OK
logo rumah123
logo rumah123
Pasang Iklan
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Mengenal AREBI, Cara Daftar dan Manfaat Jadi Anggotanya

Terakhir diperbarui 17 Nopember 2023 · 5 min read · by Miyanti Rahman

arebi adalah

Foto ilustrasi AREBI: Canva

Asosiasi Real Estate Broker Indonesia atau AREBI adalah organisasi profesi bagi para broker real estate yang bergerak di bidang jasa perantara jual beli sewa properti.

Bagaimana organisasi ini terbentuk dan apa saja manfaat menjadi anggotanya? Mari kita simak ulasan tentang AREBI dalam artikel Rumah123.com ini.

Jumlah broker makin menjamur seiring dengan pesatnya perkembangan dunia properti. Jasanya dibutuhkan oleh awam yang kurang paham seluk-beluk real estate

Broker alias agen bertugas untuk membantu klien dan menjembatani proses jual beli properti supaya lancar. Namun, tak bisa dipungkiri kini banyak oknum nakal.

Oknum biasanya hanya mengutamakan keuntungan pribadi daripada kepuasan klien. Akibatnya, profesi agen sering mendapatkan sentimen negatif dari masyarakat.

Padahal, agen yang baik bisa mengatasi kebingungan masyarakat ketika hendak menjual atau membeli properti, baik rumah, apartemen, ruko maupun lahan.

Maka dari itu, AREBI hadir membawa tujuan, visi dan misi yang lebih terarah bagi para agen yang menjadi anggotanya. Berikut ulasan tentang organisasi profesi ini.

Apa Itu AREBI dan Bagaimana Sejarah Pembentukannya?

arebi adalah

Mengutip dari halaman resminya, apa itu AREBI adalah sebuah wadah perhimpunan, pembinaan, pengembangan profesionalisme usaha dan broker real estate yang bergerak di bidang usaha jasa perantara jual beli sewa properti.

Asosiasi ini juga menjadi wahana perjuangan, penyaluran aspirasi dan komunikasi sosial antar sesama anggota dengan instansi lainnya. 

Organisasi profesi ini berdiri pada 17 November 1992, diresmikan oleh Insinyur Siswono Yudohusodo, Menteri Perumahan Rakyat yang menjabat kala itu.

Sebelum berdiri secara resmi, AREBI didirikan secara aklamasi (pernyataan secara lisan dari seluruh peserta rapat) pada 7 Oktober 1992 oleh;

  • Drs. Ferry Sonneville;
  • Mohammad S. Hidayat;
  • Drs. Enggartiasto Lukita;
  • Budiarsa Sastrawinata;
  • Ir. Sulistijo Sidarto Mulyo;
  • Velly Theisa;
  • Frans Mardi;
  • Tommy Sunyoto;
  • Inca W. Sianipar; dan
  • Cynthia G. Sonneville.

Mereka sepakat mendirikan AREBI dengan menandatangani sebuah nota. Pengurus sementaranya ialah Cynthia G. Sonneville sebagai Ketua Umum.

Kemudian dia dibantu oleh Frans Mardi dan Tirta Setiawan, serta didukung pengurus organisasi Real Estate Indonesia (REI), Agusman Effendi.

Waktu itu, Agusman Effendi menjabat sebagai Sekretaris Jenderal. Lalu jabatan bendahara organisasi dipegang oleh Bagir Mulachela.

Saat ini, AREBI memiliki sekitar 1.200 anggota dengan 13 orang Dewan Pengurus Daerah (DPD), dua caretaker, dan 11 Dewan Pengurus Cabang (DPC).

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Gabung Jadi Agen di Rumah123","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/agen-registrasi\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=agenregistrasi&utm_term=agen","custom_desc":"Puluhan ribu properti terjual\/tersewa dalam sebulan","custom_cta":"Lihat selengkapnya","custom_background":"https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerDesktop.png, https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerMobile.png","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Logo AREBI

arebi adalah

Baca juga:

9 Cara Jadi Agen Properti Pemula yang Disenangi oleh Klien

Wilayah AREBI

arebi adalah

Para DPD asosiasi broker properti Indonesia ini tersebar di empat wilayah, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ada pun 11 DPC yang beroperasi yaitu:

Tujuan AREBI

arebi adalah

AREBI menjadi wadah bagi para anggotanya untuk mengembangkan diri secara profesional. Organisasi profesi ini dibentuk supaya kompetensi agen bertambah.

