Rumah Panggung Modern, Hunian Masa Kini dengan Sentuhan Etnik

Rumah Panggung Modern

Foto : wsj.com

 

Apa yang ada di benak Anda begitu mendengar kata ‘rumah panggung’? 

 

Mungkin Anda langsung teringat dengan rumah-rumah zaman dulu di pedesaan yang menggunakan material kayu atau bambu. Tak salah memang, hunian jenis ini memang identik dengan suasana yang alami dan tenang, dikelilingi lanskap sawah atau pegunungan.

 

Tapi tahukah Anda bahwa saat ini hunian dengan konsep panggung telah banyak berkembang bahkan berkolaborasi dengan arsitektur modern?

 

Benar sekali, rumah panggung modern bisa menjadi pilihan desain yang tepat untuk Anda yang menginginkan sesuatu yang berbeda pada hunian. 

Kelebihan Rumah Panggung

Kelebihan Rumah Panggung

Foto : pinterest

 

Sebelum membangun rumah panggung modern, ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan bangunan jenis ini. Berikut ulasan lengkapnya!

Lebih Aman dari Banjir

 

Bangunannya yang cenderung lebih tinggi ketimbang rumah biasa tentunya membuat rumah panggung lebih aman dari banjir.

 

Oleh karena tak heran juga bahwa rumah panggung banyak ditemukan di pesisir pantai. Tiang-tiang tinggi tentunya membuat rumah lebih aman dari terjangan air laut ketika pasang.

Lebih Aman dari Hewan Buas

 

Rumah panggung juga sengaja memiliki desain bangunan tinggi guna untuk menghindari serangan binatang buas. 

 

Sehingga tak hanya jadi rumah ideal di pesisir pantai, rumah panggung juga jadi bentuk hunian yang sering ditemukan di pedalaman atau kawasan pegunungan.

Tempat Relaksasi Terbaik

Tempat Relaksasi Terbaik

Foto : houzz.com

 

Membayangkan menikmati secangkir teh atau kopi di pagi atau sore hari dengan udara sejuk pastinya menyenangkan bukan?

 

Rumah panggung bisa menjadi tempat tinggal sekaligus tempat relaksasi yang sempurna. Bangunan seperti ini mampu mengalirkan udara segar ke seluruh penjuru rumah, alih-alih hanya melalui ventilasi. Tentunya, sirkulasi udara yang baik seperti ini akan membuat rumah jadi lebih sejuk.

Menjadi Hunian yang Unik

 

Tak bisa dipungkiri, rumah panggung memiliki tampilan yang unik dan menarik, apalagi jika bangunannya mengadaptasi budaya lokal.

 

Jika Anda suka dengan keindahan pada bangunan dan ingin menampilkan sesuatu yang unik dan alami tentu saja rumah panggung adalah pilihan yang tepat.

 

Tak hanya nyaman nan sejuk, rumah panggung juga bisa menjadi bangunan dengan nilai estetika yang tinggi.

Lebih Tahan Gempa

 

Kelebihan rumah panggung satu ini bisa jadi pertimbangan terutama bagi Anda yang mengutamakan keamanan dalam sebuah hunian.

 

Rumah panggung dengan material utama kayu, bersifat elastis dan akan mengurangi resiko getaran gempa sehingga tidak langsung mengenai lantai bangunan.

Lebih Banyak Ruang

 

Punya rumah panggung berarti juga memiliki ruang cukup besar karena kehadiran kolong pada bangunannya.

 

Jika secara tradisional ruang kosong ini kerap dijadikan lahan peliharaan seperti unggas, menyimpan hasil panen dan lain-lain.

 

Untuk era sekarang, mungkin fungsi kolong ini lebih bervariasi, bahkan jika memungkinkan tak jarang juga lho space ini dijadikan garasi, area bermain hingga taman.

Tips Punya Rumah Panggung Modern

 

Setelah tahu kelebihannya, sekarang mari kita bahas mengenai tips punya rumah panggung modern super estetik dan nyaman.

Pondasi Harus Aman dan Kuat

 

Pondasi yang kokoh jadi sesuatu hal penting dan tidak boleh luput dari perhatian jika ingin punya rumah panggung modern.

 

Pikirkan material apa yang tepat. Apakah kayu atau mungkin ada modifikasi material lainnya yang mampu menopang bangunan secara lebih kokoh.

Pikirkan Komponen Pendukung

 

Jangan lupa juga untuk memikirkan komponen pendukung. 

 

Perlu diingat, bentuk bangunannya yang tidak seperti rumah tapak lainnya membuat rumah panggung membutuhkan berbagai komponen ekstra.

 

Jangan lupa juga, proses pembangunan rumah panggung modern juga lebih sulit dan perlu mempertimbangkan banyak hal.

Gunakan Jasa Arsitek

 

Membangun rumah apalagi yang terbilang rumit seperti rumah panggung modern jelas membutuhkan campur tangan ahli.

 

Anda bisa menyewa jasa arsitek untuk mempermudah proses perancangan maupun pembangunan.

 

Selain itu, Anda pun bisa mendiskusikan desain yang sesuai dengan keinginan Anda dan pastinya juga aman dari segi struktur bangunan.

 

Pertimbangan lain seperti material dan sumber daya manusia pun biasanya bisa didiskusikan dengan arsitek.

 

Tapi Anda bisa kok punya rumah panggung modern dengan membeli unit siap huni dari pengembang. Salah satunya adalah rumah eksklusif Dago Village. Bagi yang sedang cari rumah dijual di Bandung, tentunya ini bisa jadi pilihan menarik.

 

 

Author :

Citra Purnamasari