OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Cara Klaim Asuransi Jiwa KPR BTN dengan Benar

Terakhir diperbarui 12 Desember 2023 · 4 min read · by Miyanti Rahman

klaim asuransi jiwa kpr btn

Tenor Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank Tabungan Negara (BTN) bisa mencapai 30 tahun. Dalam masa kredit yang selama itu, musibah seperti meninggal dunia bisa terjadi kapan saja.

Oleh sebab itulah, debitur dan keluarganya perlu mengetahui cara klaim asuransi jiwa KPR BTN. Bukan berarti mengharapkan hal buruk itu terjadi, tetapi untuk berjaga-jaga.

Seperti diketahui, asuransi jiwa sangat bermanfaat lantaran bisa mencegah kerugian finansial. Baik bagi bank sebagai pemberi kredit maupun bagi debitur.

Jika terjadi hal yang tak diharapkan, maka pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang sesuai kesepakatan dalam polis. Namun dengan catatan proses klaim harus sesuai prosedur.

Sekarang BTN sendiri bekerja sama dengan IFG Life sebagai penyedia produk asuransi utama bagi debitur KPR BTN. Sebelumnya bank pelat merah ini menggandeng Jiwasraya.

Lantas, bagaimana prosedur klaim asuransi jiwa KPR BTN IFG Life? Mari kita telusuri jawabannya, tetapi simak dulu apa itu klaim asuransi, dan tujuannya.

Apa Itu Klaim Asuransi?

klaim asuransi jiwa kpr btn

Klaim asuransi adalah permohonan yang diajukan secara resmi oleh debitur kepada pihak penanggung dengan tujuan untuk memperoleh manfaat sesuai kesepakatan dalam polis.

Asuransi merupakan bentuk investasi jangka panjang. Jika ingin memperoleh manfaatnya, maka debitur harus rutin membayar premi asuransi yang sudah ditetapkan.

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Kemampuan KPR","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/kpr\/kemampuan-kpr\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=kemampuankpr&utm_term=kpr","custom_desc":"Perkirakan harga properti yang sesuai kemampuan kamu untuk mencicil KPR","custom_cta":"Cek Sekarang","custom_background":"https:\/\/events.rumah123.com\/wp-content\/uploads\/sites\/38\/2022\/09\/31222225\/CIMB-Niaga.jpg, https:\/\/events.rumah123.com\/wp-content\/uploads\/sites\/38\/2022\/09\/31222225\/CIMB-Niaga.jpg","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Ada pun tujuan klaim asuransi jiwa KPR subsidi dan komersial BTN, yaitu sebagai berikut.

  • Mengalihkan risiko bahaya dalam jangka pendek maupun jangka panjang baik terhadap jiwa ataupun harta yang dimiliki oleh pihak tertanggung.
  • Mendapatkan pembayaran ganti rugi apabila rumah mengalami suatu kerusakan, misalnya terjadi kebakaran.
  • Melunasi utang dan membayar santunan meninggal dunia bagi debitur.

Proses Klaim Asuransi KPR BTN

klaim asuransi jiwa kpr btn

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, BTN bekerja sama dengan IFG Life untuk memberikan perlindungan asuransi jiwa bagi debitur kredit rumah.

Mengutip informasi dari halaman resmi IFG Life, berikut proses klaim yang harus dilalui oleh ahli waris pemegang polis asuransi jiwa.

  • Isi formulir pengajuan klaim yang sudah disediakan oleh perusahaan asuransi secara lengkap dan benar. Asuransi jiwa mewajibkan pelaporan klaim asuransi selambat-lambatnya 30 sampai 60 hari setelah kematian tertanggung.
  • Siapkan dokumen yang dipersyaratkan.
  • Setelah mengisi formulir dan mengumpulkan dokumen, perusahaan asuransi akan melakukan verifikasi data. Jika dokumen sudah sesuai dengan ketentuan, maka manfaat asuransi akan langsung dicairkan.

Berapa Lama Klaim Asuransi Jiwa KPR BTN?

klaim asuransi jiwa kpr btn

Berapa lama proses pencairan klaim asuransi jiwa tergantung pada kecepatan perusahaan asuransi dalam melakukan verifikasi data. Pada umumnya tujuh sampai dengan 14 hari kerja.

Namun dengan catatan, berkas yang diberikan lengkap. Jika terjadi kekurangan, maka proses pencairan bisa diperpanjang hingga memakan waktu 60 hari.

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Cek Kelayakan KPR","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/kpr\/kelayakan-kpr\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=kelayakankpr&utm_term=kpr","custom_desc":"Cari tahu jika kamu memenuhi syarat untuk pengajuan KPR","custom_cta":"Cek Sekarang","custom_background":"https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerDesktop.png, https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerMobile.png","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Syarat Klaim Asuransi Jiwa KPR BTN

klaim asuransi jiwa kpr btn

  • Polis asli.
  • Formulir klaim meninggal dunia.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemegang polis.
  • Fotokopi KTP ahli waris.
  • Akta kematian.
  • Surat pernyataan dokter untuk klaim meninggal dunia (jika meninggal di rumah sakit/puskesmas/fasilitas kesehatan lainnya).
  • Fotokopi seluruh hasil pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan penunjang lainnya (jika pernah mendapatkan perawatan/pemeriksaan laboratorium di rumah sakit).
  • Asli/legalisir berita acara kecelakaan dari kepolisian (jika meninggal akibat kecelakaan).
  • Surat kuasa pemaparan isi rekam medis.
  • Fotokopi halaman depan buku rekening.

Hal yang Harus Dihindari agar Klaim Asuransi Tak Ditolak

klaim asuransi jiwa kpr btn

  • Memanipulasi dokumen yang dipersyaratkan, karena itu isilah berkas-berkas itu dengan jujur agar tak dipermasalahkan oleh perusahaan asuransi. Selain pengajuan klaim ditolak, akibat lain kalau melakukan tindakan terlarang ini adalah dituntut secara hukum.
  • Klaim asuransi akibat kesalahan pemegang polis sendiri pasti akan ditolak. Misalnya meninggal akibat bunuh diri, kecelakaan karena kelalaian sendiri, atau meninggal akibat melakukan tindak kejahatan.

Itulah informasi singkat, padat dan jelas tentang tata cara klaim asuransi jiwa KPR BTN. Bagi debitur KPR bank lain, tentu berbeda lagi prosedur dan cara klaim manfaat asuransinya.

Contohnya debitur KPR OCBC NISP, bank ini mempunyai produk asuransi jiwa sendiri yaitu LiveSMART Protector. Kelebihannya, yaitu sebagai berikut.

  • Memberikan perlindungan jiwa selama 20 tahun dengan pembayaran premi selama lima tahun saja.
  • Premi per bulan terjangkau.
  • Mengembalikan premi 100% apabila tak terdapat klaim selama periode perlindungan.

Kira-kira seperti itulah manfaatnya, karena itu perhatikan manfaat asuransi jiwa sebelum melakukan akad kredit KPR. Semoga informasi ini bermanfaat!

Punya pertanyaan seputar properti? Yuk, Tanya Rumah123 di sini!

Bunga KPR Terbaru

Beli properti impian dengan memilih produk KPR terbaik di Rumah123

Bank OCBC NISP
Bank OCBC NISP
Suku bunga mulai dari3.25%
Tenor Max.25 Tahun
Bank Mandiri
Bank Mandiri
Suku bunga mulai dari2.5%
Tenor Max.20 Tahun
Bank BRI
Bank BRI
Suku bunga mulai dari2.88%
Tenor Max.25 Tahun