Tips Investasi Apartemen Menguntungkan



investasi apartemen

 


Apartemen sekarang ini sudah menjadi properti yang banyak diminati dan dicari orang. Dengan tingginya permintaan ini, hadir pula kesempatan untuk melakukan investasi apartemen. 

 


Karena banyaknya permintaan tersebut, dan agar lebih adil, tak sedikit pengelola apartemen yang menjual unit apartemennya melalui sistem undian.

 


Meski kebanyakan orang membeli apartemen untuk dimiliki dan ditinggali, tak sedikit pula yang membeli untuk investasi apartemen.

 


Harga apartemen terus naik karena ketersediaan apartemen tidak secepat pertumbuhan permintaan pasar. 


Selain itu, kenaikan harga apartemen juga dipengaruhi dengan angka Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP yang ditetapkan oleh pemerintah setempat. 


Maka bisa dibilang, apartemen merupakan salah satu properti yang menarik untuk diinvestasikan. 

 


Baca juga: 
Harga yang Bagus, Jual Rumah atau Apartemen Juga Butuh Timing yang Pas

 


Tapi apa sebenarnya yang perlu dilakukan jika benar-benar tertarik untuk berinvestasi apartemen? Lalu bagaimana caranya agar investasi apartemen tersebut menguntungkan? 

 


Kami akan bahas beberapa panduan agar Anda mendapatkan keuntungan dari investasi apartemen. 


 

 

Mulai dari apa yang diperhatikan sebelum berinvestasi di apartemen, cara memilih apartemen, cara menyewakan apartemen, hingga masalah legalitas. 


Apa yang Harus Diperhatikan?


1. Lokasi Apartemen


Sama seperti properti apapun, lokasi adalah kunci utama dalam memilih apartemen. Pastikan jika apartemen yang akan dijadikan investasi berada di lokasi yang strategis, sehingga memiliki peningkatan harga yang baik dari tahun ke tahun.


 

Tidak hanya untuk apartemen dijual lagi, namun juga untuk apartemen yang disewakan. Lokasi apartemen sangat berpengaruh terhadap harga sewa yang bisa ditawarkan. 


 

Jika lokasi apartemen sangat strategis dan dekat dengan beragam fasilitas yang diperlukan oleh penyewa, maka harga sewa juga akan meningkat. Dengan begitu, investasi Anda akan lebih menguntungkan.


 

Penting pula untuk dicatat bagi yang ingin terjun ke dalam investasi apartemen untuk memilih lokasi apartemen berdasarkan target pasar. 


 

Misalnya, jika ingin mengincar pasar untuk para mahasiswa atau pelajar, sebaiknya memilih apartemen yang berlokasi di dekat kampus. 


 

Jika target pasarnya untuk para karyawan kantoran, maka cari juga unit apartemen yang berada di area kawasan bisnis dan perkantoran.


2. Fasilitas Apartemen


 

Lalu yang kedua adalah mengenai fasilitas apartemen. Penting untuk Anda memilih apartemen dengan fasilitas yang dapat menunjang penghuninya, entah itu Anda sebagai penghuni maupun calon penyewa apartemen. 


 

Fasilitas standar seperti tersedianya meja belajar dan koneksi internet yang kini sudah jadi kebutuhan hampir setiap orang. 


 

Akan lebih baik jika area apartemen tersebut memiliki fasilitas tambahan lainnya, seperti kolam renang hingga pusat kebugaran, pusat belanja atau minimarket, hingga apotek dan klinik kesehatan. 


 

Pastikan juga untuk fasilitas dasar seperti listrik yang tidak mudah padam dan juga air yang terus mengalir. 


3. Pengembang yang Jelas Track Record-nya


 

Untuk berinvestasi, pastikan juga pengebang yang dipilih mempunyai track record yang baik. Jangan sampai salah memilih pengembang dan bukannya untung, malah merugi. 


 

Tidak sedikit keluhan dari penghuni apartemen yang apartemennya ditinggal begitu saja oleh pengembang. Setelah dibangun, apartemen pun diabaikan sehingga suasana di apartemen menjadi tidak terkontrol dan terkendali.


 

Pengembang besar yang memiliki nama dan jaminan mutu tentu akan jadi pilihan yang aman. Anda dapat melihat rekam jejak dari proyek yang mereka bangun. 


4. Beli Segera, tapi Jangan Terburu-buru


Harga apartemen akan terus naik, maka akan lebih baik jika Anda membeli apartemen sesegera mungkin saat harga masih murah. 


 

Dengan begitu, semakin cepat membeli unit apartemen, maka akan semakin bagus potensinya sebagai investasi. 


 

Sebaliknya, jika Anda menunda semakin lama, maka harga apartemen akan naik dan keuntungan yang didapat dari investasi tentu akan semakin kecil.


 

Tapi walaupun ada baiknya membeli sesegera mungkin, bukan berarti harus terburu-buru. Anda harus tetap mencari informasi tentang apartemen dan juga hal-hal yang penting lainnya. 


