10 Gedung Perkantoran Terbaik di Jakarta, Bikin Betah Kerja

Gedung Perkantoran

Foto: Unsplash

 

Siapa di sini yang suka bekerja di dalam kantor mewah dengan berbagai fasilitas mumpuni di dalamnya?

 

Faktanya, gedung perkantoran yang cozy dan fungsional bisa memengaruhi produktivitas sekaligus efektivitas pekerjaan, lho.

 

Bahkan, desain kantor modern yang nyaman sering dianggap sebagai faktor penentu kesuksesan dan kebahagiaan karyawan yang bekerja di dalamnya.

 

Tak hanya itu, beberapa fasilitas kantor seperti ruang kerja terbuka, furnitur ergonomis, sampai koneksi internet yang cepat pun dapat membawa budaya kerja yang lebih sehat.

 

Sejujurnya, gedung perkantoran semacam ini lebih sering ditemukan di kota-kota besar Indonesia, khususnya Jakarta dan Surabaya.

 

Jakarta sendiri masih menjadi lokasi favorit bagi gedung perkantoran yang diisi oleh berbagai perusahaan lokal maupun internasional.

 

Sebagai metropolitan terbesar ke-10 di dunia, wajar saja kalau Jakarta menjadi pilihan pertama bagi banyak perusahaan yang ingin melebarkan bisnisnya di Indonesia.

 

Sejumlah gedung perkantoran kelas pertama pun kebanyakan berada di area pusat atau selatan Jakarta, atau lebih tepatnya di kawasan Segitiga Emas Jakarta.

 

Lalu, apakah kalian juga ingin bekerja di salah satu gedung perkantoran keren di sana?

 

Bagi yang berminat, mari simak 10 gedung perkantoran terbaik di Jakarta yang mewah dan bikin betah di bawah ini!

10 Gedung Perkantoran Terbaik di Kota Jakarta

Sahid Sudirman Center

Sahid Sudirman Center?

 

Sahid Sudirman Center adalah sebuah gedung perkantoran kelas A yang terletak di dekat persimpangan Jalan Sudirman dan Jalan Mas Mansyur, kawasan pusat bisnis Jakarta.

 

Salah satu keunggulan dari gedung 59 lantai ini adalah fasilitasnya yang cukup lengkap, serta berdekatan dengan Stasiun MRT Jakarta Bendungan Hilir.

 

Tak hanya itu, Sahid Sudirman Center juga cukup mudah diakses oleh kendaraan pribadi, transportasi online, maupun bus Transjakarta.

 

Gedung kantor ini pun cukup dekat dengan hunian vertikal premium, seperti Branz Mega Kuningan dan Apartemen Casa Grande Residence.

The Plaza Office Tower

The Plaza Office Tower

 

Berlokasi di tengah Jakarta, The Plaza Office Tower menawarkan suasana perkantoran mewah dan eksklusif, sekaligus terintegrasi dengan mal dan apartemen kelas atas. 

 

Lokasinya yang strategis pun memudahkan akses ke area bisnis lain serta tempat hiburan yang ada di sekitar.

 

Semua kualitas ini selaras dengan tagline yang diusungnya, yakni “A place to work. A place to play. A place to call your own.”

The Energy Building

The Energy Building

 

Didesain oleh seorang arsitek kenamaan dunia, Kohn Pederson Fox, The Energy Building adalah kantor yang menyajikan nuansa futuristik di dalamnya. 

 

Gedung ini memiliki smart system dengan konsep intelligent workspace, di mana salah satu penerapannya terdapat pada sistem elevator yang mengutamakan efisiensi.

 

Lokasinya yang terletak di SCBD (Sudirman Central Business District) pun makin menambah keunggulan dari gedung perkantoran yang satu ini. 

DBS Bank Tower

DBS Bank Tower

 

Gedung perkantoran ini masih dalam kawasan superblok milik developer terkemuka, Ciputra Group, yang terletak di Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5, Jakarta Selatan.

 

DBS Bank Tower pun didesain sedemikian rupa agar terintegrasi dengan bangunan komersial lain milik Ciputra Group seperti Raffles Hotel, Ascott Service Apartment, Ciputra Artpreneur, serta Lotte Shopping Avenue. 

 

Bangunan 40 lantai itu sendiri mengacu pada green building design yang ramah lingkungan.

 

Sekadar informasi, Ciputra Group juga mengembangkan hunian vertikal dan rumah tapak di sekitar kawasan Jabodetabek.

 

Jika tertarik, Anda bisa tengok apartemen Ciputra International di Jakarta Barat atau rumah siap huni di Citra Sentul Raya.

