OK

Sambut Tamu dengan Inspirasi Foyer Cantik Berikut Ini

Foyer

Foto : fratantoniluxuryestates.com

Estetika dari setiap bagian rumah tentu amat penting, kita tentu ingin tampilan hunian terlihat maksimal dan sesuai dengan konsep yang diinginkan. Oleh karena itu, dekorasi dan komposisi desain yang seimbang wajib diperhatikan.

Termasuk pada bagian foyer rumah.

Istilah foyer sendiri mungkin masih terdengar asing untuk hunian di Indonesia, karena biasanya, foyer biasa ditemukan di rumah-rumah Eropa atau Amerika.

Namun, apa sih sebenarnya foyer itu?

Pengertian Foyer

Foyer merupakan area transisi antara pintu masuk dengan bagian dalam rumah atau ruang tamu. Di negeri yang memiliki empat musim, foyer memiliki fungsi sebagai penghambat agar udara dingin tidak bisa langsung masuk ke bagian dalam hunian (interlock).

Tak hanya bagi negara empat musim saja, saat ini di Indonesia sudah banyak yang menerapkan konsep foyer pada rumah tinggal.

Bagaimana? Tertarik untuk menciptakan area satu ini di rumah?

Inspirasi Foyer 

Meski tidak luas, namun kehadiran foyer dapat memberikan sentuhan berbeda pada hunian. Jika Anda ingin mendekor foyer agar terlihat lebih menawan, berikut ini beberapa inspirasi yang bisa ditiru.

Foyer dengan Sentuhan Warna Hitam

Foyer dengan Sentuhan Warna Hitam

Foto : homedit.com

Dominasi warna hitam pada foyer rupanya mampu menciptakan kesan maskulin sekaligus elegan. Inspirasi satu ini cocok untuk rumah besar dengan ruang yang cukup luas untuk foyer.

Adanya chandelier dengan warna senada dan bentuk unik, juga jadi pusat perhatian begitu masuk ke dalam hunian.

Bagaimana dengan dinding? Anda bisa memajang elemen dekoratif yang juga berwarna hitam agar memperkuat kesan maskulin pada foyer rumah.

Foyer Minimalis Serba Putih

Foyer Minimalis Serba PutihFoto : thespruce.com

Jika sebelumnya didominasi warna gelap, maka inspirasi foyer satu ini justru sebaliknya.

Kesan terang nan bersih bisa kita rasakan begitu melihat gambar di atas. Warna putih yang dominan mulai dari bagian dinding dan tangga ditambah dengan sentuhan minimalis dari berbagai perabotan kayu memberi nuansa hangat.

Jangan lupa, seimbangkan tampilan foyer dengan kehadiran tanaman hias hijau yang segar.

Menarik bukan desain minimalis dari foyer satu ini?

Barn-Style Foyer

Barn-Style Foyer

Foto : homeawakening.com

Suka dengan konsep ala peternakan? Inspirasi ini bisa Anda tiru. Komposisi warna usang yang pas dari dresser, lantai, dinding, dan perabotan lainnya menjadikan area satu ini nampak unik.

Salah satu dindingnya yang memiliki pola garis tentu mengingatkan kita akan rumah Amerika di pedesaan.

Buat suasana foyer jadi lebih homey dengan menambahkan kursi dengan bantal empuk yang membuat tamu merasa disambut dengan hangat ke dalam hunian.

Ada beberapa pilihan perumahan dengan nuansa Amerika yang pastinya cocok jika Anda ingin menciptakan foyer seperti ini, salah satunya Edenhaus Simatupang.

Rustic Foyer

Rustic Foyer

Foto : sheideas.com

Maksimalkan sentuhan kayu pada foyer dengan konsep rustic yang alami. Seperti pada inspirasi di atas, kita bisa merasakan kesan hangat dan teduh karena dominasi warna kayu pada beberapa sudut seperti lantai dan langit-langit.

Foyer seperti ini cocok diterapkan pada rumah villa dengan landscape alam yang menyejukan. Jika Anda punya ruang yang cukup, cobalah untuk menaruh karpet vintage seperti pada gambar di atas.

Jika Anda memiliki villa atau rumah resort seperti Dago Village atau Ciputra Beach Resort, maka foyer dengan konsep rustic bisa jadi pilihan.

Classic Foyer

Classic Foyer

Foto : twitter.com

Begitu melihat inspirasi foyer di atas, kita jadi teringat akan rumah Belanda yang terkesan sejuk dan sarat nuansa tradisionalnya.

Jika Anda suka dengan konsep hunian Eropa atau Belanda, maka dekorasi foyer satu ini bisa jadi pilihan.

Masih didominasi warna kayu yang hangat dan berpadu dengan lantai batu yang mengingatkan kita akan rumah nenek tempo dulu, jadi sebuah kolaborasi sempurna bagi yang menyukai sentuhan unik pada hunian.

Salah satu perumahan yang cocok dengan desain foyer satu ini adalah Grand Cinunuk di Bandung. Area residensial ini mengusung konsep khas Belanda. Hanya dengan sedikit perombakan, Anda tentu bisa memiliki foyer cantik seperti ini di rumah.

Simple Foyer

Simple Foyer

Foto : bobvila.com

Siapa bilang hanya rumah berukuran luas yang bisa memiliki foyer? 

Cukup dengan sentuhan dekorasi sederhana seperti pada inspirasi di atas, maka Anda bisa punya area ini di rumah.

Meja kecil dengan pot tanaman merupakan dekorasi tepat untuk foyer bergaya simple. Tambahkan juga cermin di dinding agar memberi  ilusi ruangan jadi lebih luas.

Vintage Foyer

Vintage Foyer

Foto : matchness.com

Warna netral berpadu dengan perabotan vintage membuat foyer satu ini terasa begitu unik dan antik.

Anda juga bisa menambahkan kursi hingga sofa berukuran sedang agar terkesan lebih homey.

Sentuhan lukisan atau pajangan dinding yang serupa dengan konsep keseluruhan seolah membawa kita ke rumah-rumah di era 80-an.

Itulah beberapa ide dekorasi untuk foyer rumah. Sudah siap memukau tamu yang datang dengan inspirasi foyer di atas?

Author :

Citra Purnamasari

Rekomendasi Properti