OK
logo rumah123
logo rumah123
Pasang Iklan
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Tips Jual Beli Properti agar Bisnis Berjalan Lancar

Terakhir diperbarui 20 Juni 2024 · 5 min read · by Miyanti Rahman

Tips Jual Beli Properti

Berikut tips jual beli properti jitu yang perlu diketahui oleh penjual maupun pembeli rumah. Sederet petunjuk praktis ini diharapkan bisa membuat urusanmu cepat beres.

Menjual maupun membeli properti memang bukan hal yang mudah dilakukan. Tak secepat transaksi aset bergerak lain seperti kendaraan bermotor roda dua serta roda empat.

Oleh sebab itulah, kami merangkum cara memasarkan properti agar cepat laku bagi penjual, serta sejumlah tips bagi pembeli rumah. Apa saja tipsnya? Mari kita simak!

Inilah 6 Tips Jual Properti

Tips Jual Properti

Manfaatkan Semua Platform

Ada beragam cara memasarkan rumah dijual milik Anda. Salah satunya dengan memanfaatkan situs jual beli properti online seperti Rumah123.com.

Cara jual rumah di Rumah123 gampang, Anda pun bisa pasang iklan properti gratis untuk menjangkau lebih banyak pembeli dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan investor luar negeri.

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Pasang Iklan Jual Rumah","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/pemilik-properti\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=homeowner&utm_term=owner","custom_desc":"Jangkau pasar lebih luas dari seluruh Indonesia","custom_cta":"Pelajari Lebih Lanjut","custom_background":"https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerDesktop.png, https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerMobile.png","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan platform offline. Misalnya, memasang iklan di depan rumah dijual atau signage, kemudian sertakan nomor kontak Anda di sana.

Dengan mengoptimalkan media yang ada, kesempatan menemukan calon pembeli rumah tentu lebih besar. Yang paling penting, semua bisa dimanfaatkan secara gratis!

Namun sebelum pasang iklan, sebaiknya lakukan tips-tips berikut.

Pertimbangkan Ini Sebelum Jual Properti

Rumah, apartemen, dan properti lainnya merupakan aset yang nilainya terus meningkat dari waktu ke waktu. Jika berencana melepasnya, maka Anda perlu niat dan pertimbangan matang.

Supaya lebih yakin untuk melakukan penjualan properti lakukan lah beberapa hal berikut.

  • Riset harga properti saat ini.
  • Cari tahu potensi kenaikan nilai properti masa depan.
  • Tanyakan pada diri sendiri, apakah menjual properti adalah satu-satunya cara untuk memecahkan masalah finansial atau masalah lain yang dihadapi.

Jika sudah mempertimbangkan tiga poin di atas dan hasilnya Anda tetap yakin untuk jual rumah, maka langkah berikutnya adalah mengecek kondisi properti.

Lakukan Renovasi Bila Diperlukan

Sebelum melempar properti ke pasar online dan offline, hal yang wajib dilakukan adalah melakukan perbaikan. Jadi, perhatikan kondisi rumah secara keseluruhan.

Jika kondisi rumah masih kokoh, maka tak perlu melakukan renovasi besar-besaran. Cukup poles sedikit saja pada bagian-bagian tertentu agar terlihat lebih segar.

Ada pun bagian rumah yang sering mendapatkan perhatian lebih dari calon pembeli.

  • Kamar mandi
  • Kamar tidur
  • Dapur
  • Ruang keluarga
  • Ruang makan

Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki dan mempercantik rumah.

  • Bersihkan semua sudut.
  • Pastikan tak ada bau yang tak sedap.
  • Rapikan semua bagian.
  • Cat tembok dengan warna netral.
  • Hindari dekorasi berlebihan.
  • Singkirkan barang-barang personal Anda.
  • Ganti keran, engsel, dan penyusun lainnya yang sudah usang.
  • Bersihkan dan rapikan halaman (jika ada).

Lakukan Survei Harga

Survei harga pasar properti sangat penting, sehingga Anda bisa menjual rumah dengan perhitungan yang pas. Tak overpriced maupun underpriced.