Dengan menjadi anggota AREBI, agen diharapkan bisa menjunjung tinggi kejujuran dengan pelayanan profesional dalam industri real estate.

Lalu bisa memberikan jasa pemasaran, penjualan maupun penyewaan properti dengan mematuhi peraturan dan ketentuan kode etik yang sudah ditetapkan oleh organisasi.

Baca Juga:

5 Cara Sukses menjadi Freelance Agen Properti

Manfaat Menjadi Anggota AREBI

arebi adalah

Real estate broker adalah seorang profesional dalam bidang real estate yang bertugas mengawasi transaksi penjualan, pembelian ataupun penyewaan properti.

Broker atau agen real estate yang menjadi anggota  akan mendapatkan beberapa manfaat untuk profesinya, yaitu sebagai berikut.

  • Bisa berkontribusi membangun bisnis yang sehat, adil, kondusif dan kuat. Pada akhirnya, ini memberikan kebaikan pada portofolio si broker sendiri.
  • Bisa mengembangkan jaringan yang luas, sebab AREBI adalah asosiasi real estate broker terbesar di Indonesia.
  • Bisa belajar satu sama lain dengan sesama anggota. Broker juga berpeluang mendapatkan lahan bisnis baru.
  • Bisa mendapatkan pengakuan, penghargaan dan perlindungan dari organisasi.

Sedangkan peran AREBI bagi masyarakat antara lain memecahkan persoalan real estate, menyediakan layanan agen profesional, memberikan kepastian hukum dalam transaksi dan menghilangkan biaya transaksi yang tidak perlu.

Lalu bagi developer, asosiasi ini bisa membantu mengembangkan jaringan perusahaan, serta meningkatkan produktivitas penjualan dengan bantuan agen profesional.

Baca juga:

5 Rekomendasi Agen Properti Terbaik di Indonesia

Bagaimana Cara Menjadi Anggota AREBI?

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Gabung Jadi Agen di Rumah123","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/agen-registrasi\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=agenregistrasi&utm_term=agen","custom_desc":"Dikunjungi jutaan pencari properti setiap bulannya","custom_cta":"Lihat selengkapnya","custom_background":"https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerDesktop.png, https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerMobile.png","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Bagaimana, tertarik menjadi anggota AREBI setelah mengetahui manfaatnya? Jika ya, berikut syarat dan ketentuan kalau ingin menjadi bagian dari organisasi ini.

  • Mengisi formulir aplikasi anggota baru.
  • Melengkapi persyaratan yang tercantum di formulir aplikasi.
  • Menyerahkan formulir aplikasi dan data-data pendukungnya ke koordinator wilayah sesuai zona masing-masing kantor.
  • Menunggu panggilan untuk interview dari koordinator wilayah setempat.
  • Menyerahkan data-data yang telah ditandatangani oleh koordinator wilayah dan kelengkapannya kepada ketua bidang organisasi.
  • Setelah disetujui oleh ketua, pemohon keanggotaan dapat melakukan pembayaran ke rekening AREBI DPD BANTEN BCA cabang Alsut atas nama Asosiasi Real Estate Broker Indonesia dengan nomor rekening 604-4781-888.
  • Menyetujui pernyataan kesepakatan aturan main:
    • Komisi AERBI dalam hal jual minimal 2 % dan sewa 5 %.
    • Perpindahan marketing harus ada surat referensi dari kantor lama.
    • Co broking sesama anggota 50/50.
    • Tidak menerima marketing yang sedang dalam masalah (secret selling).
  • Jika berkas sudah lengkap, silakan mengirimkannya ke Sekretariat DPP dilanjutkan kepada DPP AREBI.

Demikian penjelasan lengkap tentang AREBI. Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi Anda sedang bekerja sebagai agen properti.

Baca juga:

Begini Panduan Menetapkan Komisi Agen Properti yang Resmi

Punya pertanyaan seputar properti? Yuk, Tanya Rumah123 di sini!