OK

Inspirasi Desain Rumah 3 Lantai

28 September 2022 · 4 min read · by Septian Nugraha

Desain Rumah 3 LantaiGambar: trendir.com

Konsep rumah bertingkat 3 lantai menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian yang luas, di tengah ketersediaan lahan yang semakin terbatas.  

Keterbatasan lahan tak dimungkiri menjadi permasalahan umum yang dihadapi oleh masyarakat urban. Khususnya, mereka yang tinggal di kota-kota besar Indonesia. 

Keuntungan memiliki rumah bertingkat tidak hanya membuat hunian jadi memiliki ruang yang lebih luas. Namun dapat memenuhi aspek fungsional dan estetika pada hunian. 

Tak ayal tren pengaplikasian rumah bertingkat 3 lantai semakin populer dewasa ini.

Apalagi pada konsep rumah tumbuh – yang memang dirancang agar dapat dibangun secara bertahap, menyesuaikan kebutuhan serta bujet pemiliknya.

Bagi kamu yang tertarik merenovasi atau membangun rumah bertingkat 3 lantai, kamu bisa mengintip inspirasi desain dan konsepnya pada artikel ini. 

Selain itu kami juga akan mengulas sejumlah manfaat dari pengaplikasian konsep rumah tersebut. Jadi, simak ulasannya sampai selesai, ya! 

Manfaat Rumah 3 Lantai

Selain untuk mengoptimalkan ketersediaan ruang pada lahan yang terbatas, rumah 3 lantai memiliki berbagai manfaat krusial dalam menunjang kebutuhan dan gaya hidup kamu. 

Berikut kami hadirkan sejumlah manfaat dari penerapan desain rumah 3 lantai.

Optimalisasi Pencahayaan dan Sirkulasi Udara Alami 

Rumah 3 lantai pada lahan yang terbatas pastinya memiliki bentuk bangunan yang tinggi. Ketinggiannya bisa mencapai 12 hingga 15 meter. 

Hal tersebut membuat rumah akan memiliki langit-langit yang tinggi. Kamu tidak akan merasa terkekang meski lahan pada area tinggal terbatas. 

Bentuk bangunan menjulang biasanya akan mendapatkan pencahayaan dan sirkulasi udara alami yang lebih optimal, karena sistem ventilasi silang. 

Hal tersebut membuat hunian kamu jadi lebih ramah lingkungan. Sebab penggunaan energi listrik bisa ditekan. Sehingga bisa menghemat biaya perawatan rumah.  

Perawatan yang Mudah

Umumnya rumah 3 lantai dibangun dengan konsep yang padat.

Artinya meski memiliki lebih banyak ruang, namun luas ruangannya tidak terlalu lebar.

Hal tersebut tentunya akan membuat kamu lebih mudah dalam melakukan perawatan rumah.

Pemaksimalan Ruang Terbuka Hijau

Bentuk bangunan yang padat membuat lahan sekitar rumah yang tersisa bisa kamu manfaatkan sebagai halaman atau ruang terbuka. 

Ruang tersebut bisa dijadikan taman sebagai area hijau, yang akan memberikan kesan asri pada hunian. 

Desain Rumah 3 Lantai

Ada banyak konsep yang bisa kamu pilih sebagai inspirasi desain hunian 3 lantai. Tentunya dengan berbagai keunikan dan ciri khasnya masing-masing. 

Kamu bisa memilih desain mana yang paling disukai untuk diterapkan dalam bangunan rumah. 

Nah, untuk membantu kamu, berikut kami hadirkan 3 inspirasi desain rumah 3 lantai sebagai rekomendasi bagi kamu. 

Rumah 3 Lantai Desain Modern  

Rumah 3 Lantai Desain ModernGambar: Pinterest

Rekomendasi desain hunian 3 lantai pertama bagi kamu adalah hunian berdesain modern ini. Perpaduan warna putih dan abu-abu menjadikan fasad rumah tampak elegan. Penerapan batu alam pada sejumlah sudut eksterior rumah pun memberikan kesan alami pada hunian.

Meski dibangun pada lahan yang tak terlalu luas, rumah tetap memiliki area terbuka berupa balkon pada bagian lantai 2 dan 3 rumah.

Kehadiran balkon terbuka bisa dimanfaatkan sebagai area bersantai. Menerapkan berbagai tanaman hias di balkon bisa kamu lakukan untuk memberikan kesan asri pada rumah.

Rumah 3 Lantai Desain Modern Minimalis  

Rumah 3 Lantai Desain Modern MinimalisGambar: Pinteres

Modern dan elegan adalah dua kata yang mungkin terlintas dalam benak kamu ketika melihat konsep desain rumah 3 lantai ini.

Menjadi rekomendasi ideal bagi kamu, kaum milenial yang mendambakan hunian dengan konsep kekinian.

Bagaimana tidak, desain kontemporer amat kental diterapkan pada bagian eksterior rumah. Elemen batu alam pada ornamen tembok luar, dan pengaplikasian tanaman hias pun akan memberikan kesan alami pada hunian.

Kehadiran ruang terbuka di lantai 3 berfungsi sebagai tempat bersantai yang nyaman bagi kamu dan keluarga.

Apalagi dengan penerapan tanaman hias yang beragam akan membuat area terbuka di lantai atas menjadi tempat ideal, untuk menghabiskan waktu luang bersama kolega atau keluarga.

Rumah 3 Lantai Desain Kontemporer

Rumah 3 Lantai Desain Elevasi MemukauGambar: artfasad.com

Masih dengan konsep rumah dengan desain kontemporer yang unik. Hunian ini dibangun dengan konsep arsitektur yang berbeda dari desain rumah 3 lantai pada umumnya. Elevasi bangunan tidak dibuat sejajar.

Terlihat pada bentuk bangunan lantai 2 yang dibuat lebih menjorok. Area kosong di bagian tersebut bisa dimanfaatkan sebagai ruang santai terbuka.

Penggunaan jendela berukuran besar di sejumlah sudut, membuat rumah bisa mendapatkan pencahayaan alami yang optimal, dan sirkulasi udara yang baik.

Baca juga:

Keuntungan Beli Rumah 3 Lantai Beserta Contoh Denahnya

Itulah pembahasan mengenai manfaat dan inspirasi desain rumah 3 lantai. Semoga informasi yang kami hadirkan bermanfaat buat kamu!

Jangan segan untuk terus memperbarui informasi dan pengetahuanmu tentang dunia properti bersama kami, melalui situs rumah123.com.

Di sini juga kamu akan mendapatkan banyak rekomendasi hunian idaman seperti Mustika Village Karawang, Samira Regency, dan Nivara Resort Townhouse at Kemang.

Author

Septian Nugraha