Sebelum Beli Rumah Baru, Ketahui Keuntungan dan Kekurangannya Ini

beli rumah baru

 

Developer properti tak pernah berhenti untuk menghadirkan produk rumah dijual di berbagai lokasi melalui proyek perumahan baru mereka. 


Namun, konsumen masih punya alternatif untuk membeli rumah seken ataupun kavling siap bangun. 


Apakah Anda belum menentukan beli rumah baru atau bekas? Artikel ini akan menjelaskan apa saja keuntungan dan kekurangan membeli rumah baru.


Beli rumah baru memang sebuah pilihan yang menarik dan pastinya akan disukai semua orang. Pertanyaannya, mengapa orang suka memiliki rumah baru? 


Lantas apa saja keuntungan dan kekurangan beli rumah di sebuah perumahan baru? Yuk, ketahui lebih lanjut!

Keuntungan beli rumah baru

keuntungan beli rumah baru

Tidak perlu repot mencari informasi


Jika Anda beli rumah baru, tidak perlu repot melakukan survei, mencari harga tanah sesuai anggaran, serta menilai keamanan wilayah tersebut. 


Tentu dalam membeli rumah baru, Anda harus mencari informasi seputar perumahan tersebut, namun prosesnya sangat mudah karena informasi mengenai perumahan baru banyak tersedia.


Berbeda dengan beli rumah bekas atau membangun rumah sendiri. Anda mesti melakukan banyak riset informasi sendiri dan memilih-milih dengan lebih mendalam.

Fasilitas lebih lengkap


Seiring dengan semakin kompetitifnya pasar perumahan baru, maka pengembang properti pun semakin giat bersaing untuk menyajikan komplek rumah baru dengan kualitas unggul dan fasilitas komplit.


Belum lagi, bila Anda beli rumah baru di perumahan yang dibangun pengembang besar. Anda dapat menjumpai beragam fasilitas dan area komersial. 


Hal ini tentu akan mempermudah kebutuhan rumah tangga Anda.

Pembayaran lebih mudah dengan KPR


Anda tidak akan terlalu pusing memikirkan anggaran karena dapat memanfaatkan KPR.


Anda dengan mudah bisa menempati rumah baru meski baru membayar biaya sepertiga dari total harga rumah.

Lebih mudah mengetahui spesifikasi rumah


Jika beli rumah baru, Anda bisa mengetahui riwayat rumah sedari awal, dan pastinya Anda mengetahui jenis material apa yang digunakan untuk membangun rumah baru itu. 

Lebih banyak pilihan desain dan tipe

Lebih banyak pilihan desain dan tipe

 

Pilihan desain rumah baru yang tersedia cukup banyak, luas dan tipenya pun lebih banyak pilihannya. 


Lebih lanjut, rumah di perumahan baru memberikan kemudahan bagi penghuninya dalam merawat rumah. Sistem pengamanannya juga lebih baik.

 

Baca juga:

Syarat IMB untuk Bangunan Baru, dari Dokumen hingga Alur Pengajuan

Legalitas dokumen lebih terjamin


Keuntungan beli rumah baru selanjutnya ada di aspek legalitas serta dokumen rumah yang lebih terjamin, karena Anda bisa meminta jaminan dari pengembang. 


Dana membeli rumah yang tersisa bisa Anda gunakan untuk perencanaan keuangan lainnya, misalnya investasi atau usaha wiraswasta.

Nilai investasi lebih tinggi


Perumahan baru yang dilengkapi dengan fasilitas umum, fasilitas sosial, serta fasilitas komersial lainnya akan mendongkrak nilai tanah dan rumah dan ini akan sangat positif untuk investasi.

Tidak perlu renovasi


Jika dibandingkan dengan beli rumah bekas, beli rumah baru lebih memudahkan Anda dari segi biaya dan waktu karena tidak perlu renovasi. 


Ditambah, beberapa pengembang perumahan baru menanggung jaminan perbaikan jika ada kerusakan pada rumah dalam periode waktu yang telah ditentukan.

Kekurangan beli rumah baru

Kekurangan beli rumah baruHarga lebih mahal


Secara umum, rumah baru memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumah bekas di lokasi wilayah yang sama. 


Hal ini tentunya disebabkan karena kondisi bangunan yang masih baru, sehingga menawarkan ketahanan bangunan yang lebih lama serta spesifikasi yang lebih modern.

Wilayah dan komunitas yang masih berkembang


Kebanyakan perumahan baru dibangun di lokasi yang masih berkembang, baik dari segi infrastruktur dan komunitas. 


Dari segi fasilitas, penghuni perumahan baru bisa jadi banyak bergantung pada fasilitas yang disediakan pengembang di kawasan perumahan. 


Dari segi komunitas, penghuni mungkin akan agak kesulitan untuk bersosialisasi karena belum ada komunitas yang mapan. 


Perlu waktu juga bagi Anda untuk mengenali kawasan perumahan baru tersebut lebih jauh.

Menunggu lebih lama


Sebagian produk perumahan baru dijual dengan proses inden.

 

Sehingga jika beli rumah baru, bukan tidak mungkin Anda harus menunggu agak lama sampai semua proses pembangunan, pembayaran, dan persuratan beres.


Berbeda dengan beli rumah bekas. Anda dapat lebih cepat menempati rumah dan membereskan persuratan serta pembayarannya.

Tips Beli Rumah Baru

 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan membeli rumah baru, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan hunian baru yang berkualitas dan nyaman.

Bidik Lokasi dengan Tepat

 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika hendak beli rumah baru, tentu saja memilih lokasi yang tepat.

 

Pertama dekat dengan tempat Anda beraktivitas, misalnya saja kantor atau fasilitas pendidikan di mana anak Anda bersekolah.

 

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kemudahan akses dan keramaian lokasi, misalnya calon hunian berada dekat dengan jalan besar atau tol, atau pusat transportasi massal lainnya.

 

Fasilitas publik di sekeliling kawasan juga penting untuk diperhatikan, misalnya saja pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, dan lain-lain.

Siapkan Tabungan yang Cukup

 

Mempersiapkan dana merupakan hal penting yang harus dilakukan ketika membeli rumah baru. 

 

Pastikan Anda memiliki tabungan terpisah khusus untuk membeli rumah baru. Selain itu, konsisten dan sebisa mungkin jangan menggunakan tabungan tersebut untuk keperluan lain.

Mencari Lewat Situs Properti

 

Tidak punya banyak waktu untuk berkeliling kota atau kawasan untuk mencari hunian baru? 

 

Jangan khawatir, Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi ketika mencari rumah baru, salah satunya dengan memanfaatkan situs jual beli properti.

 

Misalnya di rumah123.com, Anda bisa menemukan berbagai pilihan properti termasuk hunian dengan berbagai keunggulannya.

 

Anda juga bisa mencari rumah sesuai dengan lokasi, rentang harga, kondisi hunian dan sebagainya, melalui fitur pencarian pintar yang ada di Rumah123.

Cek Langsung ke Lokasi

 

Sudah menemukan calon rumah baru? Anda juga harus mengecek kondisi fisik dari hunian tersebut dengan mengunjungi lokasinya secara langsung.

 

Tips ini juga dapat membantu mengurangi risiko penipuan dan hal-hal tidak diinginkan lainnya.

Cek Legalitasnya

 

Mengecek legalitas hunian merupakan salah satu hal penting, mulai dari mengecek legalitas pengembang, proyek propertinya, dan lain-lain.

 

Surat-surat rumah dan tanah juga harus Anda periksa keaslian dan kelengkapannya. Jika ragu dan belum berpengalaman, Anda bisa meminta bantuan profesional seperti notaris.

 

Demikian berbagai untung-rugi beserta tips beli rumah baru yang perlu diketahui.

 

Jika Anda sedang mencari hunian menawan, banyak pilihan tersedia di Rumah123, misalnya saja Golden City BekasiCitaville Bogor dan Galuh Mas Karawang.

 

Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Syarat KPR untuk Anda yang Mau Beli Rumah Baru, Rumah Second dan Rumah Subsidi