Tips Sukses Memulai Bisnis Properti untuk Pemula

tips-sukses-memulai-bisnis-properti-untuk-pemula

foto: talk-business


Akhir-akhir ini, banyak kalangan muda yang tertarik memulai bisnis properti karena dinilai memiliki peluang sekaligus keuntungan yang menggiurkan.


Bisnis properti memang sektor usaha yang bersinar, mengingat banyaknya orang yang mencari properti setiap harinya. Karena itu, bisnis ini jadi sangat potensial termasuk untuk pemula.


Mungkin masih ada orang yang salah sangka, dengan memulai bisnis properti kita harus membeli atau membangun properti terlebih dahulu agar bisa disewakan atau dijual.


Padahal Anda bisa dengan mudah menjadi agen properti, lalu menawarkan properti yang sudah ada dengan memasang iklan di situs jual-beli rumah.


Artikel kali ini akan bahas tips-tips memulai bisnis properti dari modal nol. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

 

Modal yang Cukup

Bisnis properti juga membutuhkan modal yang tidak sedikit, untuk itu persiapkan budget yang cukup dan sesuaikan dengan bisnis yang hendak Anda lakukan.

 

Misalnya saat memulai bisnis apartemen, tentu Anda harus menyiapkan biaya yang cukup untuk membeli, merawat serta mempromosikan apartemen tersebut.

 

Lakukan Riset Pasar

riset-pasar

foto: fiverr


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah riset pasar, untuk mengetahui jenis properti apa yang paling dicari oleh konsumen.


Anda juga harus mengklasifikasi berdasarkan harga, lokasi, fasilitas dan infrastruktur yang sangat berpengaruh dalam sewa atau jual-beli properti.

 

Mengikuti Pelatihan

mengikuti-pelatihan

foto: unsplash


Sebagai pemula pasti banyak ketidaktahuan mengenai ranah properti, karena itu ada baiknya mempersiapkan diri dengan ilmu yang mumpuni.


Anda bisa mengikuti kelas online atau pelatihan memulai bisnis properti. Selain belajar tentang cara membangun bisnis tersebut, Anda juga paham mengenai aturan dan hukum yang berlaku.

 

Perluas Networking

Setelah mengikuti pelatihan, selanjutnya Anda bisa memperluas jaringan kerjasama dengan beberapa orang yang berpengaruh di bidang ini.


Hal itu tentu saja dapat membantu Anda meningkatkan skill berbisnis dan komunikasi, agar dapat memasarkan properti dengan baik.

 

Kolaborasi dan Menjadi Agen Properti

kolaborasi-dan-jadi-agen-properti

foto: rooftalks


Sudah memiliki skill memadai? Saatnya memulai bisnis properti dengan berkolaborasi di marketplace khusus properti.


Salah satunya adalah Rumah123.com, di sini Anda bisa menjadi agen properti yang membantu konsumen menemukan propertinya.


Selain itu, Rumah123.com merupakan marketplace properti terpercaya, aman dan tepat untuk memulai bisnis. Anda juga dapat menjadi bagiannya dengan menjadi agen properti.


Langkah ini sangat tepat untuk melihat kondisi pasar yang diinginkan oleh konsumen properti secara lebih jelas.

 

Mulai Berbisnis

Jika dirasa telah cukup memiliki modal setelah menjadi agen properti, saatnya mulai membangun bisnis sendiri.


Dari modal yang didapat, Anda bisa langsung membeli properti berdasarkan hasil riset yang sudah dilakukan.


Anda juga bisa mengajukan kredit ke pihak bank untuk mencicil properti tersebut. Agar semakin untung, manfaatkan pula fasilitas KPR tanpa DP yang disediakan beberapa perbankan, ya.


Kegiatan seperti sewa apartemen, bisnis kos-kosan, atau rumah kontrakan agaknya cukup tepat sebagai langkah permulaan berbisnis properti.

 

Memaksimalkan Kualitas

Apapun bentuk bisnis yang Anda pilih, tentu mementingkan kualitas dari produk itu sendiri.

 

Pastikan Anda juga menginvestasikan sebagian biaya untuk membuat hunian atau apartemen menjadi layak huni.

 

Lebih baik lagi jika properti yang ditawarkan juga memiliki keunggulan, seperti fasilitas yang mumpuni dan lokasinya yang strategis.

 

Bangun Reputasi

bangun-reputasi-merek

foto: atnsolutions


Skill sudah punya, modal oke, jaringan juga cukup luas, saatnya Anda bangun merek properti sendiri.


Anda bisa memulai membuat website sendiri dengan melibatkan beberapa teman atau kolega yang ahli dibidangnya.


Jika tidak ingin menghabiskan uang terlalu besar, Anda bisa ikuti tutorial cara membuat website mulai dari nol.


Setelah itu, percantik tampilan website dengan menambahkan logo, tagline dan artikel.


Di dalam website Anda bisa mengatur penempatan properti di beranda atau terpisah dalam beberapa sub.


Lalu tambahkan foto dengan high resolution, serta lengkapi dengan deskripsi properti agar konsumen mudah membacanya.


Pastikan tampilan website Anda user friendly dan mudah dibaca, baik melalui desktop atau mobile.

 

Gunakan Media yang Tepat

gunakan-media-yang-tepat

foto: wpmanageninja


Memasarkan properti hanya di situs properti tidak cukup, Anda juga harus tahu media yang tepat dan cocok untuk berpromosi.


Misalnya sosial media seperti Facebook, di mana ada grup khusus yang dibuat berdasarkan, hobi dan minat pengguna, termasuk grup properti.

 

Forum seperti ini bisa Anda jadikan media promosi. Gunakan kalimat-kalimat persuasif agar konsumen tertarik. Sertakan juga foto dan video agar semakin terpercaya.


Selain itu, memasarkan lewat iklan di sosial media bisa menjangkau ke konsumen yang ingin Anda cari seperti lokasi, pendapatan dan gender.


Bagaimana, sudah siap untuk memulai bisnis properti yang menguntungkan sepanjang tahun?


Selain bisnis properti, Anda bisa menghasilkan pundi-pundi modal untuk membeli properti baru yang bisa digunakan sebagai instrumen investasi properti.


Bagi yang ingin mencari properti untuk bisnis, Anda bisa temukan semuanya di Rumah123.com.

 

Tersedia banyak sekali pilihan properti baru dan second di dalamnya. Jenis properti yang adapun beragam mulai dari rumah, ruko, vila dan sebagainya.

 

Semoga bermanfaat!

 

 

 

Author:

Citra Purnama Sari

Tambahkan Komentar