7 Cara Menemukan Lokasi Tempat Tinggal yang Tepat

lokasi-untuk-tempat-tinggal

Foto: insider

 

Ketika Anda berpikir untuk membeli rumah ataupun sewa, ada salah satu hal yang penting yakni mencari lokasi tempat tinggal.

 

Untuk memilih lokasi tempat tinggal yang tepat pastinya ada banyak pertimbangan.

 

Namun, memilih lokasi tidak sepenuhnya subjektif, misalnya harus ada di kawasan premium atau populer, tapi juga harus memperhatikan kualitas objektif.

 

Yang dimaksud kualitas objektif adalah tersedianya fasilitas menarik, jalan yang memadai dan sekolah yang bagus, sekaligus nilai investasi yang terus meningkat.

 

Agar tak salah, di artikel kali ini kami akan bantu Anda menemukan lokasi tempat tinggal yang tepat.

 

Tips Menemukan Lokasi Tempat Tinggal 

Pilih Lokasi Perkotaan vs Suburban

pilih-lokasi-perkotaan-vs-suburban

Foto: netcomm

 

Sebelum membeli hunian, sebaiknya ketahui dulu lokasi yang Anda inginkan, tinggal di kota padat dengan fasilitas terlengkap atau di pinggiran kota.

 

Ada kelebihan dan kekurangan untuk tinggal di keduanya. Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan adalah biaya hidup. 

 

Anda harus bandingkan dari segi finansial, dan hitung berapa anggaran yang akan dikeluarkan jika tinggal di kota atau di pinggiran kota. 

 

Dalam kebanyakan kasus, kota-kota besar memiliki nilai properti yang lebih mahal, dan sebaliknya, nilai properti di pinggiran kota relatif lebih murah.

 

Lalu ada pula yang namanya kawasan kota mandiri seperti BSD City yang menjadi role model kawasan sukses di pinggiran ibu kota, dengan menawarkan fasilitas lengkap dan harga properti beragam.

 

Kenali Lingkungannya

kenali-lingkungannya

Foto: pinterest

 

Jika Anda memiliki anak dengan usia emas, maka memilih hunian dengan lingkungan yang mampu mendukung tumbuh kembang mereka adalah pilihan yang tepat.

 

Sementara jika Anda seorang profesional muda, mungkin akan menginginkan hunian nyaman untuk beristirahat dengan lingkungan yang tenang

 

Selain itu, lingkungan yang bagus juga harus memiliki fasilitas penting di sekitarnya.

 

Dan jangan lupa juga untuk memperhatikan konsep hunian yang diusung, seperti perumahan dengan green concept yang biasanya dilengkapi fasilitas ruang terbuka hijau.

 

Riset Fasilitas Penunjang Terdekat

riset-fasilitas-penunjang-terdekat

Foto: airmgz

 

“Tak hanya yang sudah ada, perhatikan juga fasilitas yang sedang atau akan dibangun”

 

Tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan. Adanya rencananya pembangunan seperti sekolah baru, rumah sakit, stasiun, ataupun infrastruktur akan meningkatkan nilai properti di daerah tersebut secara signifikan. 

 

Jadi, coba cari tahu apakah ada pembangunan fasilitas publik, komersial, atau perumahan baru yang direncanakan.

 

Dan perlu diperhatikan pula jarak antara properti dengan fasilitas publik atau tempat umum. Sebaiknya dalam memilih hunian tidak terlalu dekat dengan fasilitas tersebut karena beresiko menimbulkan kebisingan.

 

Cek Infrastruktur Jalan dan Jarak

cek-infrastruktur-jalan-dan-jarak

Foto: info-graz

 

Selain jarak dari tempat kerja, kemudahan perjalanan antara lokasi hunian dan tempat kerja juga penting.

 

Saat ini jarak yang jauh bukan lagi masalah, selagi sebuah lokasi memiliki moda transportasi yang lengkap (seperti MRT, LRT, KRL atau layanan bus langsung) yang dapat mempermudah mobilitas. 

 

Tentukan Jenis Hunian

tentukan-jenis-hunian

Foto: s1homes

 

Sebenarnya menentukan jenis hunian yang cocok tidak terlalu sulit. 

 

Misalnya saja, Anda sangat menyukai hunian yang mampu memberikan nilai kebersamaan dan kenyamanan dalam satu tempat, maka rumah tapak sangat sesuai.

 

Sedangkan untuk Anda yang memilih hunian dengan privasi lebih, maka bisa mempertimbangkan apartemen. Selain itu apartemen juga memiliki fasilitas yang lengkap dan lokasi strategis, sehingga banyak diminati oleh kaum urban.

 

Perbandingan Harga Pasar

Jika sudah mengetahui jenis huniannya, maka langkah selanjutnya melakukan perbandingan harga, baik dari segi ukuran, fasilitas maupun letak hunian.

 

Apabila Anda ingin beli rumah yang terletak di pinggir jalan raya atau jalan utama, harganya akan cenderung lebih mahal, namun sangat potensial dan dapat dijadikan investasi.

 

Sebaliknya, rumah di dalam gang biasanya memiliki harga yang lebih murah, tapi dengan akses jalan yang kurang memadai.

 

Memastikan Keamanan Sekitar

memastikan-keamanan-sekitar

 

Terakhir, jangan lupakan keselamatan dan keamanan lingkungan sekitar.

 

Lingkungan yang memiliki tingkat kejahatan sangat rendah merupakan lokasi tempat tinggal terbaik dan ideal.

 

Dengan begini, Anda akan merasa nyaman untuk berinteraksi dengan tetangga ataupun mengawasi anak-anak bermain di luar rumah.

 

Itu dia beberapa informasi dan tips mengenai lokasi tempat tinggal yang bisa jadi pertimbangan.

 

Sebagai referensi, beberapa listing hunian di bawah ini menawarkan lokasi tempat tinggal terbaik, nyaman dengan harga yang sangat kompetitif, seperti: 

 

-. Sky House Alam Sutera

-. Tulip Rangkas Residence 

-. Grand Riscon Rancaekek

 

Untuk pilihan lebih lengkap, Anda bisa langsung kunjungi Rumah123. Selamat mencari!

 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya

Tambahkan Komentar