Ada beragam cara untuk survei, mulai dari melihat rata-rata Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di mana properti berada, menelusuri listing di situs jual beli properti, hingga bertanya kepada agen.

Hadirnya situs jual beli properti tersebut membuat proses survei lebih mudah. Anda bisa dengan mudah mengetahui “harga normal” tanpa harus turun ke lapangan.

Jika sudah melakukan survei, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan harga jual. Bila masih belum bisa mengambil keputusan, silakan gunakan jasa  appraiser atau penilai.

Cari Notaris untuk Mengurus Dokumen atau Minta Bantuan Agen

Menetapkan Harga Jual

Katakanlah Anda sudah memoles rumah agar lebih cantik, memotretnya untuk materi iklan, dan menentukan harga jual yang pas. Berikutnya carilah notaris untuk mengurus dokumen.

Namun, apabila tak ada waktu untuk mengurusnya sendiri, mintalah bantuan agen properti. Anda juga bisa sekalian memintanya untuk memasarkan rumah.

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Cari Agen di Rumah123","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/cari-agen\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=cariagen&utm_term=agen","custom_desc":"Temukan agen terbaik di lokasi incaran!","custom_cta":"Cek Sekarang","custom_background":"https:\/\/events.rumah123.com\/wp-content\/uploads\/sites\/38\/2022\/09\/31222225\/CIMB-Niaga.jpg, https:\/\/events.rumah123.com\/wp-content\/uploads\/sites\/38\/2022\/09\/31222225\/CIMB-Niaga.jpg","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Ketika meminta bantuan agen, Anda harus memberikan komisi sesuai kesepakatan sebagai uang jasa. Jual properti via agen memang berbayar, tetapi praktis. Anda tinggal terima beres!

Pilih Penawaran Terbaik

Dalam proses jual beli properti, hindari menerima penawaran yang diajukan oleh calon pembeli pertama. Perpanjang waktu untuk mendapatkan penawaran dari lebih banyak orang.

Kumpulkan seluruh informasi penawaran yang masuk dan negosiasikan harga terbaik yang diberikan oleh calon pembeli kepada Anda. Tentu, ambilah penawaran yang tercocok!

Atur perjanjian-perjanjian yang dibutuhkan. Seperti perjanjian penjualan yang harus ditandatangani oleh Anda, dan pembeli properti yang telah menyetujui syarat-syarat penjualan.

Jangan lupa untuk menentukan tanggal pembayaran dari pembeli dan tanggal serah terima kunci. Itulah enam tips jual beli properti bagi penjual. Sekarang mari simak tips untuk pembeli.

6 Tips Beli Properti

Tips Beli Properti

Sama seperti jual, beli properti juga tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi bagi first time buyer yang membeli dengan skema pembayaran kredit.

Sebelum memilih properti yang diinginkan, pemohon KPR sebaiknya membersihkan rekam jejak Bank Indonesia (BI) checking dahulu. Jaga alur rekening agar penilaian bank positif.

Selain itu, jaga konsistensi dalam karir, karena akan mempengaruhi penilaian bank. Biasanya syarat Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/KPA), yaitu minimal dua tahun bekerja.

Jadi, jangan terlalu sering berpindah-pindah kerja atau menjadi kutu loncat. Nah, tips beli properti selengkapnya, dapat Anda simak melalui penjabaran di bawah ini, ya.

  • Perhatikan kebutuhan keluarga, apakah perlu rumah besar atau rumah kecil.
  • Cek harga pasar dengan menelusuri listing di situs jual beli properti agar tak usah turun ke lapangan.
  • Setelah menemukan listing yang pas, barulah cek lingkungan dan akses menuju properti incaran.
  • Nah, jika Anda sudah membidik properti mana yang akan dibeli, langkah berikutnya ialah mengecek lingkungan dan akses.
  • Pilih properti dari developer yang kredibel.
  • Perhatikan legalitas properti.

Nah, itu dia tips jual beli properti yang bisa Anda aplikasikan, baik saat menjual maupun membeli rumah idaman.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Punya pertanyaan seputar properti? Yuk, Tanya Rumah123 di sini!

Tahapan Selanjutnya