Cara dan Tips Menggunakan Situs Properti dengan Aman

 contoh iklan properti

 

Meningkatnya pamor situs jual beli rumah di internet agaknya menarik minat masyarakat. Banyak orang mulai mencari hunian idamannya lewat situs properti, seperti rumah123.com.

 

Namun, bagaimana jika kita tidak pernah melakukannya? Apakah sulit menggunakan situs jual beli properti saat pertama mencobanya?

 

Perlu diketahui, menggunakan situs semacam ini sebenarnya tidak sulit. Namun jika Anda ingin prosesnya berjalan lancar dan aman, simak cara dan tips menggunakan situs properti di bawah.

Gunakan Fitur Pencarian Pintar

 

Salah satu tips menggunakan situs properti yang pastinya wajib Anda lakukan adalah menggunakan fitur pencarian pintar yang tersedia. 

 

Mencari properti menggunakan fitur seperti ini sangatlah mudah. Pertama, Anda bisa mencari berdasarkan tipenya, entah itu rumah tapak, apartemen, hingga ruko.

 

Selanjutnya cari berdasarkan lokasi yang diinginkan. Masukkan kata kunci beserta daerah yang dituju, contohnya “Rumah Dijual di Bandung” atau “Rumah Dijual di Purwokerto.”

 

Anda juga bisa mencari properti secara lebih spesifik, misalnya dengan memasukan nama proyek atau nama pengembangnya secara langsung di kotak pencarian.

 

Bahkan, Anda juga bisa memilih properti berdasarkan rentang harga yang lebih detail. Ini tentunya mempermudah kita dalam menemukan properti yang tepat sesuai kebutuhan.

 

Ingin mengatur tipe atau jenis properti yang dicari? Tentu bisa. Untuk pengguna situs Rumah123, klik menu ‘Residensial’ untuk menyesuaikan tipe properti; baru atau bekas.

Coba Gunakan Verified Listing

 

Para pengguna laman properti Rumah123 pasti sudah tahu, di dalam situs ini tersedia berbagai fitur penunjang yang mampu meningkatkan minat calon pembeli, seperti Verified Listing.

 

Verified listing adalah proyek-proyek yang telah diverifikasi langsung oleh tim Rumah123. Sehingga kualitas dan kredibilitas setiap proyeknya, tentu tidak perlu kita ragukan lagi.

 

Anda bisa memanfaatkan fitur ini ketika mencari properti, bahkan verified listing termasuk ke dalam tips menggunakan situs properti yang wajib Anda coba!

Perhatikan Iklan yang Tersedia

 

Tak bisa dipungkiri, melihat iklan menjadi salah satu dorongan bagi sebelum membeli properti. 

 

Jika Anda tak ingin ribet mencari properti dengan menelusuri setiap halamannya, maka iklan bisa jadi salah satu tips menggunakan situs properti yang efektif.

 

Pasalnya di situs properti terdapat banyak iklan dari berbagai proyek yang pastinya menarik, serta tak jarang sesuai dengan apa yang Anda cari.

 

Namun perlu diingat, ada banyak iklan properti di luar sana yang tergolong scam atau penipuan. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ciri-ciri iklan properti yang terpercaya.

 

Baca juga:

Inilah Tips dan Cara Jual Rumah Online Mudah dan Cepat! 

Pastikan Lokasi Properti Sesuai

Lokasi merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangan saat membeli hunian. 

 

Karena itu, Anda wajib mencermati lokasi dari properti yang ada pada iklan.

 

Pastikan pula proyek yang penjual iklankan benar-benar tersedia. Caranya Anda dapat menelusuri alamat iklan dari internet, atau lakukan survei ke lokasi proyek secara langsung.

 

Selain menghindari tindak penipuan, cara semacam ini juga dapat mempermudah Anda untuk memastikan kondisi real dari properti tersebut.

lokasi properti

Informasi Fasilitas dan Spesifikasi Lengkap

 

Keunggulan menggunakan situs jual beli rumah terletak pada layanan yang ditawarkan, misalnya saja seperti situs properti Rumah123.

 

Di laman ini, penjual bisa mencantumkan informasi terkait fasilitas perumahan secara mudah.

 

Tidak cuma fasilitas, kolom spesifikasi properti juga tersedia lengkap mulai dari luas bangunan, luas tanah, tipe dan kondisi properti, status sertifikat, hingga jumlah lantai dan ruang kamar.

 

Pastikan properti yang Anda incar mencantumkan penjabaran fasilitas internal dan spesifikasi huniannya secara jelas. Jika infonya sangat minim, bisa jadi iklan tersebut bodong, lho.

Harga Properti yang Masuk Akal

 

Ketika mencari properti, salah satu pertimbangan yang penting adalah harganya. Pastikan harga yang tercantum masuk akal setelah Anda meninjau spesifikasi dari properti itu sendiri.

 

Selain harga, pada situs properti pun terdapat perkiraan cicilan KPR beserta bunga, yang bisa memudahkan Anda dalam memperhitungkan pembayaran nantinya.

Pastikan Foto/Gambar Jelas dan Meyakinkan

 

Membeli properti tanpa gambaran produknya secara jelas, ibarat membeli kucing dalam karung. Anda tentu menginginkan gambaran nyata dari properti yang sedang diincar, bukan?

 

Karena itu, untuk memperhatikan foto atau gambar yang tersemat pada iklan tersebut. Pastikan foto yang digunakan merupakan foto asli proyek, bukan berupa ilustrasi.

 

Akan lebih baik lagi jika foto yang dibagikan mengandung informasi detail mengenai tampilan bangunan, misalnya spesifikasinya, lingkungan sekitar, dan sebagainya.

 

Selain itu pastikan resolusi dan angle pengambilan gambar mampu memberikan informasi cukup bagi Anda. Ini berguna agar kita mendapatkan gambaran nyata kondisi properti tersebut.

 deskripsi iklan

Deskripsi Iklan yang Menarik

 

Tips menggunakan situs properti, terutama jika Anda ingin menemukan hunian yang sesuai melalui iklan adalah perhatikan deskripsinya.

 

Kolom ini biasanya diisi penjelasan singkat dan menarik mengenai properti yang dipasarkan. Bahkan penjual juga menegaskan keunggulan terkait produknya pada kolom ini.

 

Karena itu, luangkan waktu Anda untuk membaca deskripsi produk secara keseluruhan. Bila ada pertanyaan perihal iklan tersebut, segera hubungi call center atau agen pemasang iklan.

 

Itu tadi tips menggunakan situs properti yang aman, untuk menghindari risiko penipuan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menemukan rumah impian, ya.

 

Sedang mencari hunian nyaman dengan fasilitas yang lengkap? Yuk, intip iklan properti Arkatama Townhouse dan AKR Grand Kawanua International City di Rumah123!

 

Baca juga:

Memilih Media yang Tepat Untuk Promosi Properti? Penting tidak, Sih? 

 

Author:

Yuhan Al Khairi