5 Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit dengan Konsep Minimalis

Menata Rumah Kontrakan Sempit

Foto: housebeautiful.com

 

Memiliki hunian yang nyaman adalah sebuah kebahagian tersendiri. Tak harus besar, rumah kontrakan yang sederhana juga bisa disulap menjadi hunian yang nyaman untuk keluarga.

 

Rumah kontrakan yang tertata rapi juga dapat meningkatkan produktivitas dan membuat suasana di dalamnya menjadi lebih sehat.

 

Namun, tentu saja Anda harus pandai mengatur dekorasi di dalamnya. Alih-alih terlihat sempit dan menumpuk, Anda dapat menatanya jadi terasa lebih lapang dengan desain minimalis.

 

Ada beberapa cara untuk menata rumah kontrakan sempit agar tetap nyaman. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak beberapa caranya di bawah ini!

 

Gunakan Ranjang sebagai Tempat Penyimpanan

Ranjang sebagai Tempat Penyimpanan

Foto: Happy Beds

 

Dengan cara ini, Anda dapat mengubah rumah kontrakan yang sempit agar terlihat lebih minimalis. Anda juga bisa menjaga rumah agar tidak terlihat berantakan.

 

Ada beberapa ide unik untuk memaksimalkan ruang penyimpanan di rumah yang sempit. Salah satunya adalah dengan menggunakan compact furniture.

 

Sebagian besar dari kita mungkin suka menyimpan barang di dalam lemari atau rak besar. Tentunya, cara ini cukup menghabiskan banyak ruang dan biaya.

 

Sebagai gantinya, Anda dapat menyimpan barang-barang penting di bawah ranjang. Tidak pernah terpikirkan, bukan?

 

Untuk melakukannya, Anda cukup memesan ranjang kayu dengan box kosong di bawahnya. Pasang juga engsel di bawahnya agar ranjang mudah dibuka dan ditutup.

 

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kotak portabel yang dapat dimasukkan di bawah ranjang. Selain ranjang, Anda juga dapat membeli furnitur lain yang memiliki ruang tersembunyi di dalamnya.

 

Gunakan Pegboard atau Cantolan Dinding Magnet

Pegboard atau Cantolan Dinding Magnet

Foto: Unsplash

 

Memiliki banyak barang seringkali membingungkan. Selain terlihat berantakan, barang-barang itu juga sering tercecer di mana.

 

Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan gantungan atau pegboard untuk menyimpan sekaligus menata banyak barang di rumah kontrakan.

 

Biasanya, dapur menjadi ruangan yang sering terlihat berantakan karena dipenuhi oleh banyak alat masak. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan pegboard.

 

Belilah yang berukuran cukup besar, lalu pasang di dapur rumah untuk menyimpan perkakas masak seperti panci, teflon dan lain-lain.

 

Baca juga:

Cara Menata Dapur agar Tempat Masak Rapi dan Bersih, Wajib Coba!

 

Selain itu, Anda juga dapat memasang cantolan dinding magnet untuk menaruh perkakas mungil yang terbuat dari logam seperti gunting, pemotong kuku, pinset dan lain sebagainya.

 

Cobalah untuk menggunakan magnet batangan, lalu pasang di dinding gudang atau ruang penyimpan barang.

 

Beberapa tips di atas cukup efektif sebagai cara menata rumah kontrakan sempit agar terlihat lebih lapang dan nyaman. Dijamin deh, barang-barang Anda juga tidak akan terlihat berantakan lagi.

 

Maksimalkan Barang-barang yang Sudah Tidak Terpakai

Maksimalkan Barang-barang

Foto: Make Magazine

 

Akhir-akhir ini, banyak orang yang membuat barang secara DIY atau do-it-yourself. Tentunya, Anda juga bisa melakukannya sebagai salah satu cara menata rumah kontrakan sempit dengan konsep minimalis dan unik.

 

Mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai seperti menguba papan tulis menjadi meja, atau memakai tutup soda pada hanger baju. Selain itu, Anda juga bisa memakai kotak sepatu bekas lalu memodifikasinya menjadi rak sepatu atau rak buku bertingkat.

 

Selain menghemat pengeluaran, rumah kontrakan Anda juga akan terlihat lebih lapang, bukan?

 

Gabungkan Beberapa Ruangan

Gabungkan Beberapa Ruangan

Foto: Indigo Decor

 

Cara yang satu ini cukup ampuh supaya ruangan di rumah Anda terlihat lebih luas.

 

Misalnya, Anda dapat menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Jika dirasa kurang nyaman, pisahkan ruangan ini menggunakan tirai atau sekat ruangan yang terbuat dari rotan atau bambu seperti inspirasi rumah gaya Jepang.

 

Selain estetis, cara ini juga cukup efektif dan efisien untuk diterapkan di rumah yang sempit.

 

Misalnya, Anda dapat mengisi ruang tamu dengan sofa dan meja, sedangkan di ruang keluarga dengan televisi dan karpet atau kasur busa untuk bersantai. Kalau ada tamu, Anda bisa langsung menutup tirai atau sekatnya.

 

Namun, sebelum memakai cara menata rumah kontrakan sempit yang satu ini, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran perabotan dan tata letak yang tepat ya.

 

Jaga Rumah agar Selalu Bersih

Rumah agar Selalu Bersih

Foto: Pexels

 

Terakhir namun tidak kalah penting, selalu jaga rumah kontrakan agar selalu terlihat bersih dan rapi. Karena, bagaimanapun rumah yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi Anda.

 

Bersihkan rumah secara rutin, lalu jagalah barang-barang Anda agar tidak berceceran karena ini akan membuat rumah Anda  terlihat sempit.

 

Selalu kembalikan barang-barang yang sudah dipakai ke tempatnya agar kebersihan dan kerapian tetap terjaga.

 

Rumah kontrakan kecil bukan berarti tak nyaman untuk ditinggali. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda hanya membutuhkan beberapa cara menata rumah kontrakan sempit untuk membuatnya terlihat lebih luas dan nyaman. Jangan lupa juga untuk memberikan sentuhan yang estetis ke dalam dekorasi rumah.

 

Bagi yang sedang mencari rumah kontrakan, ada banyak pilihannya di Rumah123. Tak hanya itu, bagi yang berencana membeli hunian, ada juga pilihan perumahan baru dari sejumlah developer terpercaya Tanah Air.

 

Selamat mencari hunian dan mencoba tips di atas ya!

 

 

 

Author:

Shandy Pradana

Tambahkan Komentar