Apa Investasi Apartemen Akan Untung Selamanya?


Di atas kertas, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ‘iya’. Apalagi jika Anda memang jeli untuk memprediksi masa depan pengembangan kawasan sekitar apartemen yang dijadikan investasi.


 

Namun, seperti jenis investasi lainnya, investasi apartemen juga memiliki resiko. 


 

Salah satu  resiko yang mungkin terjadi adalah masalah penurunan harga. 


 

Hal ini bisa saja terjadi ketika seseorang membeli apartemen dengan harga tinggi yang merupakan harga titik jenuh. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka biasanya harga apartemen akan mulai turun.


 

Lain cerita jika membelinya ketika harga masih dalam batas wajar. Hal ini dapat membuat harga jual apartemen naik. Dan peluang harga turun pun akan lebih kecil.


 

Paling tidak ada empat faktor yang harus dimiliki oleh apartemen yang menguntungkan. Keempat faktor tersebut adalah lokasi, privasi, keamanan dan terakhir adalah harga. 


 

Selain itu, ada faktor lain yang harus diperhatikan juga seperti kebiasaan dan juga gaya hidup penghuninya.


 

Yang jelas, tak ada hal yang pasti dalam berinvestasi, tak terkecuali dalam investasi apartemen. 


 

Tidak ada rumus yang menyebutkan bahwa harga sedang dalam titik jenuh atau wajar. Karena fluktuasi harga apartemen sangat tergantung dari kondisi kawasan apartemen itu sendiri. 


 

Maka dari itu, penting untuk melakukan survei dan terus mencari tahu tentang keuntungan dan harga apartemen yang akan dijadikan investasi sebelum membelinya. 


 

Pastikan Anda mendapatkan informasi yang valid mengenai fasilitas apartemen dan harga jualnya, jangan lupa juga untuk membandingkan harga apartemen yang satu dengan yang lainnya.


Cara Pilih Unit Apartemen Terbaik


Setelah yakin untuk berinvestasi, saatnya Anda memilih unit apartemen. Dalam hal ini tak bisa sembarangan. Misalnya mempertimbangkan posisi unit apartemen.


 

Semakin baik posisinya, maka harganya juga akan semakin tinggi untuk dijual kembali atau disewakan. 


 

Posisi apartemen sendiri memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan beberapa hal sebelum membeli apartemen:


Lantai Tinggi


 

Untuk Anda  yang menginginkan pemandangan indah, sebaiknya pilih apartemen yang berada di lantai 8 ke atas. Dengan ketinggian tersebut, unit apartemen akan menghadirkan pemandangan yang menawan.


 

Banyak apartemen di kota besar yang menawarkan pemandangan lanskap kota sebagai fitur unggulan. Biasanya unit ini juga ditawarkan dengan harga tinggi. 


 

Hanya saja posisi di atas bukan tanpa kekurangan. Karena biasanya akan menyulitkan penghuni yang ingin membawa furnitur ke dalam unitnya. 


 

Selain itu aktivitas penghuni juga akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Misalnya untuk naik turun tangga/lift yang membutuhkan waktu lebih lama dibanding unit yang berada di lantai rendah. 


 

Masalah lain adalah ketika keadaan darurat. Contohnya, ketika terjadi gempa bumi atau kebakaran, maka waktu yang diperlukan untuk menyelamatkan diri lebih lama bagi penghuni di lantai atas.


Lantai Rendah 


Meskipun lantai tinggi juga memiliki keunggulan yang menggiurkan, bukan berarti lantai bawah tidak memiliki keunggulan yang setimpal. 


 

Unit apartemen di lantai bawah biasanya dipilih oleh banyak orang yang ingin lebih dekat dengan lantai dasar. Pertimbangannya adalah lebih memudahkan aktivitas. Selain itu juga lebih ramah bagi penghuni lansia dan anak kecil. 


 

Hanya saja, biasanya lantai bawah juga bising oleh tingginya aktivitas naik turun penghuni apartemen. 


 

Kalaupun Anda akan memilih apartemen unit bawah, hindari memilih unit yang tidak terlalu dekat dengan pintu masuk, lift, atau tangga darurat.


Pahami Legalitas Apartemen


Terakhir, sebelum membeli apartemen, pahami terlebih dahulu terkait legalitas apartemen. 


 

Karena banyak orang yang ingin membeli apartemen namun terkendala dengan legalitas, dimana kepemilikan apartemen sedikit berbeda dengan kepemilikan rumah. 


 

Hal ini penting untuk ditanyakan, karena untuk membeli apartemen dengan luas 30 meter persegi saja  seseorang harus mengeluarkan uang hingga ratusan bahkan milyaran rupiah. 




Kini Anda sudah mengetahui banyak hal tentang investasi apartemen. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk berinvestasi?

 



Tambahkan Komentar