 

Baca juga:

7 Fasilitas Kantor Sewa yang Bikin Kerja Lebih Nyaman

APL Tower

APL Tower

 

Di tengah Jakarta Barat, tepatnya di Jalan S. Parman, Grogol, terdapat gedung kantor yang dikembangkan oleh Agung Podomoro Land. 

 

Gedung bertingkat 46 lantai itu sangat ideal, terutama untuk Anda yang berdomisili di wilayah barat Jakarta dan sekitarnya.

 

Areal berkonsep hijau dengan taman ini juga diapit oleh bangunan komersial dan residensial seperti Hotel Pullman, Central Park, dan Neo Soho at Podomoro City Apartement.

Gedung Perkantoran WTC 3

Gedung Perkantoran WTC 3

Foto: BeritaSatu.com

 

World Trade Center atau WTC Jakarta adalah kawasan perkantoran dengan enam menara yang terletak di kawasan Sudirman.

 

Di antara enam menara tersebut, hanya WTC 3 yang dibangun dengan green concept serta memiliki sertifikasi Green Mark dari Building and Construction Authority (BCA) Singapura.

 

Selain konsepnya yang memukau, gedung ini pun memiliki aksesibilitas mudah, di mana pengguna MRT dapat menjangkau gedung ini via Stasiun Sudirman.

One Pacific Place Tower

One Pacific Place TowerFoto: Flokq

 

Di tengah kawasan SCBD, terdapat gedung perkantoran lain yang nyaman untuk dipakai sebagai tempat bekerja. Gedung itu adalah One Pacific Place Tower.

 

Gedung ini terletak di lokasi strategis dan berdampingan langsung dengan Pacific Place dan Hotel The Ritz Carlton.

 

Untuk Anda yang ingin mencari suasana perkantoran mewah di tengah kawasan elit, gedung ini wajib jadi pilihan utama. 

 

Selain itu, terdapat pula beragam fasilitas umum di sekitarnya, seperti kawasan olahraga Gelora Bung Karno, serta pusat perbelanjaan seperti Plaza Senayan dan Senayan City.

Wisma AKR

Wisma AKR

Foto: Detik Finance

 

Mencari gedung perkantoran dengan museum yang menampilkan karya seni dari berbagai belahan dunia? Jika iya, maka Wisma AKR adalah pilihan terbaik untuk Anda.

 

Berlokasi di Jalan Raya Perjuangan, Jakarta Barat, gedung perkantoran yang memiliki akses langsung ke Jalan Tol Kebon Jeruk ini menaungi sejumlah perusahaan terkemuka.

 

Gedung ini pun memiliki ruang seni rupa modern dan kontemporer ternama, Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) yang berada di lantai M.

 

Tak sampai situ, gedung ini juga telah terintegrasi dengan Apartemen Gallery West Residences dan Sky Home Gallery.

Capital Place Jakarta

Capital Place Jakarta

Foto: Money.id

 

Capital Place Jakarta merupakan gedung perkantoran yang mengusung desain unik dan bisa terlihat langsung dari Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Grogol).

 

Bagi yang belum tahu, gedung ini adalah proyek kolaborasi antara Rajawali Property Group dan GIC Pte Ltd. 

 

Bahkan, perusahaan ternama milik Mark Zuckerberg, Facebook (atau yang saat ini dikenal dengan nama Meta), memilih gedung ini sebagai kantor cabang perwakilan di Indonesia.

 

Berdiri di Jalan Jenderal Gatot Subroto, gedung 47 lantai ini menyediakan berbagai fasilitas mumpuni berupa akomodasi hotel kelas mewah, outlet retail, hingga restoran mewah.

Green Office Park

Green Office Park

Foto: Telegraf

 

Terakhir, ada kantor hijau pertama di Indonesia yang berada tak jauh dari pusat Jakarta. Meski tidak terletak di Jakarta, lokasinya cukup mudah dijangkau dari ibukota.

 

Berlokasi di kawasan mandiri BSD City, Tangerang Selatan, Green Office Park didaulat sebagai “markas besar” dari Unilever Indonesia sejak tahun 2017.

 

Seperti namanya, gedung ini menawarkan konsep ramah lingkungan secara menyeluruh, sekaligus menjadi distrik perkantoran pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi “Gold” Green district dari BCA.

 

Fasilitas penunjang yang ada di dalamnya juga sangat lengkap, mulai dari kafe, restoran, salon, pusat olahraga, hingga daycare dari Unilever Indonesia.

 

Gedung ini juga terhubung dengan kawasan hunian di BSD, seperti Sky House dan Upper West.

 

Nah, itu tadi 10 gedung perkantoran terbaik di Jakarta yang mungkin dapat menjadi referensi Anda dalam mencari kantor idaman.

 

Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Merancang Tata Ruang Kantor Terbuka, Perhatikan 5 Faktor Ini

 

Author:

Shandy Pradana