5 Kriteria Pemilihan Perabot Kantor yang Baik. Jangan Asal Pilih!

pemilihan perabot kantor

Foto: Pexels

 

Pemilihan perabot kantor adalah salah satu faktor penting ketika akan mendekorasi ruangan kerja.

 

Meski begitu, mendekorasi ruangan kantor bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Sebelumnya, ada kriteria pemilihan perabot kantor yang harus diperhatikan.

 

Ada alasan tersendiri mengapa kita harus memperhatikan kriteria pemilihan perabot kantor. Dengan memilih perabot yang tepat, kita dapat memaksimalkan fungsi perabot sekaligus kenyamanan di dalam ruangan kantor.

 

Lalu, apa sajakah kriteria pemilihan perabot kantor yang tepat? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Pilih Perabot Kantor yang Ideal

perabot kantor ideal

Foto: Pexels

 

Perabotan wajib seperti meja dan kursi adalah salah satu yang perlu diperhatikan sebelum mendekorasi kantor.

 

Tentunya, Anda harus memilih kursi yang pas untuk tinggi badan dan berat badan rata-rata pegawai kantor. Tidak lucu bukan kalau kursinya terlalu tinggi atau terlalu rendah? 

 

Bagaimanapun, pemilihan kursi kantor yang salah dapat menyebabkan nyeri punggung atau leher. Hal yang sama juga berlaku untuk meja dan perabot lainnya.

 

Selain tinggi kursi, ada kriteria lain dalam pemilihan kursi yang tepat agar postur Anda tetap ideal dan sehat, yaitu:

 

Kursi yang Sesuai dengan Bentuk Punggung

Anda bisa mencari kursi yang memiliki sandaran dengan daya pegas, karena kursi semacam ini dapat menyesuaikan dengan postur serta berat badan. 

 

Dengan kursi ini, Anda dapat menopang dan menempatkan posisi punggung senyaman mungkin. 

 

Selalu pilih sandaran kursi kantor yang sesuai dengan bentuk punggung dan dapat mengikuti struktur alami tulang punggung kita.

 

Jika memungkinkan, pilih juga kursi kantor yang memiliki sandaran kepala. Hal ini bertujuan agar kepala dan leher Anda menjadi rileks.

 

Desain kursi kantor dengan sandaran kepala juga akan membantu proses relaksasi leher dan kepala, sehingga dapat membuatmu cepat kembali segar dan dapat bekerja dengan produktif.

 

Kursi yang Memiliki Sandaran Lengan

Selain sandaran badan dan kepala, penting juga untuk memilih kursi yang memiliki sandaran lengan. Terlebih jika ketinggiannya bisa diatur sesuai kebutuhan. 

 

Pada saat bekerja di depan komputer atau laptop, umumnya sisi badan yang seringkali bergerak adalah lengan. 

 

Karena itu, kursi kantor yang memiliki sandaran lengan dapat dijadikan sebagai penopang saat lengan terasa pegal maupun lelah.

 

Sebisa mungkin, lengan bawah harus dapat membentuk sudut 90° dari bagian atas. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan pada otot bahu dan leher.

 

Bantalan Kursi yang Empuk

Tips selanjutnya yang harus Anda perhatikan saat memilih kursi kantor adalah posisi dudukan dan bantalannya. 

 

Carilah kursi yang sesuai dengan panggul, agar pada saat duduk posisi kita berada tepat pada dudukan sesuai dengan anatomi tubuh.

 

Jika Anda ingin menambah kenyamanan, ada baiknya memilih kursi kantor yang memiliki bantalan empuk.

 

Kursi yang Berkaki Roda

Untuk menambah efisiensi, pilihlah kursi kantor yang mempunyai kaki roda. Hal itu bertujuan agar Anda lebih fleksibel dalam bergerak. 

 

Desain ini juga memudahkan Anda untuk bergeser dari satu tempat ke tempat yang lain dalam ruangan yang sama. 

 

Kursi yang Cocok dengan Meja Kerja

Tips terakhir adalah memastikan kursi kantor Anda cocok dengan meja kantor. 

 

Anda bisa mengukur tinggi daun meja dari lantai. Jika bekerja menggunakan komputer atau laptop, maka ukur daun meja dari layar posisi komputer atau laptop. 

 

Cobalah pada meja kantor Anda dan pastikan kalau ukurannya sudah sesuai.

 

2. Pilih Perabot yang Multifungsi

perabot kantor multifungsi

Foto: Pixabay

 

Jika Anda harus menyimpan berbagai dokumen maupun peralatan kerja di kantor, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan meja dengan laci tambahan.

 

Opsi lainnya adalah membeli lemari multifungsi yang memiliki panel board dan juga rak penyimpanan. Penggunaan perabotan multifungsi akan membuat semua peralatan kantor tersimpan dengan rapi. 

 

3. Pilih Perabot yang Sesuai dengan Style Kantor

style perabot kantor

Foto: Pexels

 

Sama pentingnya dengan poin-poin di atas, hal lain yang harus diperhatikan juga adalah memilih perabot yang sesuai dengan desain interior kantor Anda.

 

Namun hati-hati, karena terkadang faktor satu ini menjadi bumerang jika tidak dipertimbangkan dengan baik.

 

Sebab itu, pilihlah perabotan yang mencerminkan bisnis atau perusahaan tempat Anda bekerja. Jangan lupa, sesuaikan warna perabotan tersebut dengan tema ruangan kantor. 

 

4. Pilih Perabot yang Minimalis

perabot kantor minimalis

Foto: Pexels

 

Salah satu kriteria pemilihan perabot kantor yang penting adalah fungsinya. Dalam hal ini, Anda dapat memilih perabot yang minimalis dan tidak berlebihan. 

 

Cobalah untuk mendekorasi ruangan dengan gaya yang lebih minimalis. Anda bisa menambahkan tanaman atau perabot lain, untuk memberikan nuansa segar dan minimalis di dalam ruangan.

 

5. Pilih Perabot yang Awet

perabot kantor awet

Foto: Pixabay

 

Kriteria pemilihan perabot kantor yang terakhir adalah daya tahan perabot. Sehingga usahakan selalu membeli perabot yang awet, agar tidak terus menggantinya dalam jangka waktu yang pendek.

 

Untuk mencegah pembelian berulang, hindari membeli perabot hanya karena harga yang murah tanpa melihat kualitasnya.

 

Pasalnya, hal itu akan membuat Anda mengeluarkan dana lebih banyak hanya untuk membeli perabotan yang sama.

 

Ditambah lagi, buat juga daftar mebel yang sekiranya dibutuhkan. Jika butuh perabot yang cukup mahal, cicil pembelian barang tersebut dari jauh-jauh hari.

 

Itulah lima kriteria pemilihan perabot kantor yang baik. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menerapkannya di kantor Anda?

 

Jangan lupa bagi yang ingin mencari lokasi kantor, bisnis atau rumah dijual di Jakarta Selatan, temukan listing impian Anda melalui laman Rumah123.com, ya.

 

Semoga informasi di atas bermanfaat!

 

 

 

Author:

Shandy Pradana

Tambahkan Komentar