Pemula, Wajib Tahu Tips Membeli Rumah Berikut Ini!

tips membeli rumah

Foto : housebeautiful.com

 

Membeli rumah pribadi merupakan impian hampir setiap orang. Tak jarang pula, kaum milenial mulai punya keinginan memiliki rumah sendiri di usia 20-an.

 

Tapi, membeli rumah bukanlah hal yang mudah, apalagi saat ini harga rumah terutama di kota besar tergolong mahal. 

 

Meski begitu, memiliki rumah pribadi bukanlah hal mustahil terutama jika kita mampu mengelola keuangan dengan baik.

 

Nah, jika Anda juga memiliki impian serupa, berikut ini tips membeli rumah yang bisa diikuti terutama bagi pemula.

 

Alokasikan Gaji Bulanan

Jika sudah memiliki penghasilan tetap tentunya akan lebih mudah untuk mengalokasikan dana dan mulai menabung. Pastikan Anda menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan membeli rumah, agar tidak terlalu berat nantinya.

 

Jangan lupa juga untuk mencatat pengeluaran bulanan agar Anda bisa memastikan berapa persen dari gaji yang bisa disimpan. Cobalah untuk mengatur keuangan dari sekarang jika memang ingin memiliki rumah sesegera mungkin.

 

Mencari Program KPR yang Sesuai

Jika tabungan sudah cukup dan Anda bisa mengatur keuangan dengan baik, maka sekaranglah saatnya untuk mencari program KPR yang sesuai.

 

Saat ini ada banyak program KPR yang memberikan Anda kemudahan dalam mencicil rumah. Carilah program KPR yang sesuai dengan kebutuhan dan pastinya tidak memberatkan.

 

Pertimbangkan juga pengeluaran dan biaya sehari-hari, pastikan Anda tidak akan kewalahan dalam mencicil nantinya.

 

Survei Hunian

tips membeli rumah hunian

Foto : plantationhomes.com

 

Tips membeli rumah yang juga tak kalah penting adalah melakukan survei hunian. Anda bisa melakukan survei secara online terlebih dahulu misalnya dengan mencari rumah melalui website properti.

 

Carilah hunian yang berlokasi tidak jauh dari tempat kerja, usahakan juga rumah berada di kawasan yang strategis. 

 

Pastikan rumah yang Anda incar juga dikelilingi oleh fasilitas publik yang lengkap misalnya saja rumah sakit, pusat perbelanjaan dan lainnya. Hadirnya destinasi penting tersebut tentu akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam beraktivitas sehari-hari.

 

Setelah menentukan rumah yang sesuai kebutuhan, maka Anda juga harus melakukan survei secara langsung. Cobalah untuk mendatangi hunian tersebut dan berbincang dengan pemilik atau developer untuk menggali informasi mengenai rumah yang hendak dibeli.

 

Jangan Puas dengan Satu Pilihan

Setelah menemukan hunian yang sesuai ada baiknya Anda tetap mencari opsi lain. Jangan cepat merasa puas dengan satu pilihan rumah saja, karena siapa tahu ada pilihan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan.

 

Jangan tergesa-gesa dalam memilih tempat tinggal, pastikan juga Anda mempertimbangkan hal lainnya misalnya saja kondisi lingkungan perumahan.

 

Siapapun tentu tak ingin kenyamanan tinggalnya terganggu, maka dari itu carilah rumah yang memiliki lingkungan sehat dan bersih serta aman (tidak rawan tindak kriminal atau bencana).

 

Jangan Ragu Bertanya

Jika Anda pemula tentu membeli rumah bisa menjadi hal yang membingungkan. Oleh karena itu coba untuk berdiskusi mengenai pembelian rumah dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam hal ini.

 

Bertanya juga dapat mengurangi resiko penipuan dan hal buruk lainnya, apalagi kalau membeli rumah pertama. 

 

Jadi, jangan ragu untuk bertanya ya!

 

Legalitas Bangunan

Tips membeli rumah lainnya yang sangat penting adalah memastikan legalitas bangunan. Anda harus pastikan apakah hunian tak ada masalah hukum.

 

Saat ini ada banyak rumah hingga tanah sengketa yang diperjual-belikan. Oleh karena itu, kita harus lebih teliti dan cermat sebelum membeli rumah.

 

Anda juga bisa memeriksa legalitas hunian dengan menggunakan jasa ahli jika dirasa masih awam dengan hal seperti ini.

 

Pertimbangkan Nilai Investasi

Hal penting lainnya adalah mempertimbangkan nilai investasi dari properti tersebut. Kita juga harus cermat dan bisa memproyeksi nilai jual hunian di masa depan.

 

Strategisnya lokasi, kelengkapan infrastruktur, dan fasilitas publik menjadi hal-hal yang memengaruhi nilai investasi dari rumah tersebut. Jadi, cermatlah dalam membeli properti apapun termasuk rumah.

 

Itulah tadi tips membeli rumah yang bisa Anda coba terutama bagi pemula. Untuk pilihan menarik, Anda bisa cek halaman perumahan Rumah123 yang menawarkan hunian dengan harga dan spesifikasi beragam. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

 

 

 

Author :

Citra Purnamasari

Tambahkan Komentar