OK

6 Keunggulan Kota Medan sebagai Hunian dan Investasi

09 Agustus 2022 · 6 min read · by Tim Editorial

rumah kontrakan

Foto: pinterest

Jika dulu Medan dikenal sebagai Kota Kesultanan Deli (Melayu), saat ini julukan “Paris Van Sumatera” agaknya makin melekat akibat pesatnya perkembangan kota tersebut.

Awalnya daerah di utara Sumatra ini dikelilingi oleh rawa-rawa, namun kini telah berubah menjadi kota metropolitan yang besar dan megah.

Kemajuan pembangunannya membuat masyarakat datang ke Kota Medan untuk bersekolah, bekerja, atau menghabiskan masa pensiun.

Kawasan ini juga menawarkan hunian dengan kualitas terbaik mulai dari apartemen, komplek perumahaan, hingga rumah kontrakan.

Tidak hanya itu, ada banyak rumah sewa di Medan yang bisa digunakan untuk liburan dengan menawarkan harga yang terjangkau.

Buat Anda yang tertarik membeli rumah dijual di Medan, simak dulu beberapa keunggulan tersebut di bawah ini.

Keunggulan Kota Medan Sebagai Tempat Tinggal

keunggulan kota medanFoto: podomorodelimedan

Medan menduduki posisi ketiga setelah Jakarta dan Surabaya sebagai kota metropolitan terbesar.

Tak ayal banyak orang menyebut kota ini sebagai “Jakarta-nya Sumatra,” sebab semua fasilitas telah tersedia dengan lengkap.

Lokasinya Strategis sebagai Pusat Bisnis

lokasi strategis medan

Foto: skyscrapercity

Sebagai daerah otonom dan Ibu Kota Provinsi Sumatra Utara, tak bisa dipungkiri bahwa barometer dan tolak ukur pembangunan berpusat di Kota Medan.

Bahkan kota ini juga menjadi pintu gerbang  perdagangan internasional, karena berbatasan langsung dengan Selat Malaka di bagian utara.

Sehingga kawasan ini sering kali dijadikan sebagai pusat bisnis. Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan ekonomi Medan yang terus naik.

Di tahun 2019, perekonomian Sumatra Utara mengalami kenaikan sebesar 5%, atau 25% lebih tinggi dibanding angka ekonomi nasional.

Pada triwulan ke III 2020, Provinsi Sumatra Utara memberikan kontribusi terbesar terhadap PDRB di Pulau Sumatra sebesar 23,82%.

Meskipun angka pertumbuhan terus naik dibandingkan Riau dan Sumatra Selatan, di masa pandemi ini Sumut mengalami kontraksi sebesar 2,60% (y-on-y).

Pemerintah setempat terus berupaya menjaga nilai ekonomi agar tidak jatuh. Terbukti, di beberapa sektor seperti ekspor barang dan jasa, mengalami kenaikan sebesar 11,73%.

ektor ekspor dan impor medan

Foto: ilustrasi sektor ekspor dan impor

Lokasi Kota Medan terbilang strategis.Untuk mencapai negara tetangga seperti Pulau Penang, Kuala Lumpur dan Singapura, dapat dicapai dengan transportasi air serta udara.

Luas wilayah Kota Medan mencapai 26.510 Ha, terdiri dari 21 kecamatan dengan 151 kelurahan, yang terbagi dalam 2.001 lingkungan.

Kota Medan masuk dalam kategori dataran rendah dengan ketinggian 2,5 sampai 37,5 meter di atas permukaan laut.

Sistem Transportasi yang Modern dan Lengkap

transportasi yang modern di medan

Foto: correcto

Keunggulan Kota Medan selanjutnya adalah, banyaknya transportasi umum yang hadir di tengah masyarakat.

Untuk menunjang kegiatan sehari-hari masyarakat biasanya menggunakan transportasi seperti bentor, angkutan umum, Trans Metro Deli,  becak, taksi, dan minibus.

Kota ini juga dilengkapi dengan berbagai pilihan transportasi penghubung antar kota, pulau, bahkan negara.

Terminal terpadu amplas menjadi salah satu Terminal kelas A yang ada di Medan. Ini memiliki pilihan rute bus antarkota antarprovinsi yang cukup lengkap.

Anda juga bisa menyambangi Bandara Internasional Kualanamu, yang notabene-nya bandara terbesar kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta, untuk bepergian ke berbagai daerah.

Bahkan, Bandara Kuala Namu melayani rute penerbangan domestik dan internasional secara langsung tanpa transit ke Jakarta.

Selain itu, bandara ini juga dilengkapi dengan kereta bandara yang terhubung langsung dengan stasiun utama Kota Medan.

Baca juga:

Bisnis Properti di Medan, Wilayah Potensial di Luar Pulau Jawa

Fasilitas Publik Berskala Nasional dan Internasional

fasilitas publik di medan

Foto: indozone

Memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada semua masyarakat, menjadi salah satu keunggulan Kota Medan.

