Pilih Kontrak atau Beli Rumah? Simak Panduan Berikut!

kontrak atau beli rumah

 

Keluarga muda biasanya bingung untuk menentukan, antara kontrak atau beli rumah langsung. Kebingungan ini wajar. Biasanya kekhawatiran terkait biaya cicilan yang lumayan besar jika langsung membeli rumah, tapi jika memutuskan mengontrak dulu, harga rumah akan semakin mahal di kemudian hari. 

 

Kontrak atau beli rumah sendiri mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi para keluarga muda akan sangat krusial untuk mengetahui plus dan minus keduanya agar bisa membuat keputusan yang tepat untuk jangka panjang.

 

Nah, di sini akan dijelaskan apa saja untung dan rugi keduanya, sehingga Anda bisa membuat keputusan dengan tepat, antara kontrak atau beli rumah.

 

Lebih Baik Kontrak atau Beli Rumah?

Kelebihan Kontrak Rumah

Kelebihan Kontrak Rumah

 

Meski sementara, mengontrak rumah memiliki beberapa keuntungan tersendiri, terutama untuk para keluarga muda yang mempunyai penghasilan terbatas. 

 

Jika dibandingkan dengan membeli rumah langsung, mengontrak justru menguntungkan dalam jangka pendek sambil menabung untuk membeli rumah impian. 

 

Berikut adalah keuntungan yang bisa didapat jika Anda menyewa rumah atau apartemen:

 

1. Menyewa rumah berarti tidak perlu menabung untuk uang muka. Untuk membeli sebuah properti, tentunya Anda harus memiliki tabungan yang cukup banyak. 

 

2. Saat menyewa, maka Anda tak perlu memikirkan pajak. Beda dengan membeli, dimana ada pajak pembelian properti dan itu tentunya tidak murah. Dengan kontrak rumah, tentu pemilik lah yang biasanya menanggung biaya tersebut.

 

3. Tidak perlu memikirkan biaya renovasi karena Anda tidak tinggal permanen di sana. Properti juga merupakan barang yang bisa rusak dan butuh biaya perawatan. Dalam hal ini, pemilik rumah jugalah yang akan menanggung biaya renovasi rumah.

 

Kekurangan Kontrak Rumah

Kekurangan Kontrak Rumah

 

Meskipun ada berbagai keunggulan dari mengontrak rumah, tapi ada juga beberapa kekurangannya. 

 

Berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan jika memilih untuk menyewa rumah atau apartemen:

 

1. Menyewa berarti melepaskan kesempatan untuk berinvestasi. Tidak peduli berapa banyak dana yang telah dikeluarkan selama menghuni tempat tinggal sewaan, anda tidak akan pernah mendapatkannya kembali. 

 

2. Tetap terbebani dengan biaya perbaikan sehari-hari. Walau penyewa tidak akan dibebani dengan biaya renovasi, namun kerusakan-kerusakan kecil tetap saja bisa terjadi.

 

3. Biaya tambahan untuk pindah jika masa sewa habis. Walaupun terdengar tidak seberapa, namun jika sering memilih masa sewa yang singkat dan berpindah-pindah, maka total biaya pindahan ini akan menjadi besar.

 

Kelebihan Beli Rumah

Kelebihan Beli Rumah

 

Seperti halnya menyewa, membeli rumah sendiri memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Untuk Anda yang masih berpenghasilan terbatas atau keluarga baru, mungkin membeli rumah akan sangat memberatkan. 

 

Tetapi, justru keuntungan dari membeli rumah ada dalam jangka panjang. Berikut adalah keuntungan dari membeli rumah selengkapnya:

 

1. Kepemilikan properti rumah adalah investasi jangka panjang yang menguntungkan. Setiap tahunnya harga properti selalu naik. Jadi membeli rumah semakin cepat malah akan semakin menguntungkan. Rumah yang Anda beli, tentunya akan menjadi salah satu bentuk investasi yang menjanjikan di masa mendatang.

 

Baca juga:

Wajib Tahu! Ragam Tips Investasi Rumah dan Keuntungannya 

 

2. Masa depan keluarga lebih terjamin karena properti bisa diwariskan. Kembali lagi kepada sifat rumah yang dapat menjadi aset investasi jangka panjang, rumah yang dibeli saat ini bisa diwariskan kepada anak cucu. 

 

3. Properti pribadi merupakan aset yang bisa disewakan atau dijaminkan jika mengajukan pinjaman ke bank. Sertifikat rumah bisa menjadi jaminan yang akan mempermudah disetujuinya proposal pendanaan Anda.

 

Kekurangan Beli Rumah

Kekurangan Beli Rumah

 

Walau demikian, sebelum memutuskan untuk membeli rumah, ada baiknya mempertimbangkan hal-hal yang bisa merugikan Anda jika tidak dicermati sewaktu membeli rumah:

 

1. Tanggungan biaya perawatan yang pastinya jauh lebih besar. Terutama dalam hal pemugaran dan perbaikan kerusakan karena pemakaian.

 

2. Jika membeli dengan sistem kredit seperti KPR, maka pengaturan keuangan harus sangat cermat. Jika sampai terjadi kredit macet ditengah jalan, Anda bisa beresiko kehilang uang yang selama ini telah dibayarkan beserta properti tersebut.

 

Itulah kekurangan dan kelebihan antara kontrak atau beli rumah. Banyak orang menganggap jika menyewa terlebih dahulu dan membeli rumah di tahun-tahun kedepan, adalah skenario ideal untuk membeli rumah. Namun semuanya tentu kembali pada pilihan Anda.

 

Semoga informasi ini dapat membantu Anda dapat menemukan rumah idaman ya

 

Bagi yang ingin sewa rumah ada banyak pilihannya di Rumah123. Begitupun bagi yang ingin membeli rumah, ada beragam perumahan yang bisa dipilih contohnya saja Grand Ciputat Residence, Grand Depok City dan masih banyak lagi.

 

 

 

Author:

Ferry Fadhlurrahman

Tambahkan Komentar