Sebelum Beli, Ketahui Dulu Perbedaan Rumah Siap Huni dan Rumah Indent

Rumah Siap Huni

Foto: Sunsite

 

Membeli rumah pertama adalah kebahagian tersendiri bagi sebagian besar orang. Namun, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah pertama.

 

Salah satunya adalah pilihan dilematis antara membeli rumah siap huni atau rumah inden. Sejujurnya, kedua opsi ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dijadikan pertimbangan lanjutan.

 

Jika Anda sedang berada dalam fase ini, jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan, tanpa adanya pertimbangan yang matang.

 

Pahami dulu setiap plus minus dari rumah siap huni dan rumah inden, lalu sesuaikan dengan bujet yang sudah dipersiapkan.

 

Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa perbedaan antara rumah huni dan rumah inden di bawah ini.

 

Beda Rumah Siap Huni dan Rumah Indent

Rumah Indent

Foto: Engels Property Management

 

Sesuai namanya, rumah siap huni adalah rumah yang dijual dalam keadaan sudah selesai dibangun. 

 

Terkadang, beberapa pengembang turut menambahkan furnitur tambahan di dalamnya. Jikapun tidak, pembeli tinggal mengisinya sendiri.

 

Singkatnya, rumah siap huni benar-benar dapat dihuni kapan saja.

 

Sedangkan rumah indent atau inden dijual dalam keadaan belum dibangun oleh pengembang.

 

Para pembeli biasanya hanya diberikan gambar desain rumah atau denah rumah inden. Kalau ada, biasanya pembeli dapat melihat rumah contoh yang sudah dibangun.

 

Setelah pembeli setuju dan melakukan pembayaran, baik itu secara tunai maupun kredit, barulah pengembang akan membangun rumah inden.

 

Selain itu, terdapat beberapa perbedaan yang signifikan antara rumah siap huni dan rumah inden, seperti:

 

Desain

Karena sudah jadi, sudah pasti kalau konsep dan posisi rumah siap huni telah ditentukan oleh pengembang. Jadi, mau tidak mau, pembeli harus mengikuti desain dari pengembang.

 

Jika Anda membeli rumah siap huni, maka Anda harus mengikuti denah dan tata ruang yang dibuat oleh pengembang. Apabila ada yang mau diubah, maka Anda harus merenovasinya.

 

Namun, kelebihannya tentu Anda sejak awal sudah bisa melihat rumah ini secara langsung. Jika setuju untuk membeli rumah siap huni, Anda bisa langsung mengecek apa saja kekurangan dari unit tersebut.

 

Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan sehingga tak akan ada penyesalan di kemudian hari.

 

Di sisi lain, rumah inden bisa dibangun sesuai dengan keinginan Anda lantaran belum ada bangunannya. Tak hanya desain dan jumlah ruangan, bahan bangunan pun bisa diubah sesuai keinginan.

 

Namun, perlu juga untuk memperhatikan desain rumah inden yang akan dibangun, karena ada saja kemungkinan ukuran dan bentuknya berbeda dari rancangan awal.

 

Waktu

Proyek Rumah Siap Huni

Foto: Unsplash

 

Bagi Anda yang ingin memiliki hunian sesegera mungkin, rumah siap huni adalah jawaban yang tepat. Anda bisa langsung tinggal di rumah siap huni setelah transaksi selesai dilakukan.

 

Seperti yang telah dijelaskan, pembeli tinggal mengisi rumah siap huni secepatnya. Anda tak perlu repot-repot menyewa hunian sementara untuk menunggu rumah selesai dibangun.

 

Sebaliknya, rumah inden bukanlah jawaban yang tepat jika Anda membutuhkan hunian cepat, terlebih jika Anda tidak memiliki alternatif tempat tinggal sementara. Sebab, Anda masih harus menunggu beberapa bulan hingga rumah inden selesai dibangun.

 

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kredibilitas pengembang. Jangan sampai pembangunan rumah inden Anda ngaret dari jadwal awal.

 

Atau lebih buruknya lagi, pengembang mengalami kebangkrutan sehingga gagal melanjutkan proyek tersebut, lalu kabur dan membawa uang yang sudah dibayarkan.

 

Tapi tak usah khawatir, karena kini Anda bisa mencari pilihan rumah indent dari developer terpercaya melalui Rumah123. Salah satu contohnya adalah Arkatama Townhouse.

 

Harga

Perlu diakui kalau rumah siap huni memiliki kisaran harga yang cukup tinggi. Terlebih kalau Anda membandingkannya dengan harga rumah inden. 

 

Kalau bujet Anda terbatas, mungkin akan terasa cukup berat untuk membeli rumah siap huni.

 

Di sisi lain, harga rumah inden relatif lebih murah dibandingkan dengan rumah siap huni. Besar dan kecilnya juga tergantung dari lokasi pembangunan rumah inden.

 

Rumah inden biasanya dijual ketika proyek perumahan tersebut masih baru, sehingga pengembang kerap memberikan promo dan diskon tambahan untuk menarik pembeli. Mulai dari DP kecil, diskon bunga, pengurangan tenor cicilan, free biaya, hingga undian dengan hadiah berupa perabotan rumah tangga hingga mobil.

 

Baca juga:

Cara Melakukan Prosedur KPR Rumah Indent dengan Aman 

 

Dokumen

Dokumen Rumah Siap Huni

Foto: Pexels

 

Rumah yang siap huni pasti sudah memiliki dokumen seperti IMB dan sertifikat tanah. Dengan begitu, Anda akan lebih tenang soal kelengkapan dokumen rumah.

 

Sedangkan rumah inden belum memiliki dokumen-dokumen tersebut karena masih dalam proses pembangunan. Untuk itu, Anda harus menyisihkan waktu dan tenaga ekstra untuk mengurus semua dokumen yang diperlukan.

 

Itu tadi perbandingan antara rumah siap huni dan rumah inden. Karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, jadi sebaiknya disesuaikan dengan kondisi Anda. Semoga beberapa perbedaan di atas dapat menjadi perbandingan, ya!

 

Jika Anda tertarik untuk membeli rumah siap huni, rumah123.com juga menyediakan beberapa pilihan seperti Taman Dhika Sidoarjo, Metland Tambun, Podomoro River View dan masih banyak lagi.

 

Selamat mencari hunian idaman!

 


 

Author:

Shandy Pradana

Tambahkan Komentar