Rumah Mediterania, Hunian untuk Penyuka Gaya Unik

Rumah Mediterania

Foto: marylyonarts.com

 

Mediterania house atau rumah Mediterania merupakan bagian perkembangan dunia arsitektur yang semakin pesat dan kian inovatif.

 

Selain rumah Mediterania, kita dapat menemukan berbagai hunian yang begitu unik dan erat dengan kesan modern, hingga rumah dengan desain interior futuristik.

 

Namun masih banyak juga yang menyukai desain dan arsitektur timeless, alias tidak akan lekang termakan zaman.

 

Sebut saja rumah klasik modern serta rumah tradisional dari berbagai negara, yang masih memiliki kenikmatan tersendiri dan tidak kalah saing dengan desain arsitektur lainnya.

 

Bagaimana tidak, hunian ‘gaya lama’ tentu memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang tak kalah cantik dan artistik. 

 

Sementara itu, rumah Mediterania sendiri adalah salah satu arsitektur yang menarik dan masih banyak diterapkan.

 

Rumah dengan arsitektur Mediterania cocok untuk dibuat pada lahan yang beriklim panas. 

 

Desain rumah Mediterania modern memang cantik dan terkesan megah, cocok untuk Anda yang menyukai keanggunan dan kesan mewah pada hunian.

 

Rumah bergaya Mediterania tidak kalah cantik dibanding rumah masa kini dan bergaya minimalis atau modern. 

 

Jika ingin sentuhan unik untuk menghiasi hunian Anda, maka rumah Mediterania bisa menjadi pilihan tepat.

Asal Mula Rumah Bergaya Mediterania

Rumah bergaya Mediterania

Foto: luxxu.net

 

Apa yang terlintas di benak Anda begitu melihat desain rumah Mediterania modern?

 

Rumah gaya Mediterania identik dengan pesisir lautan biru yang jernih, dengan paparan sinar matahari yang menyengat ala negara-negara beriklim panas dengan keindahan lautnya.

 

Rumah Mediterania sendiri berasal dari kata Mediterania yang berarti laut tengah atau laut antara Eropa, serta Afrika yang beriklim cukup panas tapi memiliki hamparan laut yang indah.

 

Rumah gaya Mediterania ini banyak ditemukan di negara Spanyol, Yunani dan negara sekitar laut tengah.

 

Karakter bangunan dari rumah model Mediterania sendiri juga banyak dipengaruhi oleh faktor cuaca dan iklim dari negara asalnya. 

 

Salah satu ciri yang mudah terlihat adalah dinding bangunan yang tebal karena memiliki fungsi untuk menghalau panas di siang hari.

 

Melihat kondisi iklim Indonesia yang juga cukup panas dan matahari yang bersinar cukup terik sepanjang tahun, sepertinya arsitektur satu ini bisa Anda terapkan untuk hunian, ya.

 

Baca juga:

Karakteristik dan Tips Rumah Tropis Modern | Alami dan Stylish

Selaras dengan Alam

Rumah Mediterania Selaras dengan AlamFoto : arsitag.com

 

Rumah Mediterania memang banyak menjadikan alam sebagai inspirasi dalam pembangunannya, termasuk dalam menentukan material yang digunakan. 

 

Tanah liat serta bebatuan menjadi salah satu material yang paling banyak digunakan.

 

Selain itu, rumah khas Mediterania juga banyak membuat bukaan dan jendela-jendela yang memungkinkan sirkulasi udara di dalam ruangan menjadi lebih lancar.  

 

Hal ini juga dikarenakan iklim yang panas, sehingga rumah Mediterania membutuhkan banyak jalur masuk udara dan pencahayaan alami.

Suasana Rumah MediteraniaFoto : architecturaldigest.com

 

Banyaknya bukaan juga identik dengan resor ala pantai di laut tengah, yang memang menjadi asal-usul arsitektur Mediterania yang cantik dan elegan.

Rumah Mediterania Tak Selamanya Harus Besar

Rumah Mediterania Minimalis

Foto : marylyonarts.com

 

Besar dan megah memang jadi kesan yang melekat pada rumah-rumah Mediterania. 

 

Namun keterbatasan lahan menjadi hal yang cukup menghambat dalam membangun hunian, sehingga banyak orang menggunakan desain sederhana agar sesuai dengan ukuran lahan.

 

Rumah Mediterania juga bisa menyesuaikan dengan lahan yang terbatas. Contohnya saja inspirasi di atas yang tak semegah dan seluas rumah Mediterania pada umumnya.

 

Anda tetap bisa mengadaptasi gaya Mediterania untuk hunian tanpa harus terbentur masalah lahan. 

 

Cobalah untuk mengadaptasi fasad, warna dan berbagai detail dari rumah Mediterania dan kombinasikan dengan ide-ide atau konsep lainnya agar lebih sesuai.

 

Tak perlu menyertakan kolom atau pilar tinggi, Anda bisa menciptakan sentuhan Mediterania dengan mengombinasikan bentuk lengkungan, langit-langit tinggi, serta warna cat cerah pada hunian.

 

Anda juga bisa menciptakan rumah Mediterania yang lebih modern dan minimalis dan sesuai dengan lahan yang Anda miliki.

Rekomendasi Rumah Mediterania 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki hunian super cantik dengan kesan ala pantai dan laut yang relaxing?

 

Jika ingin memiliki rumah Mediterania, maka cobalah tengok Bukit Golf Mediterania yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk.

 

Proyek hunian ini tidak hanya memiliki keunggulan berupa rumah gaya Mediterania nan cantik, tetapi juga lingkungan yang terintegrasi dengan ruko, apartemen, dan perkantoran.

 

Salah satu pilihan rumah dijual di Jakarta ini tidak jauh dari pusat transportasi dan infrastruktur seperti Bandara Soekarno Hatta, Tol Kapuk dan Bandara, serta Tol Kebon Jeruk.

 

Selain Bukit Golf Mediterania, ada juga Muse Alesha Pool Villa di BSD yang mengusung desain serupa.

 

Menariknya, terdapat kolam renang atau taman yang bisa dinikmati di dalam perumahan bersama dengan penghuni lainnya. 

 

Sentuhan bangunannya sangat kental dengan arsitektur mediterania. Apalagi dikombinasikan dengan kehadiran kolam, membuat tampilannya begitu segar dan mengingatkan kita akan resor.

 

Jika Anda suka dengan sentuhan arsitektur mediterania yang berpadu dengan gaya klasik, maka Casa De Ramos di Pondok Cabe bisa jadi pilihan.

 

Fasad dari setiap bangunannya tampak begitu memikat. Keanggunan dan kemewahannya benar-benar menarik perhatian siapapun yang memandang.

 

Setiap huniannya juga dilengkapi dengan teknologi canggih seperti smart power concept atau solar panel, sehingga dapat menghemat konsumsi listrik sebanyak 40%.

 

Bagaimana, menarik bukan?

 

Itulah ulasan mengenai rumah mediterania yang cantik dan menawan beserta beberapa rekomendasi residensialnya.

 

Semoga artikel di atas dapat memberi Anda inspirasi ya!

 

Baca juga:

Inilah Rumah Gaya Eropa yang Elegan dan Menawan

 

 

Author:

Citra Purnamasari