan luar rumah jadi lebih memikat dan unik.

 

Anda bisa menaruhnya di dinding dengan bentuk yang merepresentasikan kepribadian serta selera.

 

Perpaduan hiasan dinding berbahan metal dengan unsur alami seperti tumbuhan, kolam atau air mancur, hingga dekorasi berbahan kayu, mampu menciptakan tampilan yang seimbang.

 

Contoh hiasan eksterior berbahan metal sangat cocok diterapkan pada perumahan berkonsep modern minimalis, seperti Tabebuya BSD City atau Chelsea Modern Home.

Hiasan Eksterior dari Kayu dan Bambu 

Hiasan Eksterior dari Kayu dan Bambu

?Foto : contemporist.com

 

Contoh hiasan eksterior yang mudah untuk diterapkan adalah material kayu dan bambu. Kedua material ini jamak digunakan karena mampu memaksimalkan sentuhan alami pada hunian.

 

Tidak harus menggunakan keduanya, Anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan konsep hunian. Misalnya rumah Anda bertema Jepang, maka hiasan berbahan bambu bisa jadi pilihan.

 

Namun jika rumah mengusung konsep rustic seperti villa-villa di dataran tinggi, maka elemen dekorasi berbahan dasar kayu dirasa lebih cocok.

 

Baca juga : 

Inspirasi Rumah Kayu, Artistik dan Modern

 

Perumahan menggunakan hiasan eksterior kayu terbilang cukup banyak, di antaranya ada Shoji Land, Springhill Yume Lagoon, Golden Estesia, dan masih banyak lagi.

 

Itulah beberapa contoh hiasan eksterior yang bisa Anda terapkan di rumah.

 

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

 

 

Author:

Citra Purnamasari