Di sini tersedia beragam rumah sakit besar. Rumah sakit tersebut memiliki pelayanan dan peralatan yang modern, bahkan sebagian besar menyandang status standar internasional.

Beberapa rumah sakit terbaik yang ada di Medan yakni RS Siloam, RS Royal Prima, RS Columbia Asia, RS Khusus Mata SMEC, hingga RS Murni Teguh.

Selain itu, kota yang maju harus dibarengi dengan layanan pendidikan yang baik serta bermutu tinggi.

Di Medan sendiri, setidaknya ada 1.874 sekolah yang tersebar di 21 kecamatan dengan berbagai jenjang mulai dari SD, SMP, dan SMA/SMK.

Keunggulan Kota Medan Fasilitas Publik Lengkap

Tersedia pula beragam pilihan perguruan tinggi terbaik. Tidak hanya di Medan, namun di seluruh Indonesia seperti:

Universitas Sumatera Utara

Universitas Negeri Medan

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Universitas HKBP Nommensen

Universitas Medan Area

Universitas Prima Indonesia

Universitas Pembangunan Panca Budi

Universitas Islam Sumatera Utara

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Potensi Pariwisata yang Mendunia

potensi-pariwisata-yang-mendunia

Bukan rahasia umum jika Medan dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Misalnya saja Danau Toba, danau ini memiliki pulau di bagian tengahnya yakni Pulau Samosir, yang luasnya sama seperti Singapura.

Selain itu, ada banyak tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di kota ini. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan untuk menjalankan bisnis sewa rumah seperti penginapan.

Bisnis penginapan tentu akan menambah passive income. Hal tersebut menjadi keunggulan Kota Medan yang wajib dipertimbangkan.

Pusat Perbelanjaan yang Beragam

pusat-perbelanjaan-yang-beragam

Foto: agungpodomoro

Jika tinggal di Medan, Anda tidak hanya dimanjakan dengan aksesibilitas yang mudah tapi juga fasilitas seperti pusat perbelanjaan.

Ada banyak tempat belanja yang ditawarkan, mulai dari pusat perbelanjaan menengah, modern, hingga tempat belanja tradisional.

Semuanya komplit, bisa Anda jangkau dengan jarak yang singkat.

Sebut saja Sun Plaza, Center Point, Lippo Plaza, Manhattan Time Square dan lainnya, yang menyajikan tempat belanja modern dan terlengkap.

Sedangkan untuk pasar tradisional, ada satu pasar yang jadi favorit warga lokal yakni Pasar Rame, yang berada persis dekat Thamrin Plaza.

Bagaimana, ternyata banyak sekali keunggulan Kota Medan yang dapat dijadikan sebagai nilai plus untuk lokasi tempat tinggal, ya.

Banyak Pilihan Properti

Setelah mengulas berbagai fasilitas publik dan infrastrukturnya, Medan bisa dibilang jadi pilihan tepat untuk mencari segala jenis properti.

Bisa terlihat dari banyaknya ruko, perumahan, apartemen, hingga hunian sementara yang tersedia di kota tersebut.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menemukan berbagai tipe unit dan harga yang terjangkau. Semua pilihan properti di Medan dapat Anda temukan di Rumah123.

Harga Properti di Medan yang Terjangkau

harga rumah kontrakan medan

Foto: shouse.site

Karena letaknya yang strategis, memiliki fasilitas yang lengkap, dan menjadi pusat perekonomian, Medan jadi kawasan yang tepat untuk tempat tinggal dan pilihan investasi properti.

Banyak pendatang yang betah tinggal di Medan. Alasan utamanya adalah, karena harga hunian yang ditawarkan masih cukup terjangkau.

Anda bisa membeli unit apartemen Podomoro City Deli Medan, atau rumah di Puri Harmoni Residence yang dijual dengan harga Rp230 juta.

Sedangkan untuk perumahan mewah, terdapat Citraland Gama City yang dikembangkan oleh Ciputra Group.

Perumahan tersebut menawarkan desain rumah mediterania modern dengan suasana ala Singapura.

Buat Anda yang ingin segera tinggal di Medan, bisa menemukan pilihan rumah disewa di Medan lainnya di rumah123.com.

Itu dia informasi mengenai keunggulan Kota Medan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kelebihan Kota Palembang yang Cocok untuk Investasi Properti

Author:

Dyah Siwi Tridya

Bunga KPR Terbaru

Beli properti impian dengan memilih produk KPR terbaik di Rumah123

Bank BTN
Bank BTN
Suku bunga mulai dari3.72
Tenor Max.20 Tahun
Bank BNI
Bank BNI
Suku bunga mulai dari2,76
Tenor Max.30 Tahun
Bank Mandiri
Bank Mandiri
Suku bunga mulai dari3,88
Tenor Max.12 Tahun