Tips Memulai Bisnis Kos-kosan Untuk Pemula

Bisnis Kos kosan

Foto : wazzadu

 

Ketika generasi masa kini kian sadar akan pentingnya investasi, mungkin produk properti bisa menjadi pilihan. 

 

Benar sekali, berinvestasi memang penting, salah satunya dengan memiliki properti seperti tanah, rumah hingga apartemen.

 

Namun demi memaksimalkan passive income, kita bisa menaikkan nilai dari properti yang ada seperti dengan memulai bisnis sewa. Salah satu bisnis sewa yang paling umum ialah bisnis kos-kosan.

 

Bisnis kos-kosan tentu sudah tak asing terdengar, apalagi di kota-kota besar. Bisnis satu ini tergolong menguntungkan karena memberikan passive income yang cukup stabil dengan nominal besar.

 

Apakah Anda juga tertarik membuka bisnis kos-kosan? Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti.

 

Jangan Asal Berbisnis

Jangan Asal Berbisnis

Foto : seekingalpha.com

 

Satu hal yang perlu diingat dalam berbisnis kos-kosan ialah jangan asal membangun bisnis begitu saja. Buatlah perencanaan yang matang mulai dana, strategi, hingga promosi.

 

Meski Anda memiliki budget yang cukup atau lebih, jangan sampai uang terbuang begitu saja karena Anda tak memiliki perencanaan.

 

Riset Pasar yang Tepat

Riset Pasar yang Tepat

Foto : fiverr.com

 

Guna mendukung poin sebelumnya, mari kita mulai dari langkah satu ini. Melakukan riset pasar sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis properti merupakan hal yang sangat penting. 

 

Anda tentu harus tahu pangsa pasar indekos tersebut, apakah mahasiswa atau karyawan. Tentukan target yang tepat, sehingga Anda akan lebih mudah memilih properti yang akan dibeli atau dibangun.

 

Pilih Lokasi dan Bangunan yang Tepat

Setelah riset pasar dilakukan, sekarang saatnya untuk menentukan bangunan yang tepat untuk dijadikan kos-kosan.

 

Ada beberapa kriteria yang bisa Anda jadikan patokan. Pertama, pilihlah lokasi yang dekat dengan keramaian. Bagaimanapun, tempat tinggal harus dekat dengan berbagai fasilitas publik. 

 

Jika bisa kos-kosan harus berada dekat dengan perkantoran atau kampus, sehingga penyewa akan melirik rumah kos milik Anda.

 

Bangunannya pun harus tepat guna, jumlah kamar yang memadai dan juga dengan kondisi baik menjadi hal yang tetap harus diperhatikan.

 

Fasilitas Rumah Kos

Selanjutnya Anda pun harus memperhatikan fasilitas yang ada di dalam kos-kosan, misalnya kamar mandi, dapur bersama, tempat parkir, wi-fi, dan lainnya.

 

Lengkapnya fasilitas yang ada tentu akan menentukan harga sewa rumah kos. Selain itu, jika fasilitas terbilang memadai bahkan menarik pastinya akan mendatangkan banyak calon penyewa.

 

Konsep Kamar Kos

Konsep Kamar Kos

Foto : roohome.com

 

Jika ingin menambah daya tarik untuk bisnis kos-kosan, maka Anda bisa melakukan hal satu ini. Misalnya saja menyuguhkan konsep unik dan berbeda pada kamar kos.

 

Kamar estetik dengan gaya industrial atau kamar kos dengan jendela besar yang cantik, tentu menarik minat pasar. Tapi, Anda pun harus mengeluarkan budget lebih besar untuk poin satu ini.

 

Kebersihan dan Kenyamanan

Menjaga kebersihan area kosan tentu merupakan hal yang perlu diperhatikan. Anda bisa menyewa jasa kebersihan untuk menunjang poin satu ini.

 

Berlakukan juga peraturan-peraturan yang berkaitan dengan kebersihan dan kenyamanan, misalnya peraturan membuang sampah, jam malam, dan sebagainya.

 

Harga Sewa yang Bersaing

Setelah hal teknis terpenuhi, langkah selanjutnya adalah menentukan harga sewa. Lakukan riset terlebih dahulu, cari tahu berapa harga sewa indekos di wilayah tersebut.

 

Jika memiliki kelebihan atau fasilitas yang lengkap, Anda juga boleh menaikkan harga sewa. Jangan sampai Anda asal dalam mematok harga sewa, ya!

 

Jadilah Pemilik Kos yang Menyenangkan

Meski hanya sebuah bisnis, namun cobalah untuk menjadi pemilik kos yang baik dan menyenangkan. 

 

Kos-kosan sejatinya adalah tempat tinggal, untuk itu buatlah suasana nyaman dan aman sehingga penghuni merasa betah.

 

Baik tak berarti tidak tegas, namun Anda pun harus mengenal satu per satu penghuni jika perlu. 

 

Apalagi jika kosan Anda diperuntukkan bagi mahasiswa, biasanya orang tua penghuni akan menitipkan putra-putrinya pada Anda. Karena itu, bersikaplah ramah dan bertanggung jawab.

 

Hal ini juga bisa jadi daya tarik bagi bisnis kos-kosan Anda, keramahan tentu akan menarik lebih banyak penyewa di kemudian hari.

 

Itulah tadi beberapa tips memulai bisnis kosan yang bisa diterapkan.

 

Jika Anda sedang mencari hunian nyaman yang dekat fasilitas umum, ada beberapa pilihan menariknya di Rumah123.com, seperti Golden Park 3, Damara Village dan masih banyak lagi.

 

Semoga artikel ini dapat memberi pengetahuan baru dan inspirasi, ya!

 

 

 

Author :

Citra Purnamasari

Tambahkan Komentar