Memilih Tempat Tinggal yang Nyaman, Ini 7 Hal yang Harus Diperhatikan

Tempat Tinggal yang Nyaman

Foto: Owners Club

 

Memiliki tempat tinggal yang nyaman adalah keinginan setiap orang. Meski begitu, memilihnya ternyata tidak semudah mempertimbangkan jenis, desain dan tipe rumah.

 

Nyatanya, masih ada banyak faktor penting yang harus dipertimbangkan dengan matang. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tak menyesal di kemudian hari.

 

Entah itu untuk ditempati seumur hidup atau sementara, Anda tetap tak boleh memilihnya secara sembarangan, kan?

 

Lalu, apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih tempat tinggal yang nyaman? Simak penjelasan berikut ini!

 

7 Faktor Utama dalam Memilih Tempat Tinggal yang Nyaman

Lokasi

Memilih Tempat Tinggal

Foto: Unsplash

 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membangun atau membeli sebuah hunian adalah lokasi.

 

Patut diketahui bahwa lokasi juga dapat menentukan nilai investasi. Oleh karena itu, pilihlah tempat tinggal yang terletak di lokasi strategis.

 

Misalnya, Anda bisa mencari rumah, apartemen atau kost yang lokasinya dekat atau tidak terlalu jauh dari tempat kerja atau kampus.

 

Selain itu, perhatikan juga apakah lokasinya bebas dari bencana alam, mudah diakses oleh kendaraan umum atau dekat dengan fasilitas umum.

 

Bujet dan Harga

Bujet dan Harga

Foto: Pixabay

 

Faktor selanjutnya yang harus diperhatikan adalah harga hunian yang diincar. Tentu saja, Anda harus menyesuaikan dengan bujet yang telah disiapkan sebelumnya.

 

Setelahnya, pastikan hitungan pembayarannya, apakah bulanan atau tahunan khususnya bagi yang ingin sewa apartemen atau sewa rumah.

 

Biasanya, sebagian besar bayaran rumah kontrakan atau kost yang ditawarkan akan dihitung per bulan, sedangkan apartemen, kebanyakan per tahun.

 

Perlu diingat juga kalau tempat tinggal yang nyaman tidak selalu identik dengan harga yang mahal. 

 

Jika Anda jeli dalam memilih dan melihat prospek tempat tinggal tersebut, maka besar kemungkinan kalau Anda akan memiliki rumah yang nyaman dengan harga yang terjangkau. 

 

Misalnya saja, rumah minimalis yang dijual di perumahan Taman Kopo Katapang. 

 

Terletak di lokasi yang strategis, tidak jauh dari akses Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja), rumah di Taman Kopo Katapang hanya dijual dengan harga sekitar Rp477 juta.

 

Jenis dan Ukuran Tempat Tinggal

Setelah menentukan lokasi dan bujet, sekarang saatnya Anda menentukan jenis dan ukuran hunian yang akan ditempati.

 

Pertama-tama, tanyakan kepada diri sendiri apakah Anda ingin tinggal di rumah atau apartemen?

 

Tentu saja, kedua jenis tempat tinggal ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Ukuran tempat tinggal juga sebaiknya disesuaikan dengan keperluan saat ini dan perkiraan kebutuhan di masa depan. 

 

Misalnya, pasangan muda yang masih tinggal berdua bisa memilih ukuran rumah yang lebih kecil. Sedangkan bagi pasangan yang berencana ingin memiliki 2 anak bisa memilih tempat tinggal yang sedikit lebih besar.

 

Apalagi saat ini sudah banyak tipe rumah dan tipe apartemen yang tersedia dengan ukuran beragam dan bisa dipilih berdasarkan kebutuhan.

 

Tentunya, semua ini bertujuan agar Anda bisa memiliki tempat tinggal yang nyaman untuk ditempati.

 

Fasilitas yang Ditawarkan

Fasilitas juga menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih tempat tinggal yang nyaman. 

 

Ada beberapa fasilitas internal yang bisa menjadi bahan pertimbangan seperti sumber air yang bersih dan mudah didapat, sistem keamanan 24 jam, CCTV, taman bermain di sekitar hunian dan lain sebagainya.

 

Saat ini berbagai proyek hunian kebanyakan juga sudah dilengkapi fasilitas perumahan atau fasilitas apartemen yang memadai sebagai daya tariknya.

 

Dan selain internal, ada baiknya juga mengecek fasilitas umum yang ada di sekitar tempat tinggal, seperti jalan raya, moda transportasi, sekolah, tempat perbelanjaan dan rumah sakit.

 

Desain

Desain Tempat Tinggal

Foto: Unsplash

 

Meski terdengar sepele, desain rumah juga menjadi faktor pertimbangan Anda ketika mencari tempat tinggal yang nyaman.

 

Jangan sampai Anda mengeluarkan bujet besar untuk mengubah atau merenovasi rumah atau apartemen hanya karena tidak suka dengan desain sebelumnya.

 

Oleh karena itu, selalu perhatikan desain rumah yang akan dipilih.

 

Pengembang yang Terpercaya

Developer atau pengembang adalah faktor lainnya yang perlu diperhatikan, khususnya jika Anda ingin membeli tempat tinggal yang nyaman dari mereka.

 

Pertama-tama, Anda harus mengecek legalitas developer. Hal ini penting agar Anda tidak terjebak dengan pengembang bodong.

 

Selain itu, memilih pengembang yang terpercaya juga penting untuk menghindari masalah-masalah di kemudian hari. Entah itu proses pembangunan, proses pembayaran, proses legalitas seperti pembuatan sertifikat dan sebagainya.

 

Dalam hal ini, pastikan Anda memilih developer atau pengembang dengan track record yang baik.

 

Lingkungan di Sekitar Tempat Tinggal

Setelah semua faktor di atas terpenuhi, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengecek lingkungan di sekitar tempat tinggal.

 

Anda juga harus tahu tetangga yang ada di sekitar hunian. Apakah seorang lajang, pasangan baru menikah, keluarga dengan anak kecil atau remaja atau keluarga pensiunan? Hal ini tentunya akan berpengaruh pada proses sosialisasi. 

 

Selain itu, perhatikan juga apakah lingkungan tempat tinggal Anda aman dari tindakan kriminal atau tidak.

 

Itulah 7 hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempat tinggal yang nyaman. Semoga infonya bermanfaat ya!

 

 

 

Author:

Shandy Pradana

Tambahkan Komentar