Beli Apartemen di Jakarta? Simak Tips dan Rekomendasinya

 

apartemen di jakarta


Terbatasnya lahan untuk perumahan membuat hunian vertikal atau apartemen semakin menjamur di sekitar Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Berbagai jenis dan tipe apartemen hadir dengan harga jual yang sangat beragam.


Anda tertarik untuk beli apartemen di Jakarta? Ya, beli apartemen dijual di kota besar seperti Jakarta untuk tempat tinggal maupun investasi memang menarik, karena lebih menguntungkan dibanding beli rumah tapak.


Sebagai tempat tinggal apartemen menawarkan kemudahan mobilitas, karena kebanyakan dibangun di lokasi strategis. Apartemen juga mendorong produktivitas karena berbagai macam fasilitas bisa diakses di satu kawasan hunian.


Lalu sebagai investasi apartemen menawarkan passive income untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Passive income jangka pendek bisa diperoleh dari uang sewa apartemen bulanan, mingguan, atau harian.


Hunian vertikal dianggap sebagai hunian ideal bagi penghuni kota besar yang identik dengan kehidupan yang serba cepat dan sibuk. 


Perusahaan pengembang pun berlomba-lomba membangun apartemen karena tren permintaannya terus naik.


Tak tanggung-tanggung, dalam waktu dua tahun, 2018 hingga 2020, rencananya akan ada enam puluh ribu unit apartemen di Jakarta. 


Proyeknya banyak yang berpusat di Jakarta Selatan, menyusul Jakarta Pusat, lalu kawasan Jakarta lainnya.


Jangan kaget terhadap angka di atas, karena kebutuhan akan hunian memang hal mendasar. Permintaan hunian vertikal sendiri datang dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa hingga profesional, dari yang single hingga menikah, atau pengantin baru.


Mengingat banyaknya apartemen yang dibangun, perusahaan pengembang pun tak ragu memberi penawaran menarik kepada para pencari hunian. Hal ini bisa menjadi peluang bagus bagi yang tertarik untuk beli apartemen di Jakarta.


Tips Beli Apartemen di Jakarta


Beli apartemen di Jakarta jelas enggak akan menimbulkan kerugian. Jika tertarik, yuk simak dulu tips membelinya agar mendapatkan hunian vertikal yang cocok dan nyaman, serta memberi untung banyak dalam hal investasi.


Pilih yang Lokasinya Strategis



Sudah bukan rahasia lagi bahwa membeli hunian (baik itu rumah tapak maupun apartemen) yang lokasinya strategis merupakan trik mendapatkan untung banyak dalam hal investasi. 


Namun, maksud lokasi strategis di sini tak selalu di tengah kota ya.


Boleh saja beli apartemen yang berlokasi di pinggir kota, asalkan tetap menunjang mobilitas sehari-hari. Misalnya, lokasi apartemen tersebut dekat dengan kantor, kampus, atau sekolah sehingga bisa ditempuh dengan jalan kaki.


Membeli apartemen yang lokasinya di tengah kota memang menguntungkan untuk investasi jangka panjang. Namun untuk tempat tinggal, apartemen yang lokasinya memudahkan keseharian lebih direkomendasikan.


Pastikan Akses Transportasi Mudah


Kurang lebih seperti yang dipaparkan di atas, jika tak punya bujet lebih untuk membeli apartemen yang lokasinya di tengah kota, maka opsi lain yang patut dipertimbangkan adalah membeli apartemen yang lokasinya di pinggir kota.


Beli apartemen yang lokasinya di pinggir kota sah-sah saja, asalkan memiliki akses transportasi publik yang mudah. Hal ini akan sangat menguntungkan, terutama bagi mereka yang tak memiliki kendaraan pribadi.


Cari apartemen yang lokasinya tak jauh dari stasiun kereta api, halte busway, stasiun kereta Moda Raya Terpadu (MRT) atau transportasi publik lainnya. Dengan begitu masalah mobilitas sehari-hari akan sama mudahnya.


Cek Seluruh Fasilitas Apartemen


Hampir semua perusahaan pengembang apartemen menawarkan fasilitas lengkap dan menarik untuk menarik pembeli. Namun harus diingat, tak semua fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan.


Oleh sebab itu, tentukan kebiasaan dan gaya hidup seperti apa yang akan dijalani sebelum membeli apartemen. Lalu pilih apartemen yang fasilitasnya
menunjang kebutuhan, jangan sampai membayar mahal tetapi fasilitasnya banyak yang tak digunakan.


Adapun fasilitas yang tak boleh luput dari pengecekan saat membeli apartemen mana pun, yaitu fasilitas keamanan, lahan parkir, dan pusat perbelanjaan minimarket atau supermarket. Tiga fasilitas ini bisa dibilang harus ada agar hidup lebih aman, nyaman, dan mudah.


Perhatikan Harga Beli dan Biaya Lainnya


Jika berpikir harga beli apartemen sesuai dengan nominal yang tertera pada iklan, maka segera buang jauh-jauh anggapan ini ya. Pasalnya banyak biaya lain di luar harga beli yang harus dikeluarkan saat beli apartemen.


Misalnya, biaya pemeliharaan apartemen yang jumlahnya tak sedikit dan biasanya berbeda-beda untuk setiap unit apartemen. Jadi jangan kaget ya, lebih baik biaya-biaya lain di luar harga beli ini diperhitungkan sejak awal.


Perhatikan juga sistem pembayarannya, apakah bisa kredit atau harus dibayar tunai. 


Membeli apartemen secara tunai bisa lebih murah dan berkesempatan mendapatkan potongan harga, dan jika kredit maka bisa menggunakan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).


Pilih Perusahaan Pengembang Terpercaya


Jika ingin beli apartemen di Jakarta secara aman, maka beli apartemen dari perusahaan pengembang terpercaya. Cara mengetahui apakah perusahaan pengembang terpercaya atau tidak bisa dengan memanfaatkan media online.


Cari tahu rekam jejaknya tentang proyek yang sudah diselesaikan atau yang sedang dikerjakan. Jika proyek yang dikembangkan ramai peminat, ini bisa jadi semacam jaminan bahwa developer bisa dipercaya dan produknya berkualitas.


Memilih perusahaan pengembang terpercaya akan memudahkan urusan transaksi saat beli apartemen di Jakarta. 


Nah
untuk mencari apartemen dari developer terpercaya, para pencari hunian bisa menggunakan situs Rumah 123.


Jangan Lupakan Peluang Investasi


Pastikan tujuan beli apartemen bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal semata, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan investasi. 


Tak ada yang tahu kan di masa depan nanti apakah akan tetap tinggal di apartemen yang sama atau harus pindah ke hunian lain.


Oleh sebab itu, pertimbangkan kelebihan apartemen, dari kelebihan yang paling menonjol hingga detail-detailnya. 


Jadi, apabila harus pindah ke hunian lain, apartemen yang ditempati saat ini mudah dijual atau disewakan.


Itulah enam tips yang bisa diterapkan saat beli apartemen di Jakarta. Jika tips di atas belum cukup, kami masih punya rekomendasi apartemen dijual di Jakarta lho, ayo disimak!


Rekomendasi Apartemen Dijual di Jakarta


Ada tiga rekomendasi apartemen dijual di Jakarta yang patut dipertimbangkan, yaitu apartemen Kalibata City, Green Park View dan Green Pramuka City. Seperti apa detail ketiga apartemen ini? Yuk disimak ulasan singkatnya.


Apartemen Kalibata City


apartemen kalibata city


Apartemen Kalibata City lokasinya strategis, karena dekat ke berbagai kawasan besar dan aksesnya mudah dengan ketersediaan berbagai transportasi publik. Dengan begitu tak perlu khawatir tentang mobilitas sehari-hari.


Fasilitas apartemen ini pun terbilang lengkap, bahkan di dalam lingkungan apartemen ada pusat perbelanjaan sehingga jadi daya tarik tersendiri. 


Nah
untuk beli apartemen Kalibata City yang berlokasi di Jakarta Selatan siapkan bujet minimal Rp300 juta.


Apartemen Green Park View


apartemen green park view


Apartemen Green Park View berlokasi di Daan Mogot, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Titik lokasinya tak jauh dari sejumlah pusat perbelanjaan favorit seperti mal Taman Anggrek, Central Park, dan Citraland.


Hunian vertikal ini juga dekat dengan pusat pendidikan seperti Universitas Trisakti dan Tarumanegara. Tak hanya dijual, apartemen yang satu ini juga disewakan dengan periode sewa beragam, mulai dari harian sampai tahunan.


Apartemen Green Pramuka City


apartemen green pramuka city


Jika ingin hunian vertikal yang mudah diakses dari berbagai kawasan Jakarta, maka apartemen Green Pramuka City lah jawabannya. Pasalnya apartemen ini berada di titik pertemuan Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.


Apartemen ini mengusung konsep hijau, penghuni bisa menikmati Green Garden yang pemandangannya menyegarkan mata. 


Lalu di dalam apartemen juga ada pusat perbelanjaan, yaitu Green Pramuka Square yang menyediakan berbagai kebutuhan.


Jadi, pilih apartemen yang mana?

Tambahkan